Ukuran kamar yang kecil harusnya gak menghalangi kreativitas kamu. Mumpung lagi liburan, sulap kamar kecil kamu menjadi lebih lega dan menyenangkan. Dengan beberapa tips yang udah Hipwee susun ini, dijamin kamar kamu bakal menjadi tempat yang asik buat istirahat dan belajar.

1. Tata Lagi Furnitur Kamu

My Bed is My Sofa via www.dormify.com

Mulai dari yang berat dorong sana, dorong sini. Atur ulang letak ranjang, lemari dan meja agar kamar kamu lebih fresh. Butuh sofa buat menyambut teman-teman yang berkunjung? Sandarkan bantal yang di atas ranjang ke dinding, dan jadilah sofa daybed.

2. Cari Barang Yang Multifungsi

Kompak dan serba guna via www.ikea.com

Saat membeli furnitur untuk kamar mungil kamu, pikirkan benda yang multifungsi, kompak, dan mudah digerakkan. Contohnya, kasur lipat yang bisa jadi sofa saat siang dan kasur ketika kamu ingin tidur.

3. Beri Sedikit Warna

Advertisement

Warna yang berani via www.hgtv.com

Jangan malu-malu berekspresi dengan warna. Pilih warna yang benar-benar kamu suka hingga nggak membosankan kalau dipandang tiap hari. Jika mengecat dinding bukan ‘keahlian’ kamu, lapisi dinding yang monoton dengan wallpaper atau poster raksasa.

The View via www.art.com

4. Lapisi Dengan Karpet Yang Kamu Buat Sendiri

Karpet DIY via www.decordemon.com

Masalah dengan kamar kecil adalah susahnya nyari karpet dengan ukuran yang pas dengan luas ruangan. Ujung-ujungnya kamu musti memesan karpet custom, padahal biaya untuk ini nggak akan murah. Pernah terpikit untuk bikin karpet sendiri? Cari karpet-karpet tua dari gudang atau di toko obral, lalu potong sendiri dan kreasikan sesuai ukuran kamar kamu.

5. Sedikit Sentuhan Seni

Seni yang kamu banget via molawall.blogspot.com

Beri sedikit sentuhan seni yang dapat menggambarkan keunikanmu. Kamu bisa bikin sendiri atau mendapatkan dari seniman-seniman lokal di kota kamu.

Ditempel aja. via www.hgtv.com

Dekorasi dinding gak selalu digantung, tapi bisa juga ditempel. Ini cocok buat kamu yang nge-kos karena lebih praktis dan bersifat semi permanen.

Selain itu, kamu bisa juga mencoba mengecet dinding dengan gambar dari film favorit kamu meskipun kamu nggak bisa melukis. Caranya bisa kamu lihat disini.

6. Bikin Ruang Makan di Kamar

Meja (dinding) makan via www.amazinginteriordesign.com

Walaupun kamar kamu kecil atau kamu masih menyewa kamar kos, bukan berarti kamu gak bisa punya ruang makan sendiri. Pasang meja lipat di dinding kamu sehingga bisa menghemat tempat jika diperlukan.

7. Bikin Meja Ilusi

Satu lagi ide untuk bikin furnitur yang hemat tempat, Meja Ilusi. Kamu cuma perlu memasang sepotong kayu (yang akan jadi permukaan meja) lalu melukis siluet berbentuk kaki meja.

8. Tidur Di Langit-Langit

Tidur di awang-awang via www.ducotedechezvous.com

Dengan tidur jauh di atas lantai kamu bisa membuka ruang yang selama ini ditempati oleh kasur kamu. Tapi gak sembarangan tidur di loteng kayak kelelawar, ya. Tetaplah terlihat chic dan classy.

Walk-in wardrobe via www.darlenegrisso.com

Setelah tempat tidurmu pindah ke atas kamu bisa isi space di bawahnya dengan meja belajar, sofa atau bahkan walk-in wardrobe.

9. Hiasi Pintumu

Welcome Sign via www.pbteen.com

Be creative. Dekorasi pintu masuk ke kamar mungil kamu dengan hiasan yang menarik. Bisa berupa pesan atau foto yang bisa menyambut tamu dan pastinya bikin kamu betah di kamar.

Pintu lemari pun gak luput via www.hgtv.com

Gak cuma di pintu masuk, hiasi juga pintu lemari kamu. Seni gak mengenal batas, kok.

10. Meja Kerja Yang Bikin Kamu Semangat

Sentuhan dari Kampung Halaman via www.hgtv.com

Jangan lagi malas-malasan belajar atau ngerjain tugas kantor kalau mejanya udah kamu rapikan dan beri sentuhan personal.

Clean and Sleek via www.hgtv.com

11. Bikin Lemari Sendiri

Tutupi dengan kain sebagai tirainya via www.hgtv.com

Kebanyakan kamar kos biasanya udah dilengkapi lemari namun kalau ternyata gak ada, apa boleh buat? Lemari yang harus kamu buat. Caranya? Cukup gantungan atau rak yang kamu tutupi dengan kain. Jika kamu lakukan dengan rapi, pasti hasilnya maksimal.

Lemari darurat via www.ikea.com

12. Simpan Barangmu Yang Gak Terpakai

Disusun ke atas via www.ikea.com

Hipwee udah paham kok, anak muda dan masih ngekos itu punya banyak barang, printilan dan segala tetek bengeknya. Tapi sayangnya, kamar kamu kecil. Triknya, barang-barang itu disimpan dalam kotak dan disusun rapi secara vertikal.

Under you bed via www.dormify.com

Masih juga tersisa banyak barang? Manfaatkan space di bawah ranjang dan sofa.

Gimana? Cukup mudah, bukan? Pasti kamu gak sabaran lagi buat mulai merombak kamar kamu sekarang.