Tumblr memang punya segudang foto kamar tidur yang, saking cantiknya, seolah berasal dari dunia lain. Kamu yang menghabiskan sebagian besar waktu di dalam kamar pun pasti penasaran bagaimana cara punya tempat beristirahat sekaligus beraktivitas yang senyaman, seenak dilihat, serta sepraktis kamar-kamar Tumblr.

Dekorasi kamar-kamar ini bisa kamu buat sendiri di dunia nyata lho. Membuatnya juga gak ribet kok, bahkan kamu bisa memanfaatkan benda-benda di sekitarmu untuk mendekorasi kamar.

Penasaran gimana caranya mendekorasi kamarmu supaya keren dan bikin teman-temanmu iri? Simak penjabarannya di sini!

1. Kita terbiasa hanya menyimpan foto di dalam kamera. Padahal, foto-foto ini bisa dicetak dan ditempel di dinding sebagai penghias sederhana

a. Kamu bahkan tak butuh pigura!

kadang memajang foto itu gak butuh pigura kok via www.interiordev.com

Kamar-kamar di Tumblr selalu ditata penuh kreativitas. Karena itu, jangan ragu-ragu untuk menjadi kreatif dengan apa yang kamu punya. Misalnya saja foto-foto yang selama ini tersimpan di kamera. Cetak foto-foto orang kesayanganmu dan susun rapi mengikuti berbagai bentuk. Kamu bisa kok mengubah bentuk tatanan sesuai bentuk yang kamu inginkan, tidak melulu harus berbentuk hati. Untuk membuat karya ini, alat yang kamu butuhkan hanya double tape untuk merekatkan foto ke dinding. Jika kamu tidak ingin fotomu cepat rusak karena dipajang tanpa menggunakan pigura, kamu bisa melaminatingnya terlebih dahulu. Selain lebih rapi, laminating juga bisa melindungi fotomu dari cairan dan debu yang beterbangan.

b. Dengan tali dan jepit-jepit kayu, buat jemuran foto dalam kamarmu!

Advertisement

kamu bisa ‘jemur’ foto-fotomu via cutegirlcutedresses.blogspot.com

Jika ingin membuat suasana kamarmu terlihat beda, kamu bisa ‘menjemur’ foto yang kamu punya. Untuk membuat jemuran foto ini, bahan dan alat yang kamu butuhkan hanya 5 macam, yaitu:

  • tali rami
  • jepit jemuran
  • foto
  • palu
  • paku

Langkah-langkah membuat jemuran foto ini juga gampang banget kok. Yang harus kamu lakukan adalah :

  • Paku dindingmu di kedua sisinya secara horizontal, dengan jarak sesuai keinginan
  • Kaitkan sebuah tali rami di kedua ujung paku
  • Jemur foto-foto kenanganmu dengan menggunakan jepit jemuran

Voila! Kamar kost-mu pun makin cantik dengan foto-foto yang tertempel rapi di dinding. Mau membuatnya terlihat lebih unik lagi? Gantungkan juga koleksi kartu pos atau kartu ucapan ulang tahun di sela-sela gantungan fotomu. Selamat berkreasi ya!

2. Rekatkan ke dinding stiker pohon oak yang bisa kamu beli online. Setelah itu, susun foto-foto favoritmu sebagai buahnya.

kamu bisa menggunakan wallpaper sekaligus sebagai family tree via homedecorstores.info

Kamu juga bisa memanfaatkan wallpaper berbentuk pohon sebagai pohon keluarga. Gak cuma cantik, pohon keluarga ini bisa mengobati rasa rindumu yang kangen rumah dan ingin pulang. Untuk membuat dekorasi ini kamu hanya membutuhkan 4 macam bahan dan alat, yaitu :

  • wallpaper berbentuk pohon (bisa kamu beli di online shop)
  • paku
  • palu
  • foto beserta piguranya

Untuk membuat dekorasi unik ini langkah-langkah yang kamu lakukan cukup sederhana.

  • Tempelkan wallpaper berbetuk pohon di dinding sesuai dengan petunjuk penempelan
  • Paku di beberapa titik (di cabang pohon) sesuai yang kamu inginkan
  • Gantungkan foto anggota keluargamu

Untuk membuat pohon keluarga ini makin kelihatan lucu, kamu bisa menggunakan pigura foto dengan berbagai macam bentuk. Oiya, warna cokelat atau warna logam kuningan akan membuat pohon keluargamu makin keliatan antik dan unik.

3. Lampu penghias pohon Natal (harganya cuma 25.000 perak!) pun bisa dijadikan lampu tidur pengantar lelap. Daripada beli lava lamp?

lampu natal via www.youtube.com

Lampu bulat ini tidak hanya berfungsi untuk menghias pohon aja lho, kamu bisa mendayagunakannya untuk menghias interior kamarmu. Jika kamu tidak merayakan natal dan tidak memilikinya, kamu bisa membeli lampu ini di toko lampu terdekat, harganya juga sangat terjangkau karena tidak lebih dari Rp 25.000. Kamu bisa membentuknya sesuai dengan keinginan. Menggantungkannya secara vertikal yang menghubungkan pojok ruangan maupun secara horizontal dan membentuknya sebagai tirai di belakang tempat tidur juga sama bagusnya.

Kamu bisa menambahkan origami bangau di atas kabel lampu tidurmu. Seketika, kamarmu akan terlihat seperti negeri dongeng.

bangau-bangauan bikin kamarmu makin cantik via fuckyeahteenagebedrooms.tumblr.com

4. Untuk kesan romantis dan hangat di kamarmu, pernahkah kamu berpikir memasang kelambu?

kelambu bikin kamarmu jadi oke via imgarcade.com

Kamarmu juga akan terlihat menarik dengan hiasan kelambu di atas tempat tidur. Kamu juga bisa memadupadankan antara kelambu dengan lampu natal supaya kamarmu makin terlihat hangat dan nyaman. Selain berfungsi sebagai hiasan kamar, kelambu ini juga bisa melindungimu dari gigitan nyamuk nakal yang sering mampir ke kamar.

Walaupun begitu, jangan heran ya kalau kamu agak kegerahan sewaktu tidur menggunakan kelambu ini. Untuk mengakalinya kamu bisa selalu membuka kelambu dan mengikat ujungnya dengan menggunakan pita atau tali rami supaya terlihat manis dan membuat sirkulasi udara tetap lancar.

5. Lampion atau cotton ball yang selama ini kamu lihat di restoran juga bisa kamu bawa ke dalam kamar!

lampion atau cotton ball via www.tumblr.com

Selain lampu natal yang bisa kamu gunakan sebagai pendekor kamarmu, kamu juga bisa menjatuhkan pilihan kepada lampion atau cotton ball light. Warna dari lampu ini pun beragam, kamu bisa memilih sesuai dengan warna favoritmu. Sebagai saran, kamu bisa memilih dengan warna remang atau gelap supaya cahaya lampu tidak terlalu terang dan bisa membantumu tidur dengan lebih lelap. Untuk mendekorasi kamar kostmu dengan lampion atau cotton ball ini tidak ada ilmu pastinya kok, kamu bisa menempatkannya sesuai keinginan.

Menggantungkannya secara vertikal dengan mengikuti sudut kamarmu juga akan terlihat bagus. Atau kamu bisa menggantungkan lampu ini di atas rak bukumu dan mengikuti bingkai dari rak bukumu. Jika kamu ingin sedikit lebih berkreasi, kamu bisa menggunakan batang pohon sungguhan (yang sudah dibersihkan dan diperhalus) kemudian meenggantungkan lampion atau cotton ball ini di cabang-cabang pohonnya supaya terlihat seperti buah-buahan. Selamat mencoba dan berkreasi ya!

6. Majalah bekas pun bisa disulap menjadi hiasan lucu yang menampilkan sisi ‘nyeni’-mu.

sulap majalah bekasmu jadi lebih berguna via furnituredir.blogspot.com

Apakah kamu punya banyak majalah bekas yang tak terpakai? Entah itu majalah film, musik, ataupun majalah gosip? Jangan buru-buru ingin membuang atau menjualnya ke tempat kiloan ya. Kamu bisa mengubahnya menjadi barang yang lebih berguna sebagai dekorasi kamar tidurmu. Kamu bisa memilahnya menjadi 2 jenis. Yang pertama, kumpulkan gambar artis atau aktor favoritmu untuk ditempelkan di dinding kamar. Untuk membuatnya terlihat lebih unik, kamu bisa memenuhi dinding kamarmu dengan poster dan foto artis dari artikel majalah yang ukurannya beragam.

Untuk hiasan dinding yang kedua, kumpulkan artikel majalah yang gambarnya kurang kamu minati. Kamu bisa menggubahnya menjadi hiasan yang terlihat lebih indah, caranya juga cukup mudah :

  • Cetak gambar pola burung yang sedang terbang dengan berbagai bentuk dengan pensil di atas artikel majalah
  • Gunting sesuai pola yang tergambar
  • Tempelkan di atas dinding dengan pola seperti gambar di atas

Voila! Sekarang kamarmu bakal dipenuhi dengan wajah idolamu dan pola burung unik yang terbang bebas di dinding.

7. Siapa sih yang gak tahu dream catcher? Hiasan unik ini bisa bikin kamarmu makin terlihat artistik!

dream catcher via imgfave.com

Dream catcher yang sudah marak dijual di mana-mana bisa turut menjadi dekorasi kamarmu. Hiasan artistik ini akan membuat kamar kostmu terlihat makin lucu. Ragam ukuran dan bentuk bisa kamu padu padankan dengan tema atau warna cat dinding yang ada di kamarmu. Jika kamu ingin membuat kamarmu nampak lebih meriah, kamu bisa menggantung dream catcher dengan berbagai ragam warna yang berjejer rapi menggantung secara horizontal di seutas tali. Namun, jika di dalam kamarmu sudah terlalu banyak barang dan kamu tidak ingin membuatnya terlihat makin ramai, kamu bisa menggantungkan dream catcher berukuran besar dengan warna netral. Hiasan berukuran besar ini mampu membuat perhatian terfokus pada dream catcher ini alih-alih memperhatikan kesemrawutan ragam benda yang ada di kamarmu.

8. Tempelkan kutipan kesukaan untuk membuatmu makin semangat dalam menghadapi hari

penuhi kamarmu dengan quote2 penyemangat via favim.com

Kamu bisa mendekorasi dinding kosong di kamarmu dengan rentetan kata-kata penyemangat atau kutipan favoritmu. Caranya cukup mudah, hanya dengan ragam bahan yang tersedia di kosmu, bisa dengan majalah bekas, poster yang sudah tidak terpakai, ataupun kertas karton bekas. Buat pola huruf alphabet di atas kertas yang ingin kamu gunakan, gunting, lalu tempelkan di dinding. Tuh liat, sekarang kamarmu jadi keren berkat kutipan favoritmu. Cuma yang jadi catatan penting, kamu harus pandai-pandai memadukan antara warna cat dinding kamarmu dengan warna kertas yang akan kamu pakai, jangan sampai warnanya mati dan tulisan yang kamu buat malah tak terbaca.

9. Kamu pun bisa membuat kasur gantung dari sprei dan selimut bekas. Dengan ini, kamar mungilmu bisa menjadi tempat pelepas penat!

hammock via memespp.com

Selain hiasan dinding, kamu bisa memasukkan kasur gantung ke dalam daftar benda-benda penghias kamarmu. Kasur gantung atau yang biasa disebut hammock ini bisa dijadikan sebagai dekorasi unik untuk kamarmu. Pilihan warna cerianya bisa membuat kamarmu makin terlihat nyaman, unik, dan terlihat beda. Selain sebagai tempat rebahan dan bersantai, kamu juga bisa menggunakannya untuk meletakkan ragam koleksi bonekamu. Gimana, tertarik?

Gampang ‘kan untuk membuat kamar impianmu? Jadi, dekorasi mana yang paling kamu gemari?