Kulit wajahmu boleh mulus tanpa cacat, bahkan terlihat cerah bercahaya. Namun, sayangnya penampilan kamu belum lengkap, karena bibir manismu justru kering, pecah-pecah juga mengelupas. Perlu diperhatikan, kadang kamu terlalu terfokus merawat pada bagian tubuh yang lain, sampai lupa bahwa bibir pun perlu diperhatian dan dirawatan agar terjaga kesehatannya. Sadar atau nggak, kamu juga kadang melakukan kebiasaan-kebiasan yang berpengaruh terhadap bibirmu. Kebiasaan-kebiasaan yang dianggap sepele, tapi ternyata berdampak besar terhadap penampilan.

Nah, kalau kamu nggak mau bibirmu terus kering, pecah-pecah, bahkan luka, sudah seharusnya kamu tahu hal-hal apa yang wajib kamu hindari dan lakukan. Yuk simak, rangkuman Hipwee di bawah ini!

1. Menjilat bibir bukan solusi tepat untuk membuat bibirmu lembab. Air liur justru membuat bibirmu lebih kering dan akhirnya pecah-pecah.

kalau dijilat bisa makin kering via www.ask.com

Selesai makan atau minum kamu menjilat bibirmu. Lalu saat terasa kering kamu pun melakukannya kembali. Kadang tanpa sebab yang jelas pun kamu melakukannya lagi dan lagi. Kebiasaan yang satu memang sulit untuk dihindari. Seperti refleks saat bibir terasa mulai kering, tanpa sengaja lidah kita dengan sendirinya menjilat bibir agar kembali lembab . Tapi, nyatanya membasahi bibir dengan air liur nggak membuat kulit bibirmu kembali lembab, justru sebaliknya.

Untuk sementara waktu, air liur memang bisa membasahi bibirmu. Tapi, sifat air liur yang mudah menguap ini nggak bertahan lama dan akhirnya membuat bibir menjadi lebih kering dari sebelumnya. Lebih baik kamu atasi dengan minum air putih, saat bibirmu terasa mulai kering. Bukankah bibir kering itu tanda dari dehidrasi? Jangan dijilat ya!

2. Sadar atau nggak, saat resah kamu sering sekali menggigit bibir. Hati-hati loh ya, lapisan pelindung bibirmu bisa rusak karena itu.

Advertisement

jangan gigit-gigit bibir via gossipncity.wordpress.com

Hayo siapa yang kalau sedang gugup atau resah suka menggigit bibir? Malah keisengan belaka sering juga jadi penyebab kebiasaan ini dilakukan. Kamu harus tahu, terlalu sering menggigit bibir bisa mengakibatkan trauma dan akhirnya merusak lapisan pelindung pada bibir kulit. Nah, kalau lapisan pelindung bibir rusak, udah pasti bibir kamu jadi lebih mudah kering dan pecah-pecah. Mending mingkem saja lah, daripada gigit bibir ya, girls.

3. Sudah terlanjur pecah-pecah, bukan berarti kamu harus mengelupas seenaknya dengan tangan. Yang ada bibirmu malah tambah luka dan berdarah, duh ngeri kan!

kalau dikelupas malah tambah luka via www.styleblend.com

Udah pecah-pecah, bukannya dikasih madu atau pelembab, ini malah dikelupas. Memang bibir kering yang hampir terkelupas mengganggu sekali kenyamananmu, tapi bukan berarti mengelupas jadi solusinya. Bibirmu malah akan luka, bahkan bisa saja berdarah. Duh, itu kan lebih mengerikan.

Yuk, mulai sekarang hentikan kebiasaan mengelupas kulit bibir yang kering dengan tangan. Kamu bisa coba mengangkat sel kulit mati bibirmu itu dengan bantuan scrub. Atau, cukup lembabkan bibir kamu kembali dengan air bersih yang hangat, lalu sikat perlahan-lahan permukaan bibir dengan sikat gigi halus.

4. Bernapas dengan mulut nggak cuma bahaya untuk pernapasanmu, tapi juga nggak baik untuk kelembaban bibirmu.

tidurnya jangan mangap via www.dailymail.co.uk

Wajar saja saat pilek dan hidung mampet, bernapas dengan mulus jadi upaya satu-satunya yang membantu kamu bernapas. Tapi, kalau saat tidur, berolahraga, atau berdiam tanpa sadar kamu bernafas melalui mulut, wah ini sih udah harus dihentikan. Bernapas melalui mulut nggak cuma kurang baik untuk pernapasanmu, karena udara nggak tersaring seperti melalui hidung. Tapi, udara yang keluar masuk melalui mulut ternyata membuat permukaan bibirmu menjadi kering.

Coba deh, diusahakan untuk menghilangkan kebiasaan ini perlahan-lahan. Tapi, jika kebiasaan ini terasa sangat sulit dihentikan, siasati dengan mengoleskan pelembab bibir setiap sebelum tidur, berolahraga atau kapanpun saat kamu membutuhkannya. Oh iya, kebiasaan bernapas saat tidur bukannya juga penyebab kamu mendengkur. Wah, masa iya cantik-cantik tidurnya ngorok. Hehehe…

5. Kamu perlu tahu juga, kalau kesukaanmu mengkonsumsi makanan asin juga jadi penyebab bibirmu kering. Penumpukan garam membuat bibirmu dehidrasi.

makan garam secukupnya aja via www.feminiya.com

Jangan salah, ternyata makanan yang mengandung banyak garam juga bisa membuat lapisan kulit terluar bibir menjadi kering hingga pecah-pecah. Penyebabnya itu, karena sisa garam yang tertinggal di permukaan bibir. Salah satu solusi yang bisa kamu lakukan untuk memastikan nggak ada garam yang tersisa di bibirmu, basuh saja dengan air hangat setelah makan.

6. Sering-sering menscrubing bibirmu dengan scrub khusus bibir. Biar kulit mati bibir yang sudah mengering bisa cepat hilang.

scrub bibir via www.instagram.com

Meski bibirmu nggak pecah-pecah. Melakukan ritual scrubing sesering mungkin itu perlu untuk menjaga kesehatan bibir dan warna alaminya. Meski tak tampak, sel kulit mati yang menumpuk itu pasti akan selalu ada, mengingat kulit di bibir sama seperti kulit di bagian tubuh lain yang beregenerasi. Belum lagi, sisa-sisa kotoran yang juga tak kamu sadari. Kesemua itu, jika dibiarkan membuat bibirmu lama-kelamaan kehilangan warna aslinya. Bukannya kamu juga ingin punya bibir yang merah alami, meski tanpa olesan lipstik.

7. Alih-alih menjilat bibir saat terasa kering, mengoleskan lim balm justru jadi solusi yang tepat untuk membuatnya tetap lembut.

pakai lipbalm via orogoldgiveaway.com

Banyak dari kamu yang kadang enggan untuk mengoleskan lip balm, apalagi jika setiap bibir terasa kering. Wah, girls, mengoleskan lip balm setiap saat nggak akan membuat kamu terlihat lebay. Toh apa yang kamu lakukan sebagai bagian untuk menjaga kesehatan bibir dan penampilan. Sekali lagi, daripada kamu menjilat bibir, mending oles-oles aja bibirmu dengan lip balm atau lip tint balm. Dijamin bibirmu akan terlihat lebih segar.

8. Bukan cuma wajah, bibir kamu pun perlu mendapat perawatan masker paling tidak sebulan 2-3 kali.

Siapa bilang bibir kamu nggak punya dan nggak perlu masker. Emangnya wajah aja yang perlu dimaskerin setiap minggunya. Supaya bibir kamu makin sehat,. kelembabanya terjaga, dan tetap memancarkan warna aslinya, nggak ada salahnya kamu melakukan perawatan masker pada bibir paling tidak 2-3 kali dalam sebulan.

Ingat saat kamu berbicara, kebanyakan orang tak hanya fokus pada keseluruhan wajah kamu. Tapi, ada beberapa yang juga memperhatikan gerak bibir kamu. Makanya, mencegah bibirmu kering dan pecah-pecah itu juga wajib banget loh!