Tangisan ini mengalir begitu saja. Bisa berarti air mata bahagia, atau bahkan sebaliknya.

Benar. Itulah yang mayoritas mungkin semua cewek alami ketika pertama kali berhubungan seks. Cewek menangis karena menyadari bahwa dia baru saja saling berbagi bagian tubuh dan kebahagiaan dengan pasangannya. Bukan masalah malu. Namun semacam katarsis, kelegaan secara emosional setelah mengalami ketegangan batin akibat hal yang telah dilakukan.

Selama ini, perilaku dari cewek tersebut kerap memunculkan pertanyaan. Entah rasa penasaran dari cewek sendiri maupun dari pihak cowok. Banyak yang penasaran: kenapa cewek bisa menangis sehabis berhubungan seks?

Padahal kami sama-sama tampak bahagia ketika ‘berbagi’ peluh. Adakah sesuatu yang salah?

Tak perlu ada yang dirisaukan, menangis setelah berhubungan seks itu wajar

Jangan kuatir via www.womenshealth.co.id

Advertisement

Berbicara tentang seks memang selalu jadi hal yang tabu. Tapi mari kita ambil baiknya, supaya kita tak menjadi makhluk yang cuma bergerak secara alamiah tanpa bekal pengetahuan.

Dalam masalah cewek yang menangis setelah berhubungan seks, seorang terapis psikoseksual asal Inggris, Denise Knowles, bisa memberikan jawaban untuk kita semua. Menurut Knowles, menangis merupakan respon alami atas emosi yang cewek rasakan.

“Bagi kebanyakan orang, ketika mereka memiliki orgasme dan seks berakhir, maka ada rasa kedekatan, kebahagiaan dan kepuasan atas segala yang telah didapat,” ujar Knowles.

Nggak hanya soal emosi, tapi ada pula alasan ilmiah. Semacam pelepasan hormon

Pelepasan hormon via cos.h-cdn.co

Knowles, yang memiliki pengalaman 25 tahun di bidang psikoseksual, menjelaskan bagaimana hormon kebahagian ikut ambil bagian dalam peristiwa menangisnya seorang cewek saat seks. Mereka, kata Knowles, merilis dua hormon, yaitu hormon oksitoksin dan hormon dopamin. Setelah seks berakhir, ada penurunan tingkat hormon tersebut dan meninggalkan seorang terbuka dan rentan terhadap rasa yang bisa membuat seorang menangis.

Dalam pengkualifikasiannya, air mata yang jatuh pasca berhubungan seks ternyata bisa masuk ke kategori bukan karena senang, bukan juga karena sedih.

“Bukan hal yang berlebihan ketika cewek menangis. Mereka hanya merasakan perasaan kita sudah benar-benar sedekat ini dan saya sedih ini sudah berakhir’. Kekhawatiran kemudian muncul akibat cewek berpikir kapan lagi saya bisa sedekat ini dengan pasangan saya’?” tutur Knowles.

Jadi, seharusnya cowok jangan panik jika hal tersebut terjadi pada pasanganmu pasca kalian bersenggama.

Tetesan air mata cewek after sex nggak ada sangkut pautnya dengan kemampuan buruk cowok di ranjang. Tangisan ini murni hasil perasaan yang tak bisa dijelasakan

Jangan terlalu kepikiran via www.usnews.com

Cowok tak perlu khawatir apabila pasangamu menangis setelah berhubungan seks. Tangisan tersebut, kata Jan Day yang seorang ahli hubungan, merupakan perasaan yang tak bisa dijelasakan. Konklusinya, tangisan cewek after sex itu nggak bisa dikaitkan dengan: kemampuan cowok yang buruk di ranjang, misalnya.

“Seks datang dengan berbagai macam rasa dan warna, jadi ada berbagai macam alasan dari mereka untuk mengungkapkan setelah berhubungan badan. Jika sebuah hubungan badan berlangsung dengan tempo lambat, mendalam dan membuat sepasang saling terkoneksi secara emosional, cewek cenderung membuka diri dan membiarkan dirinya menjadi lebih rentan meneteskan air mata,” tutur Jan Day

Jadi, ya, menangis adalah hal yang normal. Tak perlu ada yang diperbaiki

Nggak ada yang perlu diperbaiki via www.thetwoangles.com

Banyak yang mengalami pengalaman seperti ini, bahkan cowok pun ada lho yang bisa ikut menangis. Dan ini bukanlah sebuah masalah yang harus diperbaiki. Mereka secara alamiah mengungkapkan perasaanya lewat tangisan tersebut. Hal tersebut terjadi saking saling terkoneksinya seorang cewek dengan pasangannya, bahkan secara emosional.

Pada beberapa kasus lain, tangisan memang bisa terjadi akibat hal-hal negatif. Namun kalau kamu dan pasanganmu merasa baik-baik saja, tak ada konflik yang mendera, dan hubungan kamu sudah sangat mesra dan romantis, kalau pun cewek nangis, ia menangis secara alamiah bukan karena hal-hal negatif.

Disclaimer penulis: sekali lagi, ini bukan artikel PORNO. Ada beberapa sumber valid yang telah menjelaskannya, bahkan secara ilmiah dan akurat. Jadi, alangkah lebih baik kalau kamu sebagai pembaca lebih membuka mata, terhadap wawasan baru yang ada.

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!