Artikel ini dipersembahkan oleh Hipwee dan Pond’s Pure White

Padatnya aktivitas kita sehari-hari seringkali berdampak buruk pada kesehatan kulit. Polusi, debu dan radikal bebas membuat kulit susah “bernafas” sehingga membuatnya kusam secara berangsur-angsur. Kurangnya perhatian serta pengetahuan tentang pentingnya menjaga kesehatan kulit terutama kulit wajah membuat sebagian orang hanya bisa dirundung kecemasan tanpa tahu solusi untuk mengatasinya.

Tapi, tahukah kalian bahwa merawat kulit wajah supaya sehat dan terbebas dari kekusaman itu mudah dan murah?

Kali ini, Hipwee bersama Pond’s Pure White mengumpulkan 7 hal sepele penyebab kulit wajahmu menjadi kusam beserta solusi terbaiknya.

1. Kurang minum air putih berdampak tak baik pada kesehatan kulit wajahmu. Ingat! Wajah yang sehat adalah ia yang senantiasa lembab karena cukup asupan air dari luar.

Biasakanlah dirimu untuk minum air putih minimal 8 gelas sehari. Karena sebagian besar komposisi tubuhmu berisi air, rutin minum air putih dapat melembabkan serta menyehatkan kulitmu. Jika tidak begini, kulitmu akan perlahan menjadi kasar hingga kusam dan bersisik. Nggak mau ‘kan?

2. Karena sering beraktivitas padat di luar ruangan, memperhatikan pengaruh buruk sinar UV juga wajib jadi perhatianmu! Cegah pengaruh buruk sinar UV ini dengan rutin memakai sunblock.

Tak usah kuatir dalam penggunaan sunblock yang terkesan ribet, rajin memakai body lotion yang mengandung UV filter juga nggak apa-apa, kok. Bersiap aktif di luar ruangan tanpa takut kulit jadi kusam seharian?

3. Tak melulu lezat dan cepat, pilihlah makanan yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh serta kulitmu. Ternyata, lemak jahat dalam makanan bisa jadi pemicu kekusaman kulit.

Rutinitasmu yang padat seringkali mengharuskan untuk makan makanan seadanya saja. Asalkan ada dan cepat saja sudah cukup. Tapi, sebetulnya ini salah besar, girls! Karena makanan yang banyak mengandung lemak jahat akan menghambat proses metabolisme tubuh hingga berpengaruh pada kesehatan kulitmu. Jadi, nggak asal ada dan cepat saja tapi sehat serta bergizi, ya!

4. Manfaatkan weekendmu yang berharga dengan hal-hal positif. Scrubbing atau memakai masker seminggu sekali juga ampuh kok untuk mencegah kekusaman kulitmu.

“mumpung weekend nih, scrubbing aja ah….”

Scrubbing atau pengangkatan sel-sel kulit mati ini juga salah satu cara ampuh untuk mencegah kulit wajahmu yang kusam. Dengan menggosokkannya perlahan di kulitmu wajahmu secara perlahan, sel-sel kulit mati penyebab kekusaman akan rontok seketika. Usahakan pilih scrub atau masker yang sesuai dengan kondisi wajahmu, ya. Lakukan seminggu sekali saja sudah cukup, kok.

5. Kebiasaan gonta-ganti skincare juga nggak baik buat kulit wajahmu. Jangan hanya terpancing iklan atau gengsi, pilihlah yang benar-benar cocok buatmu.

“kalau artis A pakai skincare X dan dia cocok, pasti aku juga jadi cocok.”

“wah, si B jadi kinclong gitu mukanya, pasti gara-gara pakai skincare merk Y. Aku juga pakai ah…”

Terpancing iklan atau gengsi saja bukan menjadi alasanmu untuk memilih skincare ya, girls. Meskipun harganya murah dan jarang ada artis yang pakai, jika skincare merk tertentu sudah cocok di wajahmu, sebaiknya pertahankan saja. ‘Kan nggak mau kalau kulit wajahmu kusam gara-gara gonta-ganti skincare?

6. Memakai make up tebal setiap hari karena tuntutan, sah-sah saja kok. Tapi, ingat baik-baik bahwa kulitmu juga butuh istirahat juga, dong.

Memangnya kamu tega membiarkan make up menempel dengan santainya di wajahmu selama kamu tidur?

Seberapa pun mahalnya harga make up mu, tak lantas membuatmu jadi lalai bahwa kulit wajahmu juga perlu istirahat sejenak. Terlalu banyak kandungan kimia dalam make up sangat mungkin bisa membuat wajahmu kusam serta berminyak. Rajin bersihkan ya….

7. Melupakan ritual cuci muka sepertinya harus kamu ubah mulai sekarang! Debu, polusi dan radikal bebas akan membuat wajahmu kusam dengan sekejap jika ritual ini kamu sepelekan.

rajin cuci muka itu penting banget!

Tinggal di daerah perkotaan dengan padatnya aktivitas serta lalu lalang kendaraan tentunya berpengaruh pada jumlah debu, polusi dan radikal bebas yang mungkin akan merusak kesehatan kulitmu. Melakoni ritual cuci muka 2-3 kali sehari adalah cara mudah jika kamu tidak ingin wajahmu kusam dan tak sehat.

Pilihlah produk-produk pembersih wajah yang cocok dan sesuai dengan kondisi wajahmu. Pond’s Pure White Deep Cleansing Facial Foam ini contohnya, dengan kandungan activated carbon charcoal yang mampu mengangkat kotoran hingga ke dalam pori-pori kulit, maka partikel mikroskopik penyebab kekusaman kulit akan terminimalisir.

Memiliki wajah yang bersih, sehat dengan bonus cerah tentunya sudah lama kamu impikan bukan?

Nah, mau tahu lebih banyak soal polusi dan efeknya buat kulitmu? Coba deh kunjungi ponds.id/solusipolusi. Kamu bisa mendapatkan jawaban untuk permasalahan kulit, serta berkesempatan mencoba produk Pond’s gratis.