Pori-pori itu bukan musuh. Dia adalah teman karena dibutuhkan kulit untuk mengeluarkan minyak dan keringat.

Dandanan sudah kece dan wangi, eh tiba-tiba dirusak sama percaya diri (PD) yang menurun. Padahal sebelum pergi, kamu udah yakin 100 persen kalau penampilanmu saat ini yang paling keren jika dibandingkan sebelum-sebelumnya. Namun, tingkat PD kamu secara dadakan (oke, bukan cuma ‘tahu’ saja yang dadakan) mengubah segalanya cuma gara-gara teringat pori-pori besar pada wajah. Wah, masalah satu ini sih memang nggak bisa disepelekan.

Rajin ke salon, pakai produk kecantikan ini-itu, bahkan udah siasati dengan make-up kok masih saja pori-porinya nggak mengecil juga?

Tenang girls, jangan panik. Ini bukan karena pori-pori wajahmu tak bisa diatasi. Bisa saja langkah-langkah yang kamu lakukan tempo hari ada yang kurang atau malahan salah. Maka dari itu, agar tenagamu nggak sia-sia saat merawat wajah, intip ulasan yang telah Hipwee Tips siapkan berikut ini. Asal rutin melakukannya, pori-porimu akan mengecil seketika tanpa perlu keluar duit banyak dan nggak ribet.

1. Kamu harus rutin bersihkan wajah dan kalau bisa gunakan yang alami

rutin bersihkan wajah via www.womenshealthmag.com

Advertisement

Membersihkan wajah merupakan hal wajib yang nggak boleh dilewatkan. Kamu harus melakukannya setiap mandi dan usahakan pakai pembersih dari bahan-bahan alami. Hal ini untuk mengurangi pengaruh bahan kimia yang tak selalu cocok pada kulitmu. Nah, sebaiknya nanti basuh wajah dengan air hangat, lalu keringkan dengan menepuk-nepuk secara perlahan pakai handuk lembut. Pelembab pun tak lupa dioleskan agar kulit nggak kering dan pori-pori mengecil.

Sebetulnya tak masalah jika kamu tetap memakai pembersih wajah berbahan kimia. Hanya saja harus dipastikan kalau produk tersebut memang cocok untuk kulitmu.

2. Jangan malas pakai scrub demi pori-pori besar mengecil. Hanya 2 minggu sekali saja kok

pakai scrub via www.stylecraze.com

Rasa malas mungkin sering menggerayangi kamu setiap hari. Sayangnya, agar masalahmu dengan pori-pori besar cepat selesai, alangkah baiknya jika dari sekarang coba rajin merawat diri. Kamu harus rutin menggunakan scrub untuk membantu membersihkan wajah dari kotoran-kotoran yang menyumbat pori-pori. Cukup memakainya 2 minggu sekali saja, lalu pilih scrub yang butirannya halus agar kulit wajah tetap terjaga.

Kamu bisa bikin scrub sendiri lho. Bahan-bahan alami seperti gula, madu dan teh hijau dapat kamu manfaatkan untuk kecantikan kulit.

3. Selain scrub, kamu perlu maskeran. Sayang banget kalau sampai terlewatkan

Tak hanya scrub, kamu juga harus maskeran biar wajah mulus tanpa adanya pori-pori besar bisa tercapai. Dengan maskeran, kotoran-kotoran terangkat dari pori-pori dan mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit. Untuk pengolesan pertama kamu harus fokuskan dulu pada bagian yang berpori-pori besar, kemudian diamkan sekitar 15 menit. Setelahnya, bersihkan wajah dengan air hangat dan keringkan secara perlahan menggunakan handuk berbahan lembut.

Kamu bisa gunakan masker alami, putih telur, atau yogurt agar hasil maksimal.

4. Pakai tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan. Ini penting untuk menjaga kulit wajah dari sinar matahari

kacamata hitam juga ya via id.pinterest.com

Walau hanya sebentar, jangan sepelekan aktivitasmu di luar ruangan. Hal ini karena paparan sinar matahari yang langsung terkena wajah bisa membuat pori-porinya membesar. Untuk itu, kamu dapat menggunakan tabir surya. Tak lupa juga pakai topi dan kacamata hitam agar wajahmu tetap terjaga.

5. Pilih produk kecantikan berlabel noncomedogenic karena tak menyumbat pori-pori

jangan asal pilih via www.skinstore.com

Memilih produk kecantikan tak boleh sembarangan. Karena jika salah beli, wajah mulus impianmu akan jauh dari kenyataan. Selain pakai produk yang cocok dengan kulit, usahakan produknya berlabel noncomedogenic agar pori-pori tak tersumbat. Kandungan lainnya seperti lavender, rosemary, magnesium, dan zinc juga bisa digunakan lantaran membantu membersihkan dan mengecilkan pori-pori, serta menjaga tingkat minyak pada kulit.

6. Sebisa mungkin hindari penggunaan foundation kalau nggak dibutuhkan. Karena bikin pori-pori nggak ‘bernapas’

bedak tabur deh via journal.sociolla.com

Tampil makin cantik menggunakan make-up tak masalah, namun kamu harus tetap mengutamakan kondisi kulit wajah. Jika memang ada pori-pori besar, maka kamu dilarang keras menggunakan foundation. Kalau sangat terpaksa, gunakan seperlunya karena foundation mampu membuat pori-pori tak bisa bernapas akibat tersumbat. Untuk menggantinya, kamu bisa pakai bedak tabur karena juga bisa mencerahkan wajah, apalagi teksurnya lembut di kulit. Tentu nggak akan jadi buat pori-pori besarmu.

7. Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang nggak menyehatkan. Karena menjaga kesehatan dari dalam itu perlu

coba mulai konsumsi buah via www.gymaholic.co

Ada yang bilang kalau mau cantik itu harus ada pengorbanan, salah satunya dengan mengurangi makanan maupun minuman yang tak menyehatkan. Dari sekarang kamu harus coba untuk jarang mengonsumsi junk food, permen, keripik, dan makanan yang memiliki kadar lemak tinggi karena dapat meningkatkan penyumbatan pori-pori. Sebaliknya, dari sekarang berdamailah dengan sayuran, buah-buahan, dan air mineral agar tak hanya luarnya saja yang sehat, tapi juga bagian dalam tubuh.

Karena wajah merupakan ‘aset’ berharga yang kamu punya, maka kebersihannya pun harus terjaga. Untuk itu, biasakan cuci tangan dahulu sebelum menyentuhnya dan lap keringat agar tak ada pori-pori yang tersumbat. Dengan begitu, wajahmu akan mulus seketika!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya