Rasanya hampir semua orang suka minum teh. Teh yang merupakan sumber antioksidan ini menjadi minuman alternatif bagimu yang nggak menyukai kopi. Minuman teh memberikan banyak manfaat jika rutin dikonsumsi dalam porsi yang tepat, terutama di saat pagi atau sore hari.

Nah, jika kamu terbiasa menyeduh teh dalam teko dan nggak habis dalam sekali waktu, nggak jarang teh tersebut akan didiamkan semalaman dan baru akan dibuang keesokan paginya. Padahal, teh basi memiliki beberapa khasiat yang nggak terduga lho. Teh basi yang dimaksud bisa berupa ampas dari bubuk teh (baik teh tabur maupun teh celup), juga air seduhan teh itu sendiri. Simak dulu nih beberapa khasiat teh basi hasil rangkuman Hipwee Tips berikut ini.

1. Menyegarkan nafas dan mengatasi bau mulut yang kurang sedap. Nggak perlu lagi beli obat kumur yang harganya mahal itu~

Obat kumur herbal via www.cleaneatingmag.com

Aroma teh yang khas serta kandungan antibakteri di dalamnya ampuh membantu mengatasi mulutmu yang bau naga. Untuk membuat obat kumurmu sendiri, rebus 2-3 gelas air teh basi, tambahkan beberapa helai daun mint lalu. Kamu juga bisa menambahkan cengkeh atau kemangi untuk meningkatkan kandungan antibakterinya. Rebus selama hingga mendidih lalu dinginkan sebelum digunakan. Obat kumur herbal ini bisa kamu simpan selama 1 minggu.

2. Dengan menempelkan teh celup basi di permukaan wajah yang berjerawat, maka jerawat yang membandel bisa kempis perlahan

Kempiskan jerawat via www.bustle.com

Advertisement

Salah satu cara untuk mengatasi jerawat adalah dengan memanfaatkan teh basi. Cara mudahnya, cukup tempelkan kantong teh celup yang telah direndam semalaman di atas permukaan wajah yang terkena jerawat, lalu diamkan sekitar 10 menit dan bilas dengan air hangat. Atau, kamu juga bisa menggunakan ampas tehnya untuk digunakan sebagai masker alami wajah yang berjerawat.

3. Jika kamu sudah kehilangan akal untuk mengatasi kerontokan rambut dan membuatnya berkilau, coba bilas pakai air teh basi

Air teh untuk membilas rambut usai keramas via www.greencurly.com

Kalau semua jenis perawatan sudah dicoba tapi belum memberikan hasil yang maksimal, mungkin kamu bisa mencoba mengatasinya dengan memanfaatkan air teh basi. Setiap kali sehabis keramas, kamu bisa gunakan air teh sisa sebagai bilasan terakhirnya. Jika dilakukan rutin setiap habis keramas, lama kelamaan rambut akan berkilau dan tentunya makin kuat. Tapi, pastikan teh yang dipakai belum dicampur dengan gula, ya!

4. Menghilangkan lingkaran hitam atau mata panda yang bikin kamu kayak zombie berjalan

Mengatasi mata panda via beautyeditor.ca

Mata panda merupakan suatu kondisi di mana kantong mata berubah warna menjadi hitam dan bisa disebabkan karena beberapa faktor. Untuk mengatasinya, gunakan teh celup basi untuk mengompres bagian kantong mata yang menghitam. Diamkan selama kurang lebih 10 menit hingga mengering, lalu bilas area kantung mata dengan air bersih. Lakukan terapi ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Teh basi juga bisa digunakan sebagai campuran air hangat untuk merendam kaki demi relaksasi dan anti bau

Buat rendaman kaki via www.aneking.com

Caranya, cukup campurkan teh basi ke dalam air hangat, lalu gunakan untuk merendam kakimu. Diamkan selama beberapa menit hingga air mendingin dan kaki menjadi lebih rileks. Lalu bilas deh dengan air bersih.

6. Bisa digunakan untuk mengempukkan daging sebelum diolah, bisa juga dijadikan campuran masakan tertentu

Melunakkan daging via www.thebalance.com

Kandungan tanin di dalam teh berfungsi sebagai pengempuk alami. Makanya, teh basi bisa kamu manfaatkan untuk mengempukkan daging. Rendam daging dalam sisa air teh hitam selama beberapa menit sebelum diolah. Selain itu, teh sisa juga bisa digunakan sebagai campuran rebusan telur untuk menambah rasa dan aroma sehingga menambah selera saat mengonsumsinya.

7. Teh basi diseduh dalam bak mandi untuk merelaksasi tubuh, buat scrubbing juga bisa!

Relaksasi via www.todays-woman.net

Karena daun teh mengandung antioksidan, mandi dengan air hangat yang direndam dengan kantong teh baik untuk kulit serta kemampuannya untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Celupkan teh basi ke dalam bak yang telah diisi air hangat yang akan digunakan untuk mandi. Gunakan teh melati untuk khasiat aromaterapinya, dan gunakan teh chamomile untuk merelaksasi tubuh. Selain itu, ampas teh juga bisa digunakan sebagai scrubbing untuk mengikis sel-sel kulit mati yang tertumpuk di permukaan kulit.

8. Membersihkan perkakas dapur, furnitur, cermin, jendela, laintai hingga toilet dengan aroma yang menyegarkan

Membersihkan perkakas dapur via www.theodysseyonline.com

Teh memiliki kandungan astringent yang mampu membersihkan noda dengan cepat. Kamu bisa memanfaatkan air teh basi ataupun ampasnya sebagai campuran sabun atau deterjen untuk membersihkan segala macam perkakas dapur seperti piring dan gelas. Untuk membersihkan cermin atau kaca jendela, masukkan air teh basi ke dalam botol penyemprot lalu aplikasikan ke bagian yang ingin dibersihkan. Sedangkan untuk membersihkan toilet, siram air teh basi sekaligus ampasnya ke dalam toilet lalu diamkan selama satu jam sebelum menggosoknya.

9. Teh sangat berkhasiat untuk menyerap aroma apapun di sekitarnya, bisa juga dimanfaatkan sebagai pengharum ruangan

Pengharum sepatu via thrivemarket.com

Karena sifat teh yang sangat mudah menyerap aroma kuat di sekitarnya, sebaiknya jauhkan penyimpanan teh dari bahan-bahan yang beraroma kuat seperti bawang, rempah-rempah atau kopi. Kamu bisa memanfaatkannya sebagai penghilang bau yang kurang sedap di dalam kulkas atau bahkan di sepatu.

Caranya, keringkan teh celup bekas terlebih dahulu sebelum diletakkan dalam kulkas atau ditaruh di dalam sepatu. Untuk pengharum ruangan, teteskan parfum esensial ke dalam kantung teh celup basi yang sudah kering, lalu gantungkan di ruangan yang diinginkan. Di dalam mobil? Bisa juga kok!

10. Alih-alih menggunakan pupuk buatan, kamu bisa manfaatkan teh basi untuk dijadikan pupuk lho!

Buat pupuk via www.veggiegardener.com

Menggunakan teh basi untuk menyirami tanaman akan melindunginya dari hama dan infeksi jamur. Teh basi ini juga bermanfaat untuk menyuburkan tanah dan menghalangi hama kebun seperti tikus. Selain itu, ampas teh basi bisa dicampurkan dengan kompos untuk mempercepat dekomposisi dan menarik bakteri baik ke dalamnya. Nah, mulai sekarang jangan sungkan lagi deh menyiram tanaman dengan air teh atau taburi dengan ampasnya.

Kalau kamu belum percaya khasiat teh basi yang sudah Hipwee Tips jabarkan di atas, coba deh buktikan sendiri 😉

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya