Aktivitas sehari-hari yang cukup padat tanpa disadari bikin kamu suka merasa lemah, letih dan lesu. Kamu pun jadi menunda pekerjaan untuk beristrahat, supaya kelelahan yang menghantui tadi menjadi sedikit berkurang. Meski tak dilarang untuk rehat sejenak, ada baiknya kamu ketahui hal-hal apa saja selain istirahat yang bisa dilakukan ketika tubuh dan pikiranmu sudah benar-benar lelah.

Oleh karena itu, nggak ada salahnya kamu coba terapkan 6 cara yang udah Hipwee Tips siapkan berikut ini. Karena ada banyak hal yang meningkatkan level semangatmu dalam beraktivitas, sehingga rasa lelah mampu tertutupi dengan sempurna. Ini dia cara-caranya!

1. Ketika stres dan capek, kurangilah makan-makanan asin dan berlemak. Nggak mau ‘kan tubuhmu semakin berontak?

kurangi! via masukdapur.com

Nggak bisa dipungkiri kalau makanan asin dan pedas yang digoreng itu jauh lebih menggoda dibanding semangkuk buah-buahan segar.

Namun jika tujuanmu adalah untuk mengurangi kelelahan tubuh, hal tadi sepertinya nggak berlaku dan sangat dianjurkan untuk dikurangi. Makanan asin, pedas dan berlemak itu memang lezat, tapi justru bikin tubuhmu jadi semakin nggak sehat.

Advertisement

Tubuhmu yang lelah tadi adalah indikasi bahwa kamu sedang membutuhkan asupan vitamin dari makanan atau minuman yang bergizi. Nggak harus menghabiskan 1 kilo jeruk dalam sehari, kok. Kamu bisa menggantinya dengan jus atau smoothies lezat yang pastinya lebih nyaman di lidah.

2. Ngulet itu sederhana, tapi manfaatnya luar biasa. Saat capek, cobalah untuk mempraktikkannya

seperti lagi di kasur saja via www.majalah-holiday.com

Percaya deh kalau kamu menggeliat atau ngulet, badan akan terasa lebih ringan dan nyaman. Otot-ototmu yang semula kaku karena terlalu lama bekerja pun mampu dirilekskan kembali.

3. Sesekali pergi ke luar mencari udara segar. 5-10 menit saja sudah cukup untuk me-refresh pikiranmu sejenak

atau coba kerja di taman via products.office.com

Buat kamu yang setiap harinya bekerja di dalam ruangan menghadap komputer, nggak ada salahnya untuk sesekali pergi ke luar kantor. Hal ini semata-mata supaya kamu bisa menghirup udara segar dan me-refresh pandangan maupun pikiranmu sejenak.

Sekalian cuci mata, mencari udara segar ini juga sangat ampuh untuk membuat konsentrasi serta staminamu kembali prima.

4. Menghibur diri seperti mendengarkan musik diyakini ampuh mengembalikan semangat. Mudah dan hemat!

dengerin musik via rtlnieuws.com

Jangan pernah deh meragukan kemampuan musik dalam menenangkan dan mengembalikan semangat. Saat sedang lelah dan nggak ada gairah, mulailah putar daftar lagu yang memang kamu sukai!

5. Karena mampu menetralkan racun dalam tubuh, rutin minum air putih akan melancarkan peredaran darah ke otakmu juga. Welcome, relax!

biar makin semangat via what-is-workplace-wellness.com

Saat sedang pusing-pusingnya, cobalah teguk 2 sampai 3 gelas air putih, lalu hiruplah nafas dalam-dalam, baru keluarkan.

Bukan cuma makanan bergizi yang baik untuk meningkatkan semangatmu, ternyata air putih pun demikian halnya. Daripada banyak minuman berenergi, sebaiknya kamu pilih air mineral untuk mengobati rasa lelahmu. Atau kamu juga bisa minum jus yang kamu suka. Dijamin deh setelah itu gairahmu akan kembali lagi!

6. Istirahat dan pejamkan matalah sejenak jika memang sudah tak tahan. Dosen atau atasanmu pasti paham, asal nggak keseringan

Jika 5 cara tadi ternyata nggak mempan juga, mau nggak mau kamu memejamkan mata sambil atur posisi tubuh senyaman mungkin. Tapi ingat, jangan terlalu lama karena kamu masih punya tanggungjawab pekerjaan yang harus diselesaikan. Cukup 5-10 menit saja, lalu mata dan tubuhmu akan terasa kembali fresh.

Daripada kamu seperti terpaksa bekerja dan menjalaninya ogah-ogahan, terapkan saja 6 hal tadi. Sederhana dan nyaris tanpa biaya, tubuhmu akan berangsur ‘ringan’ jika rutin melakukannya. Semangat, ya! 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya