Senyum aja ogah, apalagi nyapa. Hih, dasar jutek!

Banyak orang yang sering menerka-nerka bahkan menghakimi seseorang dari apa yang terlihat saja. Bukan hanya soal penampilan, melainkan raut muka atau ekspresi yang biasanya tampak secara kasat mata. Misalnya, kebanyakan orang akan menilai ibu-ibu muda yang cantik dan murah senyum sebagai sosok yang baik hati. Mereka nggak tahu kalau dibalik keramahan ibu muda ini, ternyata ia adalah orang yang tegaan. Who knows?

Nah, kenyataan ini nggak banyak diketahui oleh sebagian besar orang yang hanya melihat kepribadian seseorang hanya dari tutur kata atau bentuk fisik saja. Orang yang jutek pun tak luput dari cap ‘seram’, bahkan jahat. Padahal, banyak cewek-cewek bernada ketus yang sesungguhnya punya hati yang begitu mulia, penuh kasih, dan penyayang.

Biar kamu nggak salah menerka, inilah tanda-tanda bahwa cewek yang jutek juga bisa jadi seorang penyayang menurut Hipwee Tips!

1. Cewek jutek selalu menganggap punya teman sedikit tapi setia itu nggak apa-apa, dibanding mereka yang banyak tapi sama sekali tak berguna

punya teman yang setia via www.theodysseyonline.com

Advertisement

Sementara di luar sana banyak cewek yang punya banyak teman, cewek jutek ini hanya memiliki segelintirnya. Bagi mereka, kuantitas dalam pertemanan nggak lagi penting, kualitaslah yang jadi pegangannya. Nggak masalah buat cewek ini punya sedikit teman, asalkan mereka setia dan bukan teman yang asal-kenal-doang.

2. Bukannya sombong, mereka jarang minta bantuan karena terlanjur mandiri nggak mau merepotkan orang lain

lebih suka mandiri via www.huffingtonpost.co.uk

Banyak orang yang menganggap cewek jutek itu angkuh dan nggak mau diganggu hanya karena mereka selalu melakukan semua hal sendiri. Padahal, cewek ini hanya ingin mandiri dan nggak mau merepotkan orang lain. Pada saatnya nanti ketika memang butuh bantuan, mereka akan bilang, walau dengan nada yang (mungkin) sedikit nggak mengenakan.

3. Jujur dan blak-blakan itu lekat dengan diri mereka, karena bohong dan mengada-ada tak ada dalam kamusnya

suka blak-blakan via www.huffingtonpost.com

Mungkin cewek ini sering nyeletuk dan mengingatkanmu untuk nggak jadi orang yang menyebalkan. Cewek ini dengan lantang mengatakan soal kekuranganmu yang membuatnya dan orang lain menjadi nggak nyaman.

Kata-kata yang keluar dari mulutnya ini jujur apa adanya, walau sering bernada ketus dan menyakitkan. Namun, cewek ini mengutarakannya demi membuatmu berubah untuk jadi lebih baik.

4. Cewek jutek satu ini bukan tipe pengumbar ekspektasi. Dia selalu berjalan dan membantu orang lain dengan hati

tiba-tiba datang via imedia.ng

Ketika diminta kepastian untuk datang ke suatu acara tertentu, cewek ini jarang memberi jawaban yang menyenangkan. Kalau nggak “Lihat nanti, deh!” ya “Nggak janji, ya!”, jawaban-jawaban ini yang biasanya terlontar dari cewek jutek ketika ditanya soal kesanggupan.

Namun, siapa sangka kalau ternyata cewek ini tiba-tiba muncul pada saat hari-H dan menawarkan bantuan. Mereka inilah jagoannya, selalu datang di saat yang tepat!

5. Meski kelihatannya cuek dan tegaan, cewek ini selalu mendengarkan dengan serius dan peduli dengan apapun yang kamu bicarakan

langsung action via www.bustle.com

Di saat ada begitu banyak kekacauan yang terjadi, cewek jutek ini mungkin terlihat diam saja sehingga orang-orang akan mengiranya sebagai orang yang sangat cuek. Padahal, cewek ini benar-benar peduli dan mencari solusi dalam diam. Saat menemukan solusinya, barulah mereka angkat bicara dan bertindak. Keren, ‘kan?

6. Walau nggak punya bakat penghibur yang menyenangkan, pribadi jutek ini akan senantiasa ada disampingmu ketika dilanda kegundahan

Saat kamu punya masalah dan mendatangi cewek ini, mereka akan duduk di sampingnya dan menemanimu dalam diam, lalu mendengarkan ceritamu. Bukannya mereka nggak peduli, mereka hanya ingin kamu mengeluarkan seluruh keluh kesahmu, lantas mereka akan memeluk, menepuk-nepuk pundakmu, hingga akhirnya memberikan dukungan.

7. Mereka yang jutek sangat jarang menyapa teman-temannya. Tapi, mereka nggak pernah lupa hari ulang tahun dan selalu up to date tentang kabarnya

selalu ingat kamu via wallstreetbackuper.jimdo.com

Suatu saat kamu menyadari bahwa cewek ini jutek yang banyak dibenci ini sudah lama sekali nggak ngobrol denganmu. Ya, karena memang mereka bukan orang yang suka basa-basi. Namun, dengan nggak disangka-sangka, tiba-tiba cewek ini mengucapkan selamat di hari ulang tahunmu.

Atau, saat kalian dipertemukan dan berkesempatan untuk ngobrol, mereka akan membicarakan kabar terbarumu, pacar baru, dan hal-hal baru lainnya. Diam-diam mereka memperhatikanmu, memastikan kamu baik-baik saja.

8. Dendam bukan jadi tabiatnya. Memaafkan meski dalam diam, adalah prioritas utamanya

selalu memaafkanmu via theprayingwoman.com

Meski mereka kerap mengatakan, “pergi aja deh, kamu!” atau “udahlah nggak usah dibahas!” ketika sedang berseteru dengan orang lain. Tapi tanpa kamu ketahui, sesungguhnya mereka telah memaafkan orang tersebut sejak lama. Mereka hanya nggak ingin terlihat menye-menye dan mempertahankan sikapnya yang jutek, namun tangguh.

9. Jarang tersenyum sudah jadi kebiasaan yang susah dihilangkan. Namun dalam hatinya, PASTI orang-orang yang sangat dia sayang dan spesialkan

punya orang spesial di hati via www.huffingtonpost.com

Ya, cewek ini memang terkesan dingin. Wajahnya nggak pernah ada ekspresi dan terlihat datar saja. Tetapi jauh di dalam lubuk hatinya, mereka memiliki tempat untuk keluarga, teman-teman dekatnya dan orang yang mereka cintai.

Kalau kamu mengaku sudah dewasa, rasanya kurang etis menilai seseorang dari cover-nya saja. Melihat fakta bahwa kebutuhan dan jalan hidup masing-masing orang berbeda, di sinilah kamu dituntut untuk bijaksana. Pandai-pandai lah melihat situasi dan kondisi, maka kamu akan bisa memandang segala sesuatunya berdasarkan hati! 🙂

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!