Pernah ‘kan merasa deg-degan ketika diminta ngomong di depan orang banyak? Apalagi bagi kamu yang memang masih termasuk pemula. Saat puluhan, atau malah ribuan, pasang mata memandang, saat itu pula kamu pengen secepat-cepatnya turun dari panggung.

Merasa gugup sebelum bicara di depan publik itu wajar. Tapi kalau berlebihan juga berbahaya. Bisa-bisa pesan yang ingin kamu sampaikan malah gak didengerin.

Untuk menghindari hal itu, berikut Hipwee kasih kamu beberapa tips untuk mengontrol rasa gugup dan menaikkan rasa percaya dirimu:

1. Ambil Topik Yang Kamu Pahami

Pilih Topik yang Menarik dan Kamu Mengerti via momitforward.com

Pilih topik yang menarik bagi kamu, hal yang kamu paham banget. Bikin materi pidato dengan topik yang kamu kenal, kasih sedikit humor, pengalaman pribadi dan sekali-sekali ajak pendengar berdialog. Dengan begitu kamu gak bakal blank saat berbicara.

2. Latihan, Lalu Latihan Lagi

Advertisement

Ingat! Practice Makes Perfect via 2.bp.blogspot.com

Latihan kayak kamu benar-benar diatas panggung, bukan di depan cermin. Jika kamu akan memakai alat (komputer, slide) latih juga penggunaannya.

Atur nafas dan jeda. Gunakan timer kalau jatah bicara kamu dibatasi.

3. Penampilan Itu Penting

Penampilan Itu Penting via www.lifecoachcode.com

Jika kamu berkegiatan di bidang yang mengharuskan kamu bicara di depan publik, maka penampilan itu sangat penting. Ada banyak orang akan lihat tampang kamu, pastiin kamu terlihat oke. Semakin rapi dandanan kamu, kamu juga semakin terlihat siap dan profesional.

4. Kenali Audiens

Kepada Siapa Kamu Bicara? via 2012books.lardbucket.org

Kamu musti paham dan kenal dengan penonton/pendengar kamu bicara. Do Your Homework, cari tahu di forum apa kamu bakal bicara, tanya ke panitia jumlah orang yang akan hadir. Kalau perlu datang lebih awal ke tempat acara, lalu bersalam sapa dengan audiens-mu.

5. Paham Dengan Ruangan

Cek Venue dan tata suara jika perlu via www.arch2o.com

Datang lebih awal, lihat situasi venue kamu menyampaikan pidato atau presentasi. Apakah di ruang serba guna atau di ruangan seluas lapangan sepakbola? Cek juga kesiapan tata suara dan microphone. Semakin paham kamu dengan keadaan panggung, smakin nyaman kamu menyampaikan pesan.

6. Kamu Luar Biasa!

Bayangkan Kamu Menginspirasi Orang via www.ianwalshaw.com

Bayangkan dirimu di podium, menyampaikan pidato berapi-api, menginspirasi banyak orang, lalu disambut dengan standing ovation. Jangan bayangkan kamu terbata-bata dan gagal di podium. Jika kamu membayangkan dirimu gagal, kamu mungkin akan gagal beneran.

7. Mereka Juga Bilang Kamu Luar Biasa

Mereka Datang Demi Kamu via 4.bp.blogspot.com

Sadar gak? Audiens sengaja datang untuk menyaksikan kamu bicara. Mereka ingin mendapat ilmu, semangat. Mereka berharap bisa mendengar kisah kamu. Jadi beri mereka sesuatu yang menginspirasi dan menghibur.

8. Tetap Tenang

Tenang dan Santai via publicspeakingtraining.ie

Mulai dengan menyapa penonton, gunakan semangat mereka untuk menghilangkan kegugupanmu. Senyum, jangan lupa bernafas dan ambil jeda jika perlu.

9. Main Mata Dengan Audiens

Tanpa Kontak Mata, Seperti Tanpa Persiapan via www.ianwalshaw.com

Penonton akan yakin dengan pembicara yang melihat langsung ke mata, jadi pandangi audiens ketika kamu bicara. Jang melihat ke lantai, gak ada apa-apa di sana. Melihat catatan terus menerus juga gak bagus, kamu kelihatan gak ada persiapan. Tegakkan kepala, bikin mereka yakin dan percaya dengan apa yang kamu bicarakan.

10. Gak Perlu Minta Maaf

Terus Mengalir via sandykayepresents.com.au

Gak usah minta maaf karena kamu merasa gugup. Kalau lupa mau ngomong apa, tetap tenang, lompat ke part pidato berikutnya. Mereka gak bakalan tahu, kok.

11. Boleh Melucu, Asal…

Kamu sangat dianjurkan melempar beberapa joke asal tetap fokus pada pesan yang ingin kamu sampaikan. Melucu hanya untuk memecahkan kebekuan, lalu kembali ke pidato.

12. Tambah Jam Terbang

Steve Jobs Dibentuk Oleh Pengalaman via blog.skcript.com

Tambah pengalamanmu di atas podium. Pengalaman akan menambah rasa percaya diri kamu.

Tuh, gak perlu takut lagi kan kalau diminta bicara di depan orang banyak?