Kita selalu mengandalkan otak dalam menjalankan kehidupan kita. Banyak sekali pekerjaan yang membutuhkan kerja otak yang maksimal, seperti berhitung, menghapal, berbicara, mengingat, dan lain sebagainya. Namun karena gaya hidup yang seringkali memanjakan otak untuk tidak banyak bekerja, membuat kita kehilangan kemampuan untuk berpikir seperti biasanya.

Bukankah akan luar biasa rasanya jika kita punya kemampuan otak yang maksimal? Untuk itu rajinlah latih otakmu dengan kegiatan-kegiatan ini, agar kekuatan otakmu semakin bertambah.

1. Kita adalah makhluk yang ditakdirkan untuk bercerita. Saat berusaha mengingat sesuatu, menceritakannya akan membuatmu lebih ingat akan hal itu

Latihan dengan cara membuat aktivitas yang membuat kita mengingat dan menyimpan informasi di memori kita, setelahnya kamu diskusikan apa yang sudah kamu ingat tersebut dengan orang lain. Misalnya saja dengan cara mengingat detail jalan cerita pada film yang kamu tonton, lalu kamu diskusikan atau ceritakan kembali dengan temanmu yang juga menonton film tersebut. Proses dari aktivitas mengingat dan review yang kamu lakukan, akan dapat menambah kerja otakmu lebih baik dari sebelumnya. Tak hanya dengan menonton film, dengan berlibur lalu menceritakan detail liburan pada orang lainpun akan mempunyai efek yang sama pada otakmu.

2. Mainkan berbagai permainan asah otak, seperti sudoku dan catur

Permainan mengasah otak via tarangfest.com

Jika kamu penggemar permainan atau game kamu bisa mencoba berbagai permainan yang bisa mengasah otakmu. Permainan yang berhubungan dengan hitung-hitungan seperti sudoku dan yang membutuhkan daya berpikir dan strategi seperti catur bisa membantumu melatih otak secara maksimal.

Advertisement

Tak hanya permainan yang bisa kamu mainkan secara fisik, kamu juga bisa mengunduh permainan asah otak di gadget milikmu. Saat ini sudah banyak lho permainan yang memang ditujukan untuk melatih otak. Jadi jangan cuma memainkan game yang menghibur saja, tapi juga yang membuat kita melatih otak supaya lebih cemerlang.

3. Semakin kamu gunakan otakmu, semakin baik juga performanya di kemudian hari. Buka dirimu untuk belajar hal-hal baru

Belajar hal baru via sevenspark.com

Memang sudah jelas rasanya bahwa agar otak semakin cerdas maka kita harus menggunakannya sesering mungkin. Belajar hal baru juga merupakan salah satu kegiatan yang dapat melatih otak. Selain menarik, karena dapat membuat kita mengetahui banyak hal baru, otak pun akan menjadi lebih terlatih. Kamu bisa mempelajari berbagai hal seperti alat musik yang belum pernah kamu pelajari sebelumnya, belajar bahasa asing, atau juga membaca koran, artikel, maupun buku. Selain itu penelitian juga menunjukkan bahwa belajar menari atau berdansa berdampak sangat baik bagi otak dan mencegah lansia dari penyakit Alzheimer. Efek yang cukup baik bukan?

4. Latihan fisik bukan hanya untuk kebugaran tubuh semata, namun juga dapat melatih otakmu

Olahraga agar otakmu fresh dan bekerja lebih baik via metrovaartha.com

Dengan latihan fisik atau berolahraga kita dapat memperoleh oksigen yang sangat baik bagi tubuh dan juga otak, karena oksigen juga membantu memperlancar sistem aliran darah kita. Jika kamu ingin otakmu lebih cepat dalam belajar dan tingkat kewaspadaanmu bertambah, semuanya bisa kamu dapatkan dengan menggerakkan badanmu. Hal ini karena olahraga dapat membantu otakmu untuk membuat sambungan neural baru yang dapat saling berhubungan dengan lebih cepat, sehingga kinerja otakmu pun akan semakin bertambah.

5. Mendengarkan musik klasik juga bisa membantu mengaktifkan lebih banyak sel di dalam otakmu dan kamu pun bisa berpikir lebih jernih

Mendengarkan musik klasik via 8share.com

Alunan suara pada musik klasik terdiri dari suara-suara yang berasal dari banyak instrumen yang berbeda. Suara alunan musik yang kompleks tersebut, terbukti dapat mengaktifkan lebih banyak sel di dalam otakmu sehingga otakmu bekerja dengan lebih baik. Terlebih aransemen musik yang diciptakan oleh Beethoven atau Bob Seger. Jenis musik seperti ini juga bisa mengurangi stres, meredakan rasa sakit, bahkan bisa juga membantumu mengatasi insomnia.

6. Jangan murung atau mengurung diri. Pikiranmu akan bertambah jernih dengan banyak sosialisasi dan tertawa selebar-lebarnya

Perbanyak sosialisasi dan tertawa via haynewsblog.ru

Bersosialisasi dengan berbicara dengan orang lain dapat membuat fungsi otakmu menjadi lebih baik. Karena dengan mengobrol dan membangun koneksi dengan orang lain bisa juga sebagai jalan untuk kita lebih memahami dan memproses semua pikiran kita. Selain itu juga bisa dengan tertawa. Tertawa pada suatu candaan, humor ataupun komedi yang kita lihat, dapat membuat otakmu menjadi lebih kreatif. Kamu pun akan merasa kewaspadaanmu akan meningkat, lebih aktif, dan semangat setelah menonton komedi.

7. Agar fungsi otakmu selalu terjaga, mulai sekarang kurangilah porsi waktu menonton televisi

Kurangi menonton tv via www.suezgate.com

Saat kamu menonton TV, otakmu dalam keadaan yang netral. Dalam suatu studi, dikatakan bahwa orang yang menonton tv mempunyai gelombang alpha yang meningkat di otaknya sehingga pikirannya menjadi pasif, hal ini sama dengan orang yang hanya duduk diam dalam kegelapan di suatu ruangan. Nggak mau kan, otakmu jadi terlalu banyak pasif dan tak terasah?

Rawatlah selalu kebugaran performa otakmu. Tanpa otak, kita bukan siapa-siapa!