Masalah kaki, tangan atau bagian tubuh lain yang belang mungkin menjadi momok tersendiri buat sebagian besar orang, baik cowok maupun cewek. Nggak cuma bikin minder dan malu, bagian tubuh yang belang khususnya kaki bisa membuat penampilanmu kurang sedap dipandang.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya jika sudah terlanjur belang?

Ya, meski butuh perjuangan yang cukup berat, menghilangkan bagian tubuh yang belang tetap tak sesulit yang dibayangkan. Cukup bermodal bahan-bahan alami dan lebih banyak ketaletenan, kaki atau bagian tubuh lain yang belang dijamin bisa sirna perlahan. Yuk, cegah dan atasi bersama cara-cara dari Hipwee Tips berikut ini!

1. Kamu disarankan untuk rutin luluran dengan scrub stroberi. Bahan ini sangat baik, karena mengandung vitamin C serta antioksidan tinggi

scrub stroberi via dottera.com

Stroberi mengandung banyak sekali vitamin dari mulai vitamin C, K, B5, B6, magnesium, omega 3, mangan, folic acid, potasium, sampai riboflavin.

Advertisement

Buah ini juga mengandung fitonutrient dan antioksidan yang menangkal radikal bebas. Kandungan ini akan menutrisi kulit dengan baik dari mulai melembabkan, menghaluskan, hingga mengangkat sel-sel kulit mati. Lulur stroberi mampu memperlancar aliran darahmu juga.

Kamu bisa beli lulur stroberi ini di swalayan-swalayan, atau bikin sendiri dengan cara dijus.

2. Dengan mencampurkan air kelapa dan garam, katakanlah selamat tinggal pada kakimu yang belang

minyak kelapa dan garam via thesaltlaketibune.com

Manfaat air kelapa untuk mencerahkan kulit mungkin masih jarang kamu dengar, padahal air kelapa kaya akan nutrisi yang bisa memutihkan sekaligus melembutkan kulitmu, lho.

Kamu bisa merendam kakimu yang belang selama 10-15 menit dalam air kelapa atau mencampurkannnya dengan garam untuk dijadikan lulur. Oleskan lulur pada bagian kaki yang belang sebelum membilasnya dengan air. Lakukan 1 kali dalam seminggu, ya!

3. Berkat kandungan asam glycolic-nya, gula merah pun bisa mengembalikan kaki belangmu ke warna semula

Gula merah via into-mind.com

Gula merah adalah bahan alami yang mampu mengangkat sel kulit mati sehingga kakimu yang belang bisa lebih lembut dan tampak berkilau. Gula merah juga memiliki zat antibakterial dan asam glycolic yang bisa menjaga kulitmu dari radikal bebas. Bisa juga melembabkan kulit dan menjaganya dari racun, lho!

Lelehkan gula merah secara perlahan dan campurkan dengan minyak zaitun agar bisa lebih melembabkan. Gunakan secara rutin 🙂

4. Oleskan lemon yang kaya akan vitamin C untuk menambah daya tahan kulitmu, sekaligus memutihkan area kulit yang belang

Lemon via rd.com

Kaya akan vitamin C yang mampu menambah daya tahan kulit membuat lemon dipercaya sebagai bahan pemutih alami, termasuk untuk menghilangkan daerah yang menghitam alias belang di kakimu. Kandungan tersebut akan meregenerasi sel kulit sehingga memudarkan warna gelap.

Cara menggunakannya sangat mudah, kamu cukup membelah lemon menjadi dua bagian lalu oleskan pada area yang belang secara merata. Tunggu selama 5 menit dan lakukan secara rutin selama 3 kali sehari, baiknya sih sebelum mandi. Kalau sudah bisa rutin, impianmu punya kulit yang merata dan segar akan segera terwujud!

5. Beda harga tapi punya fungsi sama, kamu bisa mengganti lemon dengan jeruk nipis saja

Jeruk nipis via lovecraft-beauty.com

Jeruk nipis mengandung senyawa asam yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit secara alami.

Nah, ini bisa kamu manfaatkan untuk mencerahkan kulit tangan dan kakimu. Selain lebih cerah, kulitmu bisa jadi lebih halus juga. Caranya bisa seperti jeruk lemon yang dibelah jadi dua lalu diusapkan atau dibuat air rendaman kaki seperti pada gambar.

6. Ingin bahan yang lebih lembut? Cobain deh lulur kentang bikinan sendiri!

lulur kentang via kwhomeopathicmedicine.com

Lulur kentang memiliki manfaat untuk menghilangkan flek hitam dan mencerahkan kulit. Pada kulit yang belang, lulur kentang bisa menghilangkan dampak pancaran sinar matahari langsung dan juga debu. Haluskan beberapa kentang sesuai kebutuhan, letakkan di area yang kehitaman, tunggu beberapa menit, baru setelah itu gosok perlahan. Lakukan selama dua hari sekali saja ya!

7. Murah dan mudah! Lulur alami pakai tomat

Tomat mampu menyamarkan hingga menghilangkan kulit belang karena kandungan vitamin C-nya.

Cukup haluskan tomat menjadi jus lalu oleskan pada kulit yang belang da diamkan selama 10 menit. Lakukan secara rutin paling tidak 3 kali sehari untuk hasil yang jauh lebih optimal. BTW, tomat bisa jadi obat jerawat untuk wajahmu juga, lho!

8. Sabun pepaya, skincare legendaris yang mampu menghilangkan belang-belang jahat di kakimu

Sabun pepaya via bohol-bee-farm.com

Kalau kamu nggak punya sabun pepaya, kamu bisa menggantinya dengan jus pepaya, kok. Kandungan vitamin E pada pepaya sangat baik untuk kulit termasuk bisa membantu memutihkan kulitmu yang belang. Gunakan sabun dan ikuti dengan pijatan lembut. Lalu diamkan sesaat sebelum dibilas dengan air dingin.

9. Warisan dari nenek moyang yang nggak boleh kamu lewatkan. Kunyit dan sejuta khasiatnya akan bikin kulitmu nggak belang lagi

Rempah-rempah yang satu ini mengandung curcumin yang bisa menjaga kesehatan kulitmu, sekaligus juga kaya akan pigmen kuning untuk membantu memutihkan kulit kaki yang belang.

Caranya sangat mudah, haluskan kunyit dan oleskan ke seluruh bagian kaki, diamkan selama 10 detik lalu bilas dengan air hangat sampai bersih.

10. Berkat kadar kelembabannya yang tinggi, minyak zaitun layak kamu gunakan sebagai kunci penghilang belang di kaki

minyak zaitun via californiaoliveranch.com

Meski kulit kaki cenderung lebih tebal dibandingkan lapisan kulit lainnya, minyak zaitun ternyata tetap mampu mencerahkannya. Balurkan minyak zaitun pada bagian yang cenderung kusam dan diamkan sesaat sebelum kamu bilas menggunakan air.

11. Last but not least, madu juga harus kamu jadikan andalan karena manfaatnya nggak bisa diragukan

Madu sudah lama dikenal sebagai bahan perawatan kulit yang ajaib. Dari mulai memutihkan, melembabkan, hingga menghilangkan bekas jerawat. Tapi, kamu harus memilih madu asli yang berkualitas untuk mendapatkan semua manfaat itu.

Oleskan pada kulit kaki untuk menghilangkan belang dan pijat dengan lembut. Terakhir, bilas dengan menggunakan air hangat.

FYI, kamu juga bisa memanfaatkan ampas bekas kopi dan teh untuk lulur kaki, manfaatnya sama luar biasanya. Dari pada dibuang sayang ‘kan? Selain menjaga kulit dari luar dengan body lotion ber-SPF, kamu juga perlu memperhatikan asupan makanan yang mampu menjaga kulit dari dalam, banyakin minum air putih dan jus buah juga, ya.

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!