Setiap hari kita disibukkan dengan banyak aktivitas yang bisa membuat kita jenuh. Sayangnya, tak semua kejenuhan itu bisa dihilangkan dengan hiburan yang itu-itu saja. Saat kamu menyalakan televisi misalnya, yang kamu temukan justru berita yang diulang-ulang atau sinetron yang malah membuat hatimu kesal.

Sebenarnya, masih banyak kok cara lain yang bisa kamu lakukan ketika ingin merilekskan pikiran. Tak harus jauh-jauh pergi liburan atau melakukan hal-hal menyenangkan yang menguras kantung. Di artikel kali ini, Hipwee bagikan cara-cara sederhana agar kamu bisa rileks tanpa mengeluarkan dana.

1. Mulailah dengan lari pagi agar pikiranmu lebih rileks sebelum menjalani rutinitas sehari-hari

jangan malas nikmati pagi via outdoor-health.sportsxfitness.com

Ketika pagi hari tiba, saatnya kamu membuka tirai jendela, menghirup udara pagi, beranjak keluar dari kamar, dan menikmati setiap detik yang datang. Cobalah jalan-jalan di mengelilingi komplek perumahanmu, menyapa tetangga-tetangga yang tak sempat kamu temui di hari biasa. Nikmati matahari terbit di ufuk timur langit. Jangan malas untuk beraktivitas! Ketika pada pagi hari saja kamu sudah tak bersemangat, sisa harimu selanjutnya akan terasa memberatkan.

2. Saat hari libur, tak ada salahnya menanggalkan riasan dan menjauhkan gawaimu seharian

Hanya kamu dan dunia via www.kirsty-yoga-marbella.com

Advertisement

Kamu doyan bersolek? Tiap hari peganganmu adalah telepon pintarmu? Jauhkan itu semua hanya dalam satu hari saja. Tidak banyak, kok. Satu hari saja.

Belajarlah menikmati momen yang menghampirimu, tanpa harus ada status Facebook atau kicauan Twitter yang mengganggu. Buatlah janji berdua dengan dirimu sendiri dan dunia. Gunakan waktumu satu hari penuh tanpa gangguan orang lain. Pasti kamu akan merasa lebih rileks.

Merasa tidak mampu? Coba deh bayangkan suku Badui Dalam. Tanpa gangguan teknologi dari luar, mereka masih bisa hidup kok. Kalau mereka bisa begitu seumur hidup mereka, kamu pasti juga bisa bebas gawai satu hari saja.

3. Tersenyum dan tertawa adalah cara paling gampang merilekskan pikiran tanpa perlu keluar uang

senyumlah! via favim.com

Senyum dan pasanglah muka gembiramu. Kenapa? Karena kamu bisa 🙂

Walau hatimu sedang semrawut dan otakmu sedang kusut, tersenyumlah. Cobalah untuk menonton TV komedi atau mengobrol dengan temanmu yang berjiwa jenaka. Pasti dia bisa membuatmu tertawa dan sedikit lebih bahagia.

4. Jangan cuek dengan sekitarmu, karena kebiasaan menyapa orang lain bisa jadi menghilangkan penat di kepalamu!

“Pagi, Pak!”

“Pagi, Bu!”

Terkadang kita suka lupa dengan ucapan sesederhana ini. Padahal dibalik sapaan ini terkandung makna besar yang bisa membuat jiwa kita lebih bersemangat menghadapi aktivitas sepanjang hari.

Contoh saja satpam kampusmu, yang doyan menyapa para mahasiswa yang masuk pagi. Padahal kerjaan beliau itu tidak ringan, lho. Tapi beliau masih menyempatkan diri menyambut kita dengan senyum sumringahnya. Dia rileks dan bahagia, sementara mahasiswa yang disapa pun bisa jadi semangat.

5. Mulai dari metal hingga dangdut, apapun jenis musik yang kamu suka dengarkan saja!

dengarkan musik favoritmu via www.mrwallpaper.com

Musik adalah cara paling sederhana untuk membuatmu rileks. Ditambah lagi kalau kamu ditemani segelas teh hangat dan kudapan favoritmu. Hanya dengan tiga hal itu saja, bahagia akan datang dengan sendirinya. Nikmati lagu di telingamu, dan resapi suasana yang kamu ciptakan sendiri.

6. Bosan dengan hal yang itu-itu saja? Coba rute baru saat menuju kantor atau kampusmu

cari rute baru via www.huffingtonpost.com

Kalau biasanya kamu pergi ke kantor atau kampus dengan jalur yang itu-itu saja, ini saatnya kamu mencoba rute baru. Ini juga berlaku dalam hal waktu. Kalau biasanya kamu pergi jam 8. 15, coba berangkat lebih awal. Pasti ada sensasi tersendiri yang kamu rasakan. Kamu pun punya waktu lebih untuk menangkap hal-hal baru yang bisa membuatmu tersenyum di pagi hari.

7. Jangan ragu menjajal resep masakan baru, karena cara ini ampuh mengusir stres dalam dirimu

coba resep baru via blog.myfitnesspal.com

Jangan pernah takut mencoba hal baru, termasuk urusan masak-memasak. Coba cari resep masakan yang belum pernah kamu coba sebelumnya. Kalau kamu penasaran membuat bubur Manado, buatlah bubur itu! Pergi ke pasar, beli bahan makanannya, dan cobalah memasak.

Saat kamu memasak dan mencoba resep baru, ada perasaan penasaran dan kamu semakin ingin membuat masakan yang terbaik. Alhasil, rasanya lumayan enak dan hati senang. Kalau rasa kurang pas di lidah, jangan putus asa!  Dicoba lagi saja! 🙂

8. Melihat polah tingkah hewan kesayangan itu menyenangkan, maka beruntunglah kalian yang di rumahnya punya binatang peliharaan

si anjing kesayangan bisa jadi obat rileksmu via video.vanityfair.com

Binatang peliharaanmu bisa menjadi penyelamat di kala kamu suntuk. Ajak anjing peliharaanmu berjalan-jalan sore, menikmati taman kota, dan bermain bersama. Tingkahnya yang lucu dan menggemaskan bisa membuatmu tersenyum. Kamu jadi terhibur dengan tingkah laku bodohnya atau bentuknya yang menggemaskan. Tubuhmu kembali merasakan kesegaran dan kamu pasti lebih merasa bahagia dari sebelumnya.

9. Agar tubuh dan pikiran kembali segar, kamu bisa membiasakan diri untuk tidur lebih awal

tidur lebih awal via wellness.wellcall.com

Kamu terbiasa tidur jam 11 malam atau jam 12 malam? Saatnya kamu ubah pelan-pelan kebiasaan itu. Semakin malam kamu tidur, waktu tidurmu akan berkurang. Kamu harus bangun jam 6 pagi untuk bersiap-siap ke kampus atau ke kantor, jadinya tubuhmu cepat lelah dan mengantuk di tempat kerja. Kamu menjadi tidak rileks dan lelah.

Cara simpel supaya kamu rileks dan segar kembali adalah dengan tidur lebih awal dari biasanya. Berikan waktu untuk tubuhmu beristirahat lebih panjang. Jika tubuhmu segar, pikiranmu juga kembali segar dan kamu bisa melakukan aktifitasmu dengan penuh semangat.

10. Karena stres itu datangnya dari pikiran, sebaiknya berhenti memikirkan hal-hal negatif yang bisa membuatmu tertekan

kontrol pikiranmu via emilysquotes.com

Apakah kamu merasa gelisah sehingga membuat tubuhmu tidak rileks dalam beraktifitas? Sekarang, pikirkan lagi, hal apa yang membuatmu tidak rileks? Apakah kamu khawatir dengan pekerjaanmu yang belum selesai? Atau, kamu khawatir dengan banyaknya tugas sekolah atau kuliah yang ada?

Semua perasaan khawatir itu pasti berawal dari otakmu. Semakin kamu khawatir akan sesuatu, maka kamu tidak bisa rileks. Perasaan-perasaan negatif itu muncul karena kamu terlalu banyak berpikir dan mengakibatkan otak dan tenagamu terkuras. Badanmu jadi cepat lelah dan kamu tidak bisa menikmati kegiatan yang kamu lakukan.

Kuncinya ada di kontrol pikiran. Saat kamu bisa mengontrol pikiranmu, kamu bisa menjadi lebih tenang. Pejamkan mata 30 detik saja, lalu tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan perlahan. Nikmati setiap tarikan nafas yang kamu rasakan dan hembusan nafas yang kamu keluarkan. Camkan di pikiranmu: semua akan berjalan dengan lancar. Sungguh, tak ada hal yang perlu kamu cemaskan.

Untuk merasakan rileks itu nggak perlu jauh-jauh liburan ke pantai atau ke luar negeri kok. Cara-cara ini bisa kamu lakukan di rumahmu tanpa harus menghabiskan banyak waktu dan uangmu. NAMASTE! 🙂