Band atau penyanyi favoritmu bakal konser di Indonesia? Kalau lagi ada rezeki, pastinya kamu gak mau ketinggalan melihat mereka tampil di depan matamu langsung. Dengan begini, kamu pun bisa lihat dari dekat sekeren apa performa panggung mereka, atau secakep apa sih orang yang sudah dari dulu kamu idolakan. Pasti kamu sudah nggak sabar.

Tapi sebelum pergi nonton konser, banyak hal yang perlu ketahui dan persiapkan. Terutama bagi kamu yang belum pernah pergi ke konser sebelumnya. Nonton konser itu ada seninya tersendiri! Maka dari itu, kali ini Hipwee akan mengupas tips-tips yang bisa kamu ikuti untuk mendapatkan pengalaman konser yang paling “berseni”.

1. Supaya Nggak Rugi Materi, Belilah Tiket dari Jauh-Jauh Hari

Yeeaaah, dapat tiket murah! via pixelatedbrains.com

Tiket konser itu gak murah. Kamu mungkin perlu menabung berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun, untuk melihat artis kesayanganmu secara langsung. Tapi tahukah kamu bahwa biasanya harga yang lebih miring bisa kamu dapatkan dengan memesan tiket lebih awal?

Pihak promotor seringkali menetapkan periode pre-sale untuk mengobral harga tiket. Periode ini biasanya dibuka 30 hari sebelum hari penjualan asli. Tujuannya, memastikan bahwa jumlah penonton . Periode pre-sale ini biasanya hanya berlangsung sebentar dengan jumlah tiket yang dijual terbatas. Maka dari itu pastikan kamu terus mendapatkan informasi dan perkembangan terbaru dari konser yang sudah kamu “bidik”. Hanya dengan sedikit informasi dan usaha, kamu bisa menghemat sampai ratusan ribu.

2. Beli Tiket yang Sesuai Kocek dan Kenyamananmu

Advertisement

Sesuaikan harga tiket dengan kenyamanan yang akan kamu dapatkan via hashmag.gr

Pilihan tiketmu bakal sangat mempengaruhi pengalaman konsermu. Jangan dikira ini cuma masalah duit doang lho! Menjatuhkan pilihan kelas VVIP, VIP, festival, atau tribun itu gak selamanya karena masalah duit. Kamu harus menentukan dulu: pengalaman konser idealmu itu yang gimana sih?

Kamu mau duduk ongkang-ongkang kaki kayak bos?

Duduk ongkang-ongkang ala bos via media.tumblr.com

Apakah kamu lebih senang duduk nyaman dan dapat pemandangan penuh dari panggung? Ya sudah, beli tiket yang akan memberikanmu tempat duduk dan akses nyaman seperti VVIP atau VIP.

Satu catatan: kursi di konser itu belum tentu bernomor. Nah, kalau begitu, kamu harus datang lebih cepat — demi dapat tempat duduk yang lebih dekat dari panggung!

Atau kamu lebih suka yang begini?

Senggol sana, senggol sini di depan panggung via 33.media.tumblr.com

Kalau kamu memang lebih suka jingkrak-jingkrak bareng penonton lain di depan panggung, pilih saja tiket festival. Tapi ingat: karena harus berdiri terus selama konser, kelas ini lebih sesuai buat kamu yang nonton konser rame-rame, bukan sendirian. Ini juga berlaku buat kamu dengan kocek terbatas dan gak punya pilihan selain tiket yang termurah.

Terlihat ‘kan, bagaimana tiap kelas menawarkan pengalaman yang berbeda satu sama lain?

3. Jangan Sampai Telat, Tapi Jangan Kepagian Juga

Kalau kelamaan nunggu, kamu bisa bergelempang di tanah via drinkingitallindotcom1.files.wordpress.com

Ini mungkin adalah tips yang paling penting tapi paling sering disepelekan dalam menonton konser. Jangan cuma mengandalkan jam buka gerbang atau jam konser dimulai sebagai patokan kapan kamu harus berangkat ke tempat konser. Banyak hal lain yang harus kamu pertimbangkan.

Pertama, pilihan tiketmu. Biasanya, tiap kelas tiket punya pintu masuk sendiri-sendiri. Ada baiknya kamu riset-riset kecil dulu dimana pintu masuk kelasmu, supaya nanti gak salah antri.

(Yup, biasanya kamu harus antri dulu untuk masuk ke tempat konser.)

Kalau kamu beli tiket duduk yang memang sudah ada nomor kursi, gak perlu datang cepat-cepat untuk antri masuk. Tapi kalau memang kamu sudah niat lihat konser berdiri dan bisa dekat sama panggung, ya siapkanlah dirimu untuk berebut. Biasanya yang terlambat antri untuk kelas seperti ini bakal kebagian kegencet doang. Jadi, penting untuk memperkirakan waktu berangkat sesuai kelas tiketmu.

Jangan. Sampai. Telat. Nanti kamu kegencet. via 1.bp.blogspot.com

Kedua, pertimbangkan juga moda transportasimu. Ingat, ratusan sampai ribuan orang pada yang saat yang sama juga berusaha datang ke tempat konser itu bareng kamu. Jangan lupa alokasikan waktu khusus untuk cari parkir atau mengantisipasi macet di jalan menuju konser.

Nah, kalau datang di waktu yang tepat, kamu bisa santai-santai dulu. Beda dengan datang kepagian yang membuatmu capek nunggu, atau datang telat yang membuatmu kegencet-gencet. Masa’ belum mulai konser sudah capek duluan?

4. Ini Dia yang Wajib Kamu Bawa…

Kalau perlu tempel tiketnya dimukamu via 4.bp.blogspot.com

Pertama, bawalah tiketmu! Memang kelihatannya jelas banget, tapi banyak juga lho orang yang sering lupa kertas yang satu ini. Kalau kamu punya e-ticket sih gampang, tinggal unduh via surel. Tapi kalau tidak, sebaiknya foto tiketmu dengan HP. Ini supaya kamu bisa meng-klaim tiket ketika kamu lupa membawanya atau keburu menghilangkannya.

Bawa dua HP sekalian via letsrestycle.com

Kedua, bawalah barang-barang esensial seperti dompet, HP, dan powerbank. Kamu harus punya alat komunikasi aktif, terutama kalau datang bareng orang tua atau teman. Akan gampang banget bagi kalian untuk terpisah di tengah kerumunan para penonton konser.

Satu catatan: sinyal HP di area konser biasanya jelek banget. Jadi penting untuk seluruh anggota keluarga atau gengmu untuk menentukan tempat dan waktu berkumpul jika kalian benar-benar terpisah.

Tempat konser itu bakal panas! Panas dari semangatmu plus ribuan keringat orang nyampur jadi satu via randomsoju.files.wordpress.com

Terakhir, siapkan benda-benda yang bakal membantumu menghadapi rasa sumpek, panas, dan capek, misalnya saja kipas, permen, dan tisu basah. Kalau memang kamu perlu mengantri dalam waktu lama di luar arena, penting juga membawa pelindung seperti payung atau topi.

5. Perhatikan Juga Barang-Barang yang Nggak Boleh Kamu Bawa

Jangan coba-coba! via www.dotcom-monitor.com

Nggak semua barang bisa kamu bawa ke arena konser. Sebagian penyelenggara, misalnya, bakal melarang kamu membawa barang-barang ini:

  1. Senjata tajam
  2. Narkoba
  3. Kamera
  4. Makanan dan minuman

Bisa lah, kita hidup tanpa senjata tajam sama narkoba. Tapi gimana dengan kamera? Masa’ kita bakal lihat artis yang selama ini cuma bisa kita saksikan di TV, tanpa boleh mendokumentasikan mereka?

Tapi jangan khawatir! Kalau memang promotor konsermu nggak memperbolehkan kamu bawa kamera, pakai saja kamera HP. Dengan kecanggihan ponsel zaman sekarang, bawa kamera gak perlu-perlu amat. Asal kamu nggak memakai flash ketika mengambil gambar, kamu masih bisa tetap melakukannya.

Jangan malah menyelundupkan kamera, karena percuma. Isi tasmu toh bakal dicek di pintu masuk.

Siapa tahu bintang favoritmu justru bakal pinjam HP untuk foto-foto sendiri. Ahhhhh! via 25.media.tumblr.com

Nah, kalau perihal makanan dan minuman memang agak pelik, sih.

Kasihan deh kalian gak bisa minum via cdn.gifbay.com

Nonton konser itu butuh energi, dan kemungkinan besar kamu bakal lapar dan haus selama acara. Kalau di tengah-tengah konser kamu mengalami dehidrasi dan pingsan, bisa bahaya banget tuh! Jadi pastikan kalau kamu makan dulu, ya.

Kamu mungkin banget sih menyelundupkan makanan dan minuman. Tapi Hipwee gak bisa kasih tahu caranya, karena itu melanggar aturan. Hehehe… pokoknya gunakan kreativitasmu saja. Dan ingat, larangan membawa makanan dan minuman dibuat untuk menjaga kebersihan tempat konser. Jadi jangan pernah membuang bungkus makanan atau botol sembarangan kalau kamu memutuskan menyelundupkan kudapan atau soda.

Kalau mau jadi anak patuh, di dalam area konser sendiri biasanya akan ada yang menjual makanan dan minuman. Tapi, barang-barang yang biasanya dijual pas setelah pintu masuk ini biasanya dibanderol dengan harga selangit. Terserah kamu aja deh mau gimana.

7. Pakailah Baju Yang ‘Waras’ dan Biasa Aja.

Biarpun cuma T-Shirt, kan tulisannya yang mentereng via www.jedicraftgirl.com

Ingatlah, kamu akan menonton konser di tengah lautan manusia. Kamu juga gak akan biasa leluasa keluar masuk cari angin. Jadi jangan menyulitkan dirimu dengan berpakaian atau menggunakan make-up secara berlebihan. Pilihlah baju sederhana yang bisa menyerap keringat dan tidak akan menghalangi kamu untuk bergerak.

Jika memang kamu harus bergaya, pilihlah gaya yang paling sesuai untuk konser tersebut. Misalkan, t-shirt spesial band tersebut. Jangan bergaya heboh atau memakai banyak aksesoris, karena orang lain justru akan menganggapmu salah konstum.

Apalagi, sebagian besar konser dilaksanakan dalam kegelapan. Siapa juga yang bisa lihat dandananmu dalam gelap?

8. Bawa Juga Tas yang Bisa Menggelantung di Badanmu Tanpa Usaha

Mau tangan ke atas atau ke bawah, tas tetap bisa nangkring di badan via www.wgsn.com

Jangan mau direpotkan oleh tasmu. Kalau jatuh dari pegangan ke lantai auditorium, pastinya tas kesayanganmu bakal diinjak-injak orang. Jadi pakailah tas selempang atau tas punggung kecil daripada tas jinjing.

Promotor konser biasanya juga menyediakan jasa penitipan tas di samping venue. Tapi ‘kan lebih praktis kalau kamu tak usah menitipkan tasmu. Jadi, pastikan kalau bawaanmu dari rumah memang sudah ringkas. Bawa hal-hal yang penting saja!

9. Jangan Pakai High Heels, Please

Haduh biar mbaknya yang manggung aja deh yang pakai high heels via 24.media.tumblr.com

Alas kaki yang nyaman adalah hal yang sangat penting dalam persiapan konsermu. Terutama buat kamu yang bakal berdiri sepanjang konser. Jangan coba-coba bergaya dengan high heels kalau gak mau menderita dan meringis sepanjang konser. Pakailah sepatu alas datarmu atau sepatu olahraga yang paling nyaman.

Lagi-lagi, ingatlah bahwa orang yang datang ke konser tidak datang ke sana karena ingin melihat seberapa fashionable kamu. Jadikanlah kenyamanan sebagai pedomanmu dalam berpakaian.

9. Mau Masuk atau Keluar Venue? Tertib Antri, Jangan Dorong-Dorong Norak

Jadikanlah antri ajang kumpul-kumpul fans, kan seru tuh! via i3.manchestereveningnews.co.uk

Salah satu peristiwa gawat yang acap kali terjadi waktu konser itu adalah berdesak-desakannya penonton. Orang bisa jatuh keinjak-injak dan terluka, bahkan terdapat beberapa kasus dimana penonton konser sampai meninggal.

Maka dari itu, ketertiban penonton di dalam konser itu wajib hukumnya. Terutama saat masuk dan keluar arena. Pintu gerbang yang kecil tidak mungkin dapat dilewati semua penonton jika mereka tak tertib dalam mengantri. Pokoknya utamakan keselamatan, jangan terbawa euforia sampai tidak sabaran. Tenang, kalau sudah pegang tiket kamu pasti dapat tempat kok!

10. Kalau Berasa Gak Enak, Panggil Petugas!

Berteriaklah kalau sudah lemas pas nonton konser, jangan sampai pingsan via www.quickmeme.com

Menonton konser itu memang butuh kondisi tubuh yang prima. Apalagi kalau kamu nontonnya sambil berdiri. Gak akan ada tempat untuk kamu bisa duduk dan beristirahat.

Kalau sudah merasa mau ambruk, cepat panggil petugas yang bakal terus mondar-mandir di antara lautan penonton. Mereka bakal bawa kamu ke ruang kesehatan untuk ditangani. Jangan memaksakan kondisi badan. Kalau tubuhmu sempoyongan, pasti lagu-lagu kesukaanmu juga gak bakalan bisa kamu nikmati.

11. Bersatulah Dengan Seluruh Penonton yang Lain

Kalau nonton konser Super Junior jangan lupa bawa lightstick biru ya, biar pemandangannya bagus via static.tumblr.com

Selain bisa lihat artis beraksi secara langsung, keistimewaan utama dari nonton konser adalah semangat yang bisa kamu bagi dengan penonton yang lain. Penonton yang jumlahnya bisa ratusan sampai ratusan ribu orang bakal nyanyi, teriak, nangis, dan menikmati musik bersama-sama dalam konser. Pasti lebih seru daripada YouTube-an sendirian di rumah.

Maka dari itu, pastikan kamu tahu lirik lagu artis yang mau kamu tonton. Dengan begini, kamu bisa gabung seru-seruan bareng penonton lain.

Atau bisa juga kamu menambah keramaian konser dengan plakat atau poster artis kesayangan sepanjang konser. Sebagai bentuk dedikasi gitu. Siapa tahu artisnya bisa lihat, terus terharu? Ngadain konser lagi deh tahun depan gara-gara sambutan hangat kita.

12. Nikmatilah Berjalannya Konser. Ambil Memori Sebanyak-Banyaknya.

Ini nih kenikmatan konser via www.wallpaperup.com

Ingatlah bahwa di samping berbagai tips di atas, hal yang paling penting dalam konser adalah menikmatinya! Sayang kalau sudah bayar mahal-mahal tapi di sana malah nggak maksimal. Jangan terlalu sibuk Twitter-an atau mengambil foto, kamu justru bisa kelewatan aksi fenomenal di panggung. Cobalah untuk menikmati setiap momen-nya dan bergembira bersama.

Nah, gimana arahan-arahan dari Hipwee? Nggak terlalu sulit, ‘kan? Dengan langkah-langkah sederhana di atas, semoga kamu bisa lebih siap berhip-hip hura di kemeriahan konser artis kesayanganmu. Selamat bersenang-senang! 🙂