Selain memiliki fungsi sebagai alat bantu penglihatan, kacamata juga ampuh untuk menunjang penampilan. Apalagi, tren saat ini menawarkan banyak model kacamata, mulai dari kacamata kesehatan, kacamata pelindung dari sinar matahari (sunglasses), kacamata gaya sampai anti radiasi.

Namun, apapun jenis kacamata yang ditawarkan, hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah bingkai kacamata yang melingkar di sekeliling lensa. Pemilihan bentuk bingkai yang keliru justru membuat penampilanmu terlihat buruk dan ‘aneh’.

Nah, agar kamu nggak salah pilih, ada baiknya kamu memilih model kacamata dengan bingkai yang sesuai dengan bentuk wajahmu. Ikuti cara-cara dari Hipwee Tips berikut, ya!

1. Sembunyikan wajah bulat dan pipi chubby-mu dengan kacamata berbingkai persegi panjang dan sudutnya yang tajam

kacamata persegi panjang dengan sudut yang tajam via www.youne.com

Bentuk wajah bulat biasanya ditandai dengan wajah yang nggak bersudut. Pilihlah kacamata berbentuk persegi panjang dengan sudut yang tajam untuk mempertegas bentuk wajahmu.

Advertisement

Usahakan ukurannya juga sedikit lebih lebar dari wajah, agar pipimu terlihat tirus. Hindari bingkai dengan bentuk bulat, karena justru akan mempertegas bentuk wajahmu yang bulat dan pipimu yang chubby itu.

2. Pemilik wajah kotak dengan rahang besar cocok menggunakan kacamata bentuk apapun, asal sudutnya melengkung

kacamata dengan sudut melengkung via teaching.my-free.website

Bentuk wajah persegi sering disebut-sebut sebagai bentuk wajah idaman para lelaki. Bentuknya yang menunjukkan rahang yang tegas dan tulang pipi yang lebar membuat bentuk wajah ini terlihat kokoh. Untuk proporsinya, rahang sama panjangnya dengan dahi.

Bingkai dengan bentuk persegi panjang, oval, atau bulat dengan tepi melengkung adalah pilihan yang tepat untuk menyamarkan kontur tegas di wajah. Usahakan memilih bingkai dengan sudut yang nggak runcing untuk menonjolkan fitur alami dari wajah kotakmu itu.

3. Kacamata model cat eyes cocok untukmu dengan bentuk wajah hati; agar tulang pipi hingga dagu terlihat proporsional

cat eyes untuk si dagu lancip via www.manrepeller.com

Jika kamu memiliki dahi yang lebar dengan tulang pipi dan dagu yang lancip, artinya kamu pemilik bentuk wajah hati.

Untuk menyesuaikan bentuk wajah ini, gunakan kacamata dengan bingkai yang lebar di bagian atas dan menyempit di bagian bawah, sisinya lancip dan berdiameter tebal.

Kacamata model ini biasa disebut dengan cat eyes. Model kacamata ini dapat membuat tulang pipimu terlihat lebih kecil dengan bentuk alis yang tegas. Dan sebaiknya, hindari kacamata yang berbentuk tinggi dan lebar, ya!

4. Beruntunglah jika wajahmu berbentuk oval. Hampir semua, bahkan bentuk bingkai seunik apapun bisa terlihat ideal ketika dipakai

cocok dengan semua model kacamata via www.brit.co

Bentuk wajah oval memiliki bentuk dahi dan dagu yang simetris. Wajahmu akan terlihat cocok dan menarik dengan model kacamata apapun.

Tapi, meskipun kamu bisa memilih model kacamata sesuai keinginan, kacamata dengan bingkai yang besar akan membantu menegaskan bentuk wajah. Sebagai pilihan, kamu juga bisa mencoba kacamata model oval, cat eyes, ataupun bulat.

Satu-satunya model kacamata yang harus dihindari adalah, kacamata dengan bentuk lengan bingkai yang menggantung terlalu rendah karena akan membuat wajahmu terlihat semakin panjang.

5. Untuk mengurangi volume bagian atas pada bentuk wajah segitiga, kamu bisa mencoba bingkai yang melebar ke bawah

bingkai bagian bawah yang melebar via www.bustle.com

Ciri utama bentuk wajah segitiga adalah dahi yang sempit disertai dengan pipi dan dagu yang lebar.

Gunakan kacamata yang memiliki sudut melengkung atau oval, karena kacamata jenis ini dapat menyamarkan bentuk rahang dan tulang pipi yang lebar. Jika kamu ingin mengurangi volume wajah bagian atas, kamu bisa mencoba bingkai yang semakin lebar ke bawah.

Khusus untuk bentuk wajah segitiga ini, pilihlah warna yang lembut. Bahkan kamu lebih disarankan untuk memilih kacamata dengan model tanpa bingkai.

Yup! Memilih kacamata memang perlu memperhatikan bentuk wajah dan model bingkai kacamatanya. Kenapa? Karena pemilihan yang salah akan membuat penampilanmu nggak seindah yang diharapkan.

Dan bagi kamu yang memiliki mata minus, coba deh cek artikel 1001 Ide Kacamata Minus, serta Cara-cara Alami Mengobati Mata Minus. Selamat memilah-milah bingkai kacamata yang sesuai dengan bentuk wajahmu, ya! Semoga berkenan 🙂

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!