Buat yang mukanya berminyak dan gampang jerawatan, pakai bedak itu nggak boleh asal-asalan!

Hampir sebagian besar wanita itu butuh bedak. Butiran-butiran super kecil ini memang diyakini mampu menambah tingkat kecerahan kulit hingga berkali-kali lipat, sehingga penggemarnya pun semakin meningkat. Tapi, walau kelihatannya gampang, ternyata bedakan itu nggak boleh asal-asalan, lho!

Apalagi buat kamu yang wajahnya mudah jerawatan atau berminyak, duh jangan sampai bedakan dengan cara yang sembarangan deh! Lalu, bagaimana sih pakai bedak yang benar itu? Simak trik-trik jitu berikut ini…

1. [WAJIB] Cuci bersih wajahmu dulu, sebelum dandan dan mengoleskan apapun ke ke kulit mukamu

Bedak berguna untuk menyamarkan pori-pori, membuat wajah tampak cerah dan membuat blush yang terlalu berlebihan menjadi lebih samar. Semua manfaat itu akan sia-sia kalau tidak membersihkan wajah terlebih dulu.

“Jika kamu menggunakan bahan lain sebelum bedak maka urutannya adalah: pelembab (diamkan 5 menit) >> sunblock (SPF 17) >> foundation >> bedak. Jangan sampai salah ya, urutannya!”

Advertisement

Buat kamu yang ingin praktis dan hanya memakai bedak saja, bisa sih pakai beda jenis two way cake.

2. Jangan asal memilih jenis bedak! Untuk kulit berminyak yang mudah berjerawat sebaiknya gunakan bedak tabur

Jenis bedak yang kamu tahu mungkin hanya bedak tabur dan bedak padat. Selain itu ternyata masih ada lho jenis bedak lainnya yaitu setting powder, finishing powder, dan powder foundation.

Bedak tabur memiliki tekstur yang lembut dan ringan, sayangnya sulit dibawa bepergian karena mudah tumpah. Untuk itu kamu juga masih butuh compact powder atau bedak padat untuk touch up

“Sebelum touch up, bersihkan minyak dulu pakai tisu wajah atau kertas minyak karena wajah berminyak yang tertimpa bedak akan jadi jerawat atau komedo. Iuh!”

3. Khusus kulit berminyak jangan pilih warna bedak yang sama dengan warna kulit karena lama-lama warnanya akan berubah

Macam-macam warna bedak via luulla.com

Pilih warna bedak yang setengah lebih terang dari warna kulit karena saat terkena minyak bedak tersebut akan teroksidasi dan berubah warna menjadi peach atau cokelat. Kalau untuk kulit kering atau kombinasi sih pilih yang sama dengan warna kulit nggak apa-apa!

“Pilih bedak yang mengandung talk atau penyerap minyak juga, ya! Di kemasan biasanya ada tulisan: oil absorber atau noncomedogenic.”

4. Memilih spons bedak juga nggak boleh sembarangan, kulit berminyak cocoknya pakai powder puff

pilih powder puff! via m.dhgate.com

Powder puff akan menyerap minyak dan menghasilkan tampilan matte yang lembut. Kamu bisa juga sih pakai kuas, tapi yang khusus bedak tabur, ya! Pilih yang ukurannya paling besar juga agar lebih merata dan kece hasilnya.

5. Bedakan yang benar itu cuma di daerah T (T zone)saja, bukan semua bagian wajah. Caranya juga ditekan dan bukan diusap!

Bedakan yang benar itu ternyata bukan menyapukan bedak ke semua area wajahmu tapi cukup di daerah yang produksi minyaknya paling banyak yaitu daerah T (dahi, hidung, dagu). Aplikasinya juga cukup satu lapis saja agar wajahmu tidak seperti topeng nantinya.

“Jangan lagi diusap, cukup tekan-tekan yang lembut.”

6. Saat bedakan, ingat juga dua larangan ini agar jerawat-jerawat nakal tak gampang menghampiri

Duh jerawat! via etrebelle.com

Larangan 1: Jangan meminjamkan spons/kuas pada teman. Jika menggunakan kuas maka bersihkan kuas secara rutin dengan sampo dan air, lalu keringkan di atas handuk. Bisa juga menggunakan semprotan pembersih kuas instan.
Larangan 2: Jangan menyimpan bedak di tempat lembab, karena akan merusak kualitas bedak. Simpan di tempat yang sejuk dan kering.

Demi wajah mulus dan sehat, ubah kebiasaanmu ketika memakai bedak mulai dari sekarang, yuk!

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya