Keinginan yang menggebu-gebu untuk memiliki bentuk tubuh ideal dan badan sehat tak akan pernah kesampaian jika kamu tak memiliki tekad yang bulat. Syarat utama untuk mewujudkan mimpi tentunya adalah komitmen yang kuat. Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi orang muda. Tubuh ideal berarti pola hidup yang sehat. Namun, zaman ini terlalu meriah jika dilewatkan untuk hidup dalam pola-pola teratur yang membosankan. Bukan begitu?

Padahal hidup sehat dan teratur tidak selalu mengandung rutinitas yang itu-itu aja. Kamu bisa bervariasi di dalamnya hingga mendapatkan hasil yang memuaskan sebagai bekal untuk terus menjalani hidup sehat dengan bentuk tubuh ideal yang tentunya membahagiakan. Oleh karena itu, jangan malas, latihlah dirimu dari sekarang.

1. Komitmen adalah kewajiban. Jangan sampai hanya menjadi niatan yang tak konstan dan mudah goyah oleh godaan.

Tak perlu repot-repot mencari tips diet yang ketat dan komposisi makanan yang sehat jika belum ada komitmen dengan tekad bulat. Inilah yang utama. Cara membangun komitmen secara sederhana adalah ingat akan bayang-bayang masa depan. Tubuh yang ideal dan sehat akan semakin mendukungmu untuk meraih apa yang kamu impikan.

Bayangkan saja ketika kamu sudah siap dalam soal finansial, karier, dan pasangan yang tepat namun tubuhmu yang tak sehat menghalangimu untuk menjadi produktif. Untuk itu, bangunlah komitmen dari sekarang dan berpikirlah optimis bahwa usaha yang kamu lakukan akan menghasilkan dampak yang positif.

2. Setelah komitmen terjaga, cobalah pahami kebutuhan kalori yang dibutuhkan tubuh.

Nah, setelah komitmen terjaga stabil, cobalah cari tahu kebutuhan kalori dalam tubuh. Beginilah rumusnya..

“LAKI-LAKI = 66,47 + (13.75 x BB) + (5 x TB) (6.76 x U)”
“WANITA = 655,2 + (9.56 x BB) + (1.7 x TB) (4.77 x U)”

Keterangan:

BB = Berat Badan ideal (kg)

TB = Tinggi Badan (cm)

U = Umur (tahun)

Dengan ini kamu dapat menentukan berat badan ideal yang sesuai dengan standar kedokteran, bukan sembarangan. Jika sudah tahu kalori dan target untuk mencapai berat badan ideal, maka kamu dapat mengatur pola makan dan olahraga sesuai dengan perhitungan yang kamu dapatkan. Kenapa? Rumit. Tidak juga kalau kamu telah memiliki komitmen yang kuat.

3. Setelah itu, baru kamu dapat mengatur komposisi makan. Makan sehat itu nggak harus sedikit, kok!

Nah, pengetahuan kalori tadi dapat dijadikan bekal bagimu untuk mengatur komposisi makanan. Kamu boleh ikut program diet yang manapun asal tetap sehat. Cari tahu pengganti makanan yang paik dan pas dengan kadar kalori dan energi yang pas dengan kandungan vitamin yang seimbang. Seperti Milo dengan ActivGo, minuman cokelat bubuk yang terbuat dari bahan-bahan organik (cokelat & gandum jelai) dan mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral yang diperlukan oleh tubuh.

Kamu bisa meminumnya sebelum memulai hari agar energi tetap terpenuhi dan berat badan dapat terkontrol dengan baik. Ingat, diet ketat sah-sah saja asal tidak mengganggu tingkat produktivitas dan kreativitasmu sepanjang hari yang padat penuh aktivitas.

4. Selain itu jam makanmu juga perlu dikelola. Gunakan alarm sebagai pengingat supaya kamu makan dengan jadwal yang tepat

Supaya tak terlewatkan, cobalah untuk menggunakan alarm dan jadwal yang pasti untukmu menyantap makanan yang sudah sesuai dengan kebutuhan kalori. Jika tidak diatur seperti ini, maka kamu masih akan tetap sembarangan.

Percayalah, tiada hari tanpa kejutan. Kamu harus taat pada komitmenmu sesibuk apapun aktivitasmu. Untuk itu, aturlah jadwal makan seefektif mungkin. Sebab ketika kamu sudah berusaha mengurangi porsi sesuai kalori namun tidak makan teratur setiap hari, maka komitmenmu akan terbuang percuma. Di sinilah ketangguhan dan kesungguhanmu teruji.

5. Buatlah jadwal olahraga teratur, meski ringan tapi dapat diandalkan untuk menjaga kebugaran

Satu yang tak boleh terlewatkan adalah olahraga teratur. Ini untuk menjaga metabolisme tubuhmu. Tak usah olahraga yang berat-berat, cukuplah olahraga ringan asal teratur. Atur jadwal exercise ringan yang dapat dilakukan dalam kamar dan di sekitar rumah. Jadwal yang teratur akan membantumu membakar lemak dan menghidupkan kembali sel-sel yang sempat “tidur.”

Selama 20 – 30 menit sehari cukup efektif untuk membakar lemak dalam tubuh. Sebenarnya, komitmen kurus tanpa olahraga mungkin saja terjadi, namun butuh waktu yang lama. Lebih baik lakukan olahraga ringan daripada melakukan olahraga berat yang sulit dipertahankan. Nah, jika sudah begini, tak ada alasan lagi bagi dirimu untuk mangkir dari olahraga ringan.

6. Ini tak banyak disadari oleh banyak orang. Siklus tidur yang berantakan membuat berat badan lebih mudah naik. Kurangi bergadang, tapi jangan kelamaan tidur juga.

Banyak orang tak sadar bahwa tidur tak teratur akan berpengaruh pada berat badan. Faktor penunjang pertama adalah bergadang. Pandangan umum mengatakan bahwa bergadang dapat membuat tubuh kurus. Padahal yang terjadi adalah sebaliknya. Menurut Michael Breus, PhD, penulis Beauty Sleepand, bergadang berpotensi mengganggu metabolisme tubuh. Gangguan ini menyebabkan tubuh tidak dapat menggunakan energi secara efektif dan berakhir pada kenaikan berat badan. Bergadang membutuhkan tenaga yang banyak, oleh karena itu tubuh merasa lapar dan terus meminta makanan. Akibatnya orang bergadang akan banyak ngemil.

Inilah yang menyebabkan berat badan meningkat tragis. Sebaliknya, tidur yang terlalu lama juga menyebabkan tubuh tak banyak gerak, lemak yang terserap semakin banyak. Dampaknya kamu akan menggemuk begitu saja. Oleh karena itu, aturlah waktu tidur yang pas. Cukup 6 – 8 jam sehari. Durasi itulah yang paling efektif bagi manusia untuk mengembalikan metabolisme tubuh.

7. Terakhir, Jaga pikiran tetap segar. Tekanan berlebihan akan membuat hidupmu makin tak wajar.

Semua usahamu akan bermuara dan bermula di pikiran. Komitmen yang kuat harus diimbangi oleh pikiran yang juga segar. Stres akan membuatmu mencari pelarian, salah satunya adalah makanan. Jika sudah begitu kamu akan melahap apapun yang ada di depanmu. Oleh karena itu, selain olahraga ringan, pikiran juga perlu penyegaran ringan. Lakukanlah hal-hal yang menyenangkan setelah menjalankan aktivitas. Ini sangat efektif untuk membuat metabolisme tubuh terjaga dengan baik. Alangkah baiknya lagi kamu betul-betul meluangkan waktu untuk refreshing, pergi sejenak dari rutinitas sehari-hari. Niscaya, komitmenmu akan terbayar mahal.

Usaha untuk sehat tak selesai dalam semalam. Namun, tidak juga dilakukan dalam keadaan tertekan. Kamu tetap bisa melakukannya dengan penuh kesenangan asalkan diimbangi dengan pikiran yang segar dan fisik yang bugar.

So, tunggu apalagi? Kuatkan niat-bulatkan tekad.