Siapa sih yang gak ingin punya tubuh yang ideal? Yang nggak kita inginkan itu usaha untuk mendapatkannya. Kalau badan idealnya sendiri sih pasti kita mau-mau saja. Selain menjadi lebih menarik bagi lawan jenis, kamu pun bisa lebih percaya diri. Lebih lagi, berat badan yang berlebihan juga membuatmu merasa cepat lelah dan gampang terkena penyakit.

Jadi bagaimana caranya supaya kamu bisa jadi lebih kurus? Berikut ini Hipwee berikan rekomendasi 8 diet sehat yang bisa kamu coba untuk mendapatkan tubuh ideal, tanpa harus sama sekali berhenti makan.

1. Mungkin kamu pernah mendengar soal diet mayo. Dengan disiplin tinggi, kamu bisa turun 7-8 kilo dalam 2 minggu.

Makan tanpa garam via www.huffingtonpost.com

Kamu ingin menurunkan berat badan secara instan? Gak ada salahnya kamu coba diet mayo. Diet mayo ini bukan berarti kamu harus makan banyak mayones lho ya. Metode diet yang digagas oleh Mayo Clinic di Amerika ini menekankan pantangan makan garam atau makanan yang asin selama 2 minggu. Diet mayo mengatur pola makan sehari-hari dengan makanan tinggi protein, rendah kalori,  sampai tanpa karbohidrat. Adapun menu-menu diet mayo adalah seperti berikut ini:

Advertisement

Menu diet mayo memang memotong garam dan karbohidrat. Ini dimaksudkan untuk menurunkan kandungan karbohidrat dan garam dalam tubuhmu. Karbohidrat dan garam bersifat mengikat air, jadi dengan berkurangnya kandungan dua zat tersebut dalam tubuhmu kamu akan kehilangan banyak air sehingga berat badanmu bisa menurun.

Jangan khawatir badanmu jadi lemas. Tubuhmu masih punya cadangan gula sebagai sumber energi. Di lain sisi, WAJIB juga hukumnya bagimu untuk tetap minum 8 gelas air putih setiap hari untuk memastikan bahwa metabolisme tubuh tetap bekerja sebaik semula. Jangan minum air es ya.

Program diet ini bisa mengubah kondisi kimiawi tubuhmu menjadi lebih baik dari sebelumnya lho. Namun selama 14 hari, kamu wajib taat untuk mengikuti prosedur yang sudah ditentukan. Jika gagal ditengah jalan, kamu terpaksa harus mengulang dari awal. Diet ini juga gak terlalu menyiksa kok, minimal kamu menjalaninya sekali dalam setahun. Jika kamu disiplin selama 2 minggu ini, bukan mustahil kamu bisa menurunkan berat badan hingga 7-8 kilogram!

2. Kamu boleh makan apa saja termasuk makanan favoritmu, asal piringmu selalu kamu bagi ke dalam 4 bagian. Itulah healthy portion diet.

Porsi makan yang kamu coba via tinatoner.com

Diet memang susah-susah gampang, apalagi bagi kamu suka makan. Belum lagi kalau harus jaga jarak dengan makanan kesukaanmu. Namun jangan khawatir, kamu bisa coba yang namanya Healthy Portion Diet. Program ini sangat tepat untuk menentukan perbandingan gizi karbohidrat, protein, dan lemak dalam menu makananmu sehari-hari.

Kamu cukup membagi piringmu menjadi 4 bagian: ¼ untuk karbohidrat; ¼ untuk protein nabati, hewani, dan lemak (seperti daging ayam, sapi, ikan, dan lainnya); ¼  untuk sayur-sayuran; dan ¼ bagian lagi untuk buah-buahan. Tapi kamu tidak boleh banyak ngemil snack ringan, karena ini bisa membuat simpanan kalorimu membengkak.

Didukung olahraga ringan, kamu bisa menurunkan berat badan hingga 2 kilogram dalam sebulan. Memang tidak cepat, tapi keuntungannya kamu tak perlu “puasa” dari makanan favoritmu.

3. Jika mau cepat turun berat badan, coba puasa berselang alias intermittent fasting. Nama kerennya OCD alias Obsessive Corbuzier’s Diet.

Kayak Om Deddy via mydeddycorbuzier.com

Kamu bisa mencoba intermittent fasting jika ingin dapat berat badan ideal dalam waktu singkat. Sebenarnya metode diet ini sudah lama dikenal di luar negeri, namun gara-gara mentalis Deddy Corbuzier berhasil kurus dengan diet ini, maka banyak orang berbondong-bondong ikut mencobanya dan menamainya Diet OCD (Obsessive Corbuzier’s Diet)..

Prinsip diet OCD  sebenarnya mudah. Kamu harus mengistirahatkan perut dengan cara tak makan selama beberapa waktu tertentu.

16 jam puasa –> 8 jam makan sesukanya.

18 jam puasa –> 6 jam makan sesukanya.

20 jam puasa –> 4 jam makan sesukanya

24 jam puasa –> sekali makan sesukanya

Disarankan juga untuk pilih makanan yang bergizi dengan nutrisi lengkap. Karbohidrat, lemak, protein dan serat. Minumannya? Air putih atau teh dan kopi tanpa gula.

Sebagai permulaan kamu bisa pilih puasa yang paling ringan yaitu 16 jam. Jika kamu mau coba puasa yang 24 jam, lakukanlah maksimal 2 kali dalam seminggu. Gak sedikit orang yang berhasil dengan cara diet ini. Mereka bahkan bisa menurunkan berat badan hingga 12 kg selama dua bulan.

Kamu juga bisa melakukan olahraga ringan dengan gerakan-gerakan OCD 7 minutes work out: 

Gerakan 7 menit via visual.ly

4. Tanpa harus lama-lama tersiksa, dengan program diet DASH kamu bisa lebih kurus dan tambah sehat. Dua minggu saja, kamu sudah bisa lihat hasilnya.

DASH diet berdua via galleryhip.com

Satu lagi diet yang bisa membuatmu jadi kurus, sekaligus menjadi lebih sehat yaitu diet DASH. DASH yang merupakan singkatan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension sudah lama eksis di Amerika sana. Ini juga diakui para dokter sebagai diet terbaik diantara 29 jenis diet lainnya. Diet ini awalnya dimaksudkan untuk menurunkan darah tinggi. Ternyata diet ini juga efektif untuk menurunkan berat badan secara signifikan. Program diet yang diformulasikan oleh cabang NIH (National Institute of Health) ini mempunyai 2 fase.

Fase pertama berlangsung selama 2 minggu. Dalam fase ini konsumsi karbohidratmu dikurangi agar sistem metabolisme bisa di-reset ulang. Fase ini adalah waktu dimana kamu harus memperbanyak protein dari makan daging dan minum susu. Kamu masih boleh makan sayur kok, misalnya bayam, mentimun dan tomat. Yang terpenting hindari buah dan makanan yang mengandung banyak sodium seperti keju.

Setelah fase pertama, sistem tubuhmu akan punya pola metabolisme yang baru. Kamu bisa kembali memperkenalkan perut dengan karbohidrat, buah-buahan, serta sayuran. Kebiasaan pada fase kedua inilah yang harus kamu terapkan sampai kapanpun. Adapun menu pada fase kedua ini adalah berikut ini:

Menu DASH diet via www1.ghc.org

Diet ini wajib untuk dicoba karena selain menurunkan berat badan dalam jangka waktu pendek, caranya juga mudah, nutrisinya berimbang, tak membahayakan keselamatan orang yang melakukannya, serta mampu mengecilkan risiko sakit jantung dan diabetes.

Fase pertama diet DASH bisa menurunkan berat badan hingga 2,2 kg. Di fase selanjutnya, pola yang ada harus kamu jaga agar tetap seimbang. Selain itu, ada juga aturan diet DASH yang harus kamu taati, yaitu banyak minum air putih, hindari minum kopi/teh, membatasi banyak konsumsi kalori, tidak terlalu banyak makan asin, dan makan 3 kali sehari.

5. Untuk kurus kadang syaratnya mudah, kamu hanya cukup mengurangi daging merah. Diet Mediterranea bisa kamu coba.

Diet mediterania, hindari makan daging merah

Gak sedikit orang yang masih menilai bahwa menjadi kurus itu mahal. Padahal hal itu gak selamanya benar. Kamu bisa coba pola makan ala orang Yunani, Prancis, dan Italia: Diet Mediterranea.

Prinsipnya adalah kamu mulai membatasi untuk mengkonsumsi daging merah. Diet ini cukup efektif untuk menghindarimu dari banyak kalori, kolesterol, dan penyakit jantung. Diet yang biasanya dinamakan diet daging merah ini tidak memiliki menu ketat, namun kamu harus makan banyak roti, buah, serta kacang-kacangan.

Menu diet meditteranian via kesehatan.kompasiana.com

Dalam program diet ini, kamu bisa memenuhi pola makanmu dengan sumber karbohidrat dari roti, pasta, beras, gandum, atau kentang. Jangan lupa sajikan sayuran setidaknya 5-6 kali sehari yang dalam keadaan segar. Kalaupun kamu lebih suka mengolahnya, maka kamu bisa memasaknya dengan cara yang lebih sederhana dengan campuran bumbu olive oil. Buah-buahan menjadi bagian penting dalam setiap kali makan. Susu, yogurt, dan biji-bijian, seperti kacang polong, kacang merah, kedelai, juga jangan sampai kamu lupakan untuk konsumsi setiap hari. Kamu juga harus mengkonsumsi minuman 6 gelas sehari.

Batasi konsumsi ayam, daging ikan, telur, cukup hanya sekali dalam seminggu. Sementara daging merah seperti daging sapi dan kambing cukup kamu nikmati sebulan dua kali. Berat badanmu bisa turun dalam sebulan karena metabolisme tubuh yang lebih lancar. Nilai plus dari diet ini: kamu bisa hidup sehat dengan terhindar dari penyakit jantung, Parkinson, dan Alzheimer di masa tua nanti. Tertarik? Investasi diet begini tidak boleh kamu lewati.

6. Yang juga lagi tren adalah food combining diet. Kamu boleh makan apa saja, asal jam makanmu juga diatur.

Diet food combining via www.femside.com

Kamu ingin kurus tapi enggan meninggalkan ayam goreng atau steak sapi? Maka gak ada salahnya kamu coba metode food combining diet. Food combining adalah sebuah konsep yang mengacu pada fakta bahwa setiap kelompok makanan memiliki waktu cerna dan serap yang berbeda-bedaJadi, kamu hanya perlu membuat jeda waktu makan untuk beberapa jenis makanan. Kamu tidak bisa serta merta menyantap nasi, lauk pauk, sayuran, dan buah sekaligus dalam 1 jam makan.

Beberapa kelompok makanan memerlukan zat asam sedangkan lainnya membutuhkan zat alkali. Maka tahu kondisi yang cocok untuk mencerna secara efektif adalah cara agar makananmu tidak mengendap di perut. Berikut ini adalah klasifikasi makanan yang perlu kamu tahu.

Menu diet food combining via andiniseptela.blogspot.com

Nah, agar makananmu tidak mengendap jadi lemak berlebih, kamu bisa mengkonsumsi makanan dengan kolom warna yang sama. Kalau ingin makan dari kolom warna berbeda, berikan jeda sekitar 1-3 jam.

Dalam diet food combining ini kamu juga diharamkan untuk mengkonsumsi makan kategori basa dan kategori asam secara bersamaan. Kamu juga harus mengunyah makanan hingga mencapai konsistensi yang berair dan kemudian baru boleh menelannya. Hal ini agar proses pencernaan dan penyerapan nutrisi berjalan efektif.

Perhatikan juga masa cerna makanan yang efektif bagi tubuh.

Pukul 04.00 – 12.00 adalah masa pembuangan, menu idealnya kamu mengkonsumsi buah-buahan.

Pada pukul 12.00-20.00 adalah masa mencerna, menu idealnya kamu mengkonsumsi karbohidrat bersama protein nabati atau konsumsi protein nabati bersama protein hewani.

Pada pukul 20.00 -04.00 adalah masa penyerapan, menu idealnya kamu mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran.

Dengan menaati pola ini , maka penyerapan nutrisi akan jauh lebih efektif dan tidak akan menimbulkan masalah pencernaan. Dan bukan hal mustahil jika kamu bisa menurunkan berat badan hingga 2 kg selama satu bulan. Nah, gampang ‘kan? IYA DONG.

7. Jika ingin yang paling sederhana, cobalah hidup sehat minuman ajaib ini: Honey Lemon Shot.

Honey lemon shot via angsajenius.blogspot.com

Kamu ingin kurus tapi masih malas mengubah pola makan? Coba saja minuman ajaib ini, namanya honey lemon shot. Minuman ini bisa kamu bikin sendiri di kosan. Kamu hanya perlu menambahkan setengah perasan lemon dalam satu sendok madu murni. Minumlah pada pagi hari, saat kondisi perut masih kosong. Santap sarapanmu 30 menit kemudian.

Minuman ini ampuh mengatasi konstipasi atau sembelit. Selain itu, kandungan pektin di dalam lemon juga bisa membantumu mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

Selain menjaga berat badan, minuman ini juga bisa membantumu meredakan gejala flu seperti batuk pilek, mengurangi radang, meredakan nyeri, membantu pencernaan, membuat kulit lebih sehat, hingga meningkatkan fungsi pembuluh darah. Mau coba?

Tanpa perlu banyak uang untuk sedot lemak, kamu bisa punya berat badan ideal dengan salah satu diet ini. Siap dengan penampilan baru yang lebih ramping? Pastikan kamu punya komitmen yang kuat dalam dirimu ya. Jangan menyerah, karena tubuh ideal pasti akan membuatmu senang!