Zaman semaju sekarang, setiap momen dan pemikiran bisa terekam gak cuma dalam ingatan, tapi juga lewat media sosial. Twitter adalah satu dari sekian banyak situs layanan yang merajai pasar jejaring sosial dengan jutaan pengguna. Situs mikroblog daring ini memang unik, kamu cuma punya 140 karakter untuk mengungkapkan pemikiran maupun update status melalui sebuah tweet. Ah, mungkin Twitter memang diciptakan untuk komunikasi yang langsung to the point, hehehe.

Twitter juga gak mengadaptasi sistem pertemanan seperti Facebook, melainkan menggunakan sistem follow dan unfollow untuk mengikuti postingan suatu akun. Tentu saja, kamu bisa berkirim gambar, video, dan tautan melalui jejaring sosial ini.

Tapi, selain ngetwit dan follow, masih banyak kemampuan tersembunyi dari Twitter yang belum banyak diketahui orang. Yuk, cari tahu bareng-bareng, biar kemampuan ngetwitmu makin canggih.

1. Sebenarnya, kamu bisa menge-tag temanmu tanpa harus me-mention yang bersangkutan

Menandai teman via www.hipwee.com

Karena jumlah karakter maksimal dalam sebuah tweet cuma 140 karakter, urusan me-mention seseorang saat mengunggah foto atau video bisa menjadi krusial. Apalagi, kalau username akun yang di-mention itu panjang. Untungnya, kamu bisa menandai atau nge-tag temanmu ke dalam foto yang kamu unggah tanpa perlu mengorbankan sekian karakter buat me-mention yang bersangkutan.

Advertisement

Caranya? Tag atau tandai saja teman yang kamu maksud itu lewat fitur ‘Who’s in this photo?’, yang ada di edisi paling terkini dari Twitter. Baik Twitter for Android, iPhone, maupun Desktop sudah memiliki fitur ini kok.

2. Bikin kolase foto langsung di Twitter? Bisa!

Klik “add more” untuk menambahkan foto via www.hipwee.com

Di Twitter, kamu juga bisa dengan mudah menggabungkan beberapa foto menjadi sebuah kolase yang keren. Caranya, cukup klik “add more” saat kamu mengunggah gambar, maka kolase akan ditampilkan secara otomatis. Jika diklik, foto-foto tersebut akan ditampilkan secara terpisah.

Hasil jadi kolase via www.hipwee.com

Nah, kira-kira seperti ini hasil jadinya.

3. GIF ternyata bisa terputar secara otomatis jika kamu menjadikannya pinned tweet, alias tweet paling atas di timeline-mu

Membuat GIF terputar otomatis via www.hipwee.com

Gambar bergerak kadang terlihat lebih menarik. Selain video, kamu juga bisa mengunggah file berformat GIF. Tapi, perlu sedikit trik agar GIF-mu bisa terputar otomatis di linimasa pengikutmu.

Caranya mudah saja, cukup pin twit GIF kamu, maka gambar bergerak yang kamu unggah akan terputar otomatis di linimasa followers-mu.

4. Mau ngirim tweet malam-malam? Gak usah begadang. Jika ingin tweet-mu muncul di waktu yang spesifik, kamu bisa menjadwalkannya dengan aplikasi khusus.

Tombol yang muncul menggunakan ekstensi Buffer di Chrome via www.hipwee.com

Terkadang kamu ingin twitmu tidak langsung ditayangkan saat itu juga, melainkan ditayangkan pada waktu-waktu tertentu. Nah, kamu bisa melakukannya dengan aplikasi dari pihak ketiga seperti Tweetdeck maupun Buffer yang tersedia sebagai aplikasi dan ekstensi di Google Chrome. Cocok banget kalau kamu ingin menayangkan serangkaian tweet pada waktu yang kamu rasa tepat.

5. Jadilah Twitter Master dengan menguasai tombol-tombol pintas di papan ketikmu

Tombol pintas di Twitter via ibnlive.in.com

Tanpa harus repot-repot menggeser pointer mouse dan mengeklik, kamu bisa melakukan bermacam hal hanya dari tombol-tombol pintas atau shortcut lewat keyboard-mu. Dengan begitu, cara kamu menggunakan Twitter lewat desktop browser bisa jauh lebih efisien.

6. Tweet favoritmu juga bisa kamu lekatkan pada laman blog maupun situs webmu

Embed tweet via www.hipwee.com

Ingin mengutip tweet ke laman blogmu langsung dari sumbernya? Kamu bisa meng-embed atau melekatkan tweet-mu sendiri maupun tweet favoritmu ke blog pribadi, situs web, atau di manapun selama memungkinkan. Caranya gampang saja:

  1. Pilih tweet yang mau kamu lekatkan,
  2. Klik simbol tiga titik (…) yang ada di bawah twit tersebut,
  3. Pilih “embed tweet”,
  4. Copy kode HTML yang disediakan, lalu paste ke blogmu. Kelar, deh!

7. Gak punya smartphone? Kamu bisa ngetwit lewat SMS kok

Ngetwit via SMS via www.hipwee.com

Ponsel pintar memudahkan kamu untuk ngetwit kapan aja dan dimana aja dengan aplikasi Twitter. Tapi, kamu yang bukan pengguna smartphone gak usah berkecil hati. Kamu juga bisa mengirim tweet kapan aja dan dari mana aja lewat SMS kok. Tentu kamu harus mengaturnya dari akun Twittermu lewat peramban di komputer.

Caranya, masuk ke menu “Setting”, pilih “Mobile”, lalu tinggal tambahkan nomor telepon yang akan kamu gunakan untuk ngetwit. Setelah itu, kamu bisa mengatur notifikasi apa aja yang masuk melalui SMS ke HP-mu. Mudah, ‘kan?

8. Jika tweet dari akun temanmu sedikit menyebalkan, kamu bisa membuatnya diam tanpa meng-unfollow akun tersebut

Mute account via www.hipwee.com

Kadang, ada aja salah satu temanmu yang gemar nyampah di linimasa dengan feed yang gak mutu. Tapi, kamu segan juga buat unfollow karena dia temanmu. Nah, daripada dilema, kamu bisa membisukan akunnya atau “mute account” dengan fitur “Mute” yang muncul di simbol (…).

Jika ingin melihat akun-akun mana aja yang sudah kamu bisukan, masuklah ke kolom “Settings”. Tinggal pilih “Muted Accounts”, Twitter akan menampilkan akun-akun yang kamu bisukan. Jadi, kamu gak perlu dilema lagi, deh.

9. Biar lebih gampang ditemukan dan di-follow oleh akun-akun yang relevan, tambahkan tagar di bio-mu

Tagar di Bio via www.hipwee.com

Dengan meletakkan tagar atau hashtag di bio, akunmu akan lebih mudah ditemukan oleh orang-orang yang mengikuti dan mencari tagar yang bersangkutan. Ini memungkinkanmu untuk meningkatkan popularitas maupun jumlah follower.

10. Twitter juga mampu menampilkan sejumlah data tentang aktivitasmu di jejaring sosial ini. Nah, ini bisa jadi ukuran, seberapa tertarik sih follower-mu dengan tweet-tweetmu?

Data dari Twitter Analytics via www.hipwee.com

Kalau kamu ingin menganalisis bagaimana aktivitasmu di Twitter selama ini, Twitter bisa menampilkan datanya secara gratis untukmu. Kamu bisa mengetahui twit apa saja yang kamu keluarkan, twit mana saja yang menggapai banyak audiens, mana yang paling banyak direspon, bagaimana pertumbuhan followers-mu, dan sebagainya.

Caranya, tinggal kunjungi saja laman analytics.twitter.com setelah kamu login di Twitter. Datanya juga bisa kamu simpan dengan format CSV.

11. Ingin mengenang kembali ke-4L4Y-an kamu saat pertama kali menggunakan Twitter? Unduh semua twitmu dan tertawalah sepuasnya

Twitter Archive via www.hipwee.com

Kata orang, alay adalah bagian dari proses pendewasaan. Semua orang pernah alay, termasuk saya dan kamu. Nah, kalau kamu ingin mengenang masa-masa kegelapan itu di Twitter, kamu bisa mengunduh dan membaca seluruh twitmu dari awal sampai akhir melalui format HTML document. Kamu bisa membaca ulang tweet alay, galau, serta motivasi yang mungkin bisa membangkitkan kenanganmu di masa lalu.

Untuk mengarsipkan semua twitmu, kamu cukup masuk ke menu “Setting”, pilih “Account”, lalu klik “request Your Archive”. Nantinya, sebuah tautan untuk mengunduh semua twitmu akan dikirimkan melalui email. Siap-siap ketawa sendiri deh!

Dari sejumlah fitur-fitur gak populer di atas, berapa banyak yang udah kamu tahu?