Kalian sudah pasti familiar dengan yang namanya bihun kan? Yap, bihun merupakan bahan makanan hasil olahan dari tepung beras atau tepung terigu. Biasanya, si bihun ini dimasak bersama dengan bahan-bahan makanan lainnya seperti sayuran dan daging. Bihun dapat diolah dengan cara direbus, ditumis atau digoreng.

Katanya sih katanya, bihun yang bertekstur kenyal dan lembut akan memudahkan untuk disantap oleh segala usia, mulai dari balita hingga lanjut usia. Pengolahan bihun menjadi sebuah menu makanan tidaklah terlalu sulit kok. Apalagi proses memasak bihun juga tak butuh waktu lama alias hanya memerlukan waktu relatif singkat. Hal ini disebabkan karena struktur bihun yang sensitif dan mudah lembek ketika terlalu lama dimasak dalam air bersuhu tinggi. Jadi, sudah siap berkreasi dengan bihun? Siap beberapa olahan menarik ini ya guys!

Bihun baso pedas ini bisa jadi sudah dikenal awam, tapi sudah bisa belum cara masaknya? Daripada kamu jajan diluar, bikin sendiri bisa bikin hemat pengeluaran

kamu bisa tambahin telur dan daging juga di atasnya via 4.bp.blogspot.com

Resep bihun satu ini sudah pernah kamu tahu kan? Tapi sudah pernah bikin sendiri belum? Bihun baso pedas ini sah-sah saja disajikan untuk teman nasi atau pengganjal disaat lapar, apalagi saat hujan. Duh! Karena campuran rasa gurih, manis, pedasnya, dijamin olahan bihun ini akan miliki banyak penggemar. Bisa lho kamu sajikan untuk acara-acara resmi keluarga.

Bahan-bahan :

Advertisement
    " data-mobile-editor="ingredients">
  1. 1 bungkus bihun
  2. 100 gram cabai
  3. 10 buah bakso sapi
    Bumbu yang diiris
  4. 3 siung bawang merah
  5. 2 siung bawang putih
  6. 1 buah tomat ukuran sedang
  7. 1 lembar daun salam
  8. 1 buah serei (digeprek)
  9. 1 cm lengkuas
    Bumbu penyedap
  10. 1 sdm kecap asin
  11. 2 sdm saos tiram
  12. 3 sdm kecap manis
  13. 1 sdt lada putih
  14. 200 ml air
  15. secukupnya garam, gula (kaldu bubuk jika suka)
  16. secukupnya minyak untuk menumis

Langkah yang kudu kamu lakukan :

  1. Rendam bihun dengan air panas sampai layu, lalu tiriskan. (Jangan terlalu lama direndam, supaya tidak terlalu lembek saat dimasak nanti)
  2. Potong memanjang cabai, dan iris baso sapi (bisa juga dibiarkan bulat, tergantung selera). Jika suka pedas, bisa dimasukan biji cabainya, dibuang sebagian pun tak masalah.
  3. Iris semua bumbu, kecuali serai, daun salam dan lengkuas.
  4. Masukkan minyak untuk menumis, masukkan semua irisan bumbu, tumis hingga harum.
  5. Masukkan potongan cabai dengan baso sapi, lalu aduk.
  6. Masukkan air, supaya cabai dan baso matang.
  7. Setelah potongan cabai dan irisan baso matang, masukan bumbu penyedap. Terakhir, masukkan bihun yang telah direndam tadi.

Kata siapa bihun nggak bisa diolah jadi bagian dari pecel? Ada bumbu kacang alias bumbu pecel di kulkasmu? Sikaaaaaaaaaaat~~~

tambahin krupuk oke nih via 4.bp.blogspot.com

Pecel merupakan jenis makanan tradisional yang banyak kita jumpai dipulau jawa, utamanya Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Makanan ini sudah sangat melegenda dan banyak disukai semua kalangan dari orang dewasa hingga anak-anak. Menikmati pecel, paling nikmat ketika siang hari dikondisi cuaca yang panas. Terlebih jika kuah pecel atau sambal pecelnya memiliki rasa yang nikmat tentu akan menggugah selera kita. Ditambah bihun? Siapa takut!

Bahan-bahan :

  1. secukupnya kacang panjang
  2. secukupnya kangkung
  3. secukupnya toge
  4. secukupnya bihun
  5. secukupnya mie telor
  6. secukupnya bumbu pecel
  7. secukupnya cabai

Langkah yang kudu kamu lakukan :

  1. Rebus semua sayuran secaya bergantian, air bekas rebusannya digunakan untuk menyiram mie dan bihun agar lemas. Tiriskan dulu
  2. Ulek cabai secukupnya, ini optional jika kamu suka pedas. Lalu, tambahkan bumbu pecel dan air panas
  3. Campurkan bumbu pecel dengan sayuran, mie dan bihun yang telah direbus. Siap dihidangkan dengan nasi panas. Hmmmm…..

Bihun pun bisa hadir dalam sajian berkuah menggugah selera. Bihun kuah pedas alacin misalnya~

kuah kuah bergairah nih via img-global.cpcdn.com

Panas lawan panas. Pernah denger kata-kata itu? Yap, di luar memang sedang panas, tapi bukan berarti kamu harus makan yang dingin-dingin kan? Kadang juga saat merasa sedang tak enak badan, lebih enak makan yang panas-panas, berkuah dan pedas. Resep ini dirasa mudah kok, alias cuma cemplung-cemplung bahan yang udah jadi aja. Yuk kita mulai…

Bahan-bahan :

    " data-mobile-editor="ingredients">
  1. 1 bungkus bihun
  2. 3 bakso sapi
  3. 1/2 bonggol jagung manis
  4. 5 biji jamur
  5. 3 siung bawang putih
  6. 3 biji cabai rawit
  7. 1 batang daun bawang
  8. 2 batang seledri
  9. 1/2 sdt garam
  10. 1/4 sdt penyedap rasa sapi
  11. 1/2 sdt saus tiram
  12. 1 sdt lada

Langkah yang kudu kamu lakukan :

  1. Rendam bihun jagung, parut jagung manis, iris bakso, iris halus bawang putih, iris cabai rawit, iris jamur, iris halus seledri dan daun bawang.
  2. Didihkan air. Masukkan bawang putih, cabai rawit, bakso, jagung manis, jamur, seledri dan daun bawang.
  3. Masukkan bihun yang sudah ditiriskan tadi.
  4. Tambahkan garam, lada, penyedap rasa dan saus tiram. Aduk rata. Didihkan kembali.
  5. Angkat dan sajikan masakanmu~~

Bihun tak hanya bisa jadi menu utama di meja makan, siapa sangka si panjang ini dapat dihidangkan sebagai cemilan

warna dan topping diganti sah-sah saja via www.resepkafe.com

Bihun kukus parut keju namanya. Warna olahan bihun satu ini pun bukan putih atau coklat lantaran terkena siraman kecap, melainkan merah atau mendekati pink, ya mirip warna stroberi lah. Kalau biasanya bihun identik dengan main course, kali ini kamu kudu menjajal resep bihun yang diolah sebagai dessert. Penasaran? Simak yuk cara pengolahannya!

Bahan-bahan :

  1. 150 gr bihun
  2. 130 ml santan kara (santan kental)
  3. 2 sdm tepung maizena
  4. 10 sdm gula pasir
  5. 1/2 sdt garam
  6. 1 sdt pasta stroberi
  7. secukupnya Keju cheddar parut

Langkah yang kudu kamu lakukan :

  1. Siram bihun dengan air panas hingga lunak. Sisihkan.
  2. Campur rata tepung maizena, santan, gula, garam, dan pasta stroberi. Masukkan bihun aduk rata.
  3. Panaskan kukusan. Siapkan cetakan kue talam yang diolesi dengan minyak.
  4. Masukkan adonan bihun ke dalam cetakan, kukus selama kurang lebih 20 menit angkat, biarkan hingga uap panasnya hilang lalu keluarkan dari cetakan.
  5. Beri parutan keju diatasnya, siap dinikmati dengan penuh cinta bersama dia yang tersayang 🙂

Masih sebagai cemilan, bihun bisa pula jadi isian martabak minimu. Bisa buat bekal suami kerja atau anak sekolah biar nggak jajan sembarangan kan?

yakin nolak? via selerasa.com

Selain mudah diolah, bihun juga mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan. Selain mengandung karbohidrat yang tinggi, bihun juga mengandung kalsium, fosfor dan kalori. Karbohidrat dan kalori dalam bihun menunjang tubuh dalam mendapatkan energi sehingga dapat melakukan segala kegiatan. Sementara kalsium dan fosfor berguna bagi pembetukan tulang, memperlancar peredaran darah, dan memberikan kelenturan pada otot-otot kita dalam melakukan gerak. Martabak satu ini pasti membuat siapapun tak mampu menolak.

Bahan-bahan :

Bahan kulit:

    " data-mobile-editor="ingredients">
  1. 100 gr tepung terigu
  2. 3 sdm minyak goreng
  3. 1/2 sdt garam
  4. Secukupnya air dingin
    Bahan isi:
  5. 1 bungkus bihun, rendam hingga layu
  6. 4 siung bawang merah, haluskan
  7. 2 siung bawang putih, haluskan
  8. 2 buah cabai rawit, iris halus
  9. 1 batang daun bawang, potong potong
  10. 2 sdm saos tiram

Langkah yang kudu kamu lakukan :

  1. Buat kulit: uleni tepung, garam, dan minyak goreng dengan menambahkan air sedikit demi sedikit sampai bisa dibentuk. Bentuk adonan bulat bulat kecil, dan masukkan ke dalam minyak goreng
  2. Buat isi: tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukkan cabai rawit, kemudian saos tiram. Lalu masukkan bihun dan aduk hingga rata. Koreksi rasanya.
  3. Terakhir, tambahkan potongan daun bawang dan matikan api
  4. Oiya, cara membuat kulit dengan menggunakan dua plastik di bagian atas dan bawah, kemudian tekan-tekan adonan dengan jempol hingga melebar. Masukkan isi, kemudian lipat kotak dan goreng di minyak yang panas, angkat dan tiriskan. Silahkan dimakan dengan cabai rawit atau saus sambal.

Terakhir, bola-bola bihun ini wajib kamu coba sebagai cemilan di kala senja~

bola bola yang menggoda via 2.bp.blogspot.com

Sore-sore gini enaknya bikin cemilan yang hangat dan sehat. Yang sehat ya yang kita masak sendiri, karena kita bisa menjamin kebersihan dari bahan-bahannya. Biasanya, bola-bola bihun dibuat menggunakan mie baso. Tapi, kali ini nggaka da salahnya kalau kamu mencoba membuatnya dari bihun. Hmmmm gimana rasanya ya? Langsung ke dapur aja yuk!

Bahan-bahan :

  1. 1 bungkus bihun kecil / 75 gram
  2. 2 buah wortel ukuran sedang
  3. 1 buah telur
  4. 4 siung bawang merah
  5. 1 siung bawang putih
  6. daun bawang dan seledri masing-masing satu batang
  7. garam secukupnya
  8. 1 buah kemiri
  9. 3 cabai merah
  10. 3 potong tahu ukuran sedang

Langkah yang kudu kamu lakukan :

  1. Haluskan bumbu, cabai, garam, bawang merah, bawang putih, dan kemiri
  2. Rebus bihun sebentar, angkat dan tiriskan, lalu dipotong-potong
  3. Cuci bersih wortel dan potong kotak kecil-kecil. Potong-potong juga daun bawang dan seledri, potong agak kasar boleh juga
  4. Haluskan tahu sampai benar-benar lembut. Lalu, campurkan semua bahan beserta bumbu, ditambah telur.
  5. Aduk hingga rata sampai benar-benar tercampur
  6. Bentuk bulat-bulat sampai adonan habis
  7. Kukus kira-kira 10-15 menit
  8. Angkat, lalu goreng. Tunggu hingga berwarna kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan. Bola-bola bihun pun siap dinikmati~~

Jadi, sudah siap berkreasi dengan bihunmu?