Ketika membicarakan summer atau musim panas, apa jenis buah yang terlintas di pikiranmu? Pasti ada deh yang kepikiran buah semangka! Buah yang dagingnya berwarna merah ini emang seger banget buat dimakan saat panas matahari lagi terik-teriknya. Memasuki summer, atau musim kemarau di Indonesia, semangka bakal menjadi salah satu buah yang digemari masyarakat. Enggak cuma buat dikonsumsi, ternyata semangka juga mewarnai tren kecantikan belakangan ini lho!

Mulai dari tren makeup, hair coloring, sampai nail art terinspirasi oleh warna yang terdapat di buah semangka, hijau, dan merah yang cerah. Di Korea Selatan, lain lagi tren yang sedang berlangsung. Semangka justru banyak digunakan sebagai salah satu bahan skincare yang dijual di pasaran. Wah, kok bisa ya?

Kandungan di dalam buah semangka sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Tidak hanya mengandung vitamin, terdapat juga asam amino dan likopen dalam buah yang segar ini

Kandungan yang terdapat di dalam semangka ternyata membawa banyak manfaat untuk kulit lho! via www.fashionisers.com

Pada dasarnya, semangka memang salah satu buah yang populer di Korea Selatan. Seringkali semangka dikonsumsi bersama anggota keluarga. Oleh karena itu, buah yang satu ini identik dengan nilai kebersamaan. Setelah daging buahnya habis dimakan, kulitnya enggak bakal langsung dibuang begitu saja oleh orang Korea Selatan. Kulit yang tersisa tadi bakal didinginkan dan kemudian diiris tipis-tipis untuk digosokkan ke badan. Mereka percaya kalau nutrisi yang terkandung di kulit semangka tersebut bakal ampuh mengobati ruam dan iritasi di kulit.

Tradisi mengoleskan potongan kulit semangka di Korea Selatan ini bukan sekedar mitos belaka lho. Buah semangka memang mengandung nutrisi yang bisa menyejukkan dan menghidrasi kulit. Kulit jadi terlihat lebih lembab, sehat, dan awet muda. Kandungan air di dalam buah semangka memang yang paling mendominasi, yakni sebanyak 92%. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin A, B6, dan C, serta asam amino dan likopen yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Produk skincare bertemakan semangka benar-benar dinanti para beauty enthusiast. Bahkan saking hits-nya, ada yang sampai bikin 5 ribu orang mengantri dalam waiting list!

Advertisement

Produk ini sampai bikin 5000 orang gregetan menunggu rilisnya via www.purewow.com

Sebuah produk kecantikan asal Korea Selatan, Glow Recipe, mengeluarkan produk skincare yang diberi nama Watermelon Glow Sleeping Mask. Sleeping mask ini menggunakan ekstrak buah semangka di dalamnya, yang katanya bisa melembabkan, menyejukkan, serta mencerahkan kulit wajah. Ketika Glow Recipe mengeluarkan pengumuman soal rencana rilis produk tersebut, masyarakat ternyata sangat antusias buat mencoba tren kecantikan menggunakan semangka ini. Saking antusiasnya, 5000 orang yang enggak sabar buat mencoba produk ini sampai masuk ke dalam waiting list. Watermelon Glow Sleeping Mask ini pun langsung sold out setelah rilis!

Enggak perlu ikutan waiting list untuk merasakan ampuhnya buah semangka buat produk skincare. Kamu pun bisa bikin sendiri di rumah

Kamu bisa coba bikin skincare dari kulit semangka sendiri di rumah via makeupandbeauty.com

Kalau kamu penasaran mencoba tren kecantikan menggunakan semangka ini, enggak perlu repot-repot ikutan mengantri kok. Hipwee bakal bagikan DIY produk skincare yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Simpel dan enggak mahal. Cukup beli satu buah semangka, makan dagingnya, dan simpan kulitnya! Yuk, mari disimak!

Cara Membuat Masker Kulit Semangka:

  1. Potong semangka menjadi potongan kecil-kecil berbentuk segitiga seperti yang biasanya kamu makan.
  2. Makan dagingnya sampai habis. Sisakan seminimal mungkin warna merah yang menempel di kulitnya.
  3. Dinginkan potongan kulit semangka tersebut di dalam freezer selama 10-15 menit.
  4. Iris kulit semangka setipis mungkin (menggunakan slicer). Tempelkan irisan kulit semangka di wajah. Diamkan sampai sensasi dinginnya hilang.

Cara Membuat Face Mist Kulit Semangka:

  1. Potong semangka menjadi potongan kecil-kecil berbentuk segitiga seperti yang biasanya kamu makan.
  2. Makan dagingnya sampai habis. Sisakan seminimal mungkin warna merah yang menempel di kulitnya.
  3. Dinginkan kulit semangkanya di freezer selama 10-15 menit.
  4. Parut kulit semangkanya dan masukkan parutannya ke dalam kain bersih. Peras sampai parutan kulit di dalamnya mengeluarkan cairan. Tampung cairan tersebut ke dalam botol semprotan.
  5. Semprotkan cairan kulit semangka ke permukaan kulit yang iritasi.

Voila! Mudah kan?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya