Waktu bersih-bersih akan jadi momen yang sulit ketika kita tiba-tiba bingung, barang mana saja yang perlu diseleksi. Beberapa barang akan dirasa ‘dibuang sayang’ karena ‘siapa tahu masih dibutuhkan’. Hal ini menjadikan acara beres-beres rumah jadi masalah yang cukup rumit dan membutuhkan waktu.

Nah, Hipwee Tips akan membantumu menyeleksi barang-barang yang layak kamu singkirkan, biar agenda bersih-bersih nggak lagi jadi hambatan. Coba cek, barangkali kamu masih menyimpan barang-barang ini, yuk!

1. Pisahkan dokumen-dokumen penting dan buang kumpulan fotokopian, struk belanja, dan kuitansi yang nggak terpakai lagi

mau diapain kalau banyak begini? via stellablueoceania.blogspot.co.id

Jika kamu berpikir bahwa tumpukan kertas fotokopian, struk belanja, dan kuitansi akan berguna di kemudian hari, kamu keliru! Kecuali kalau barang-barang ini benar-benar kamu butuhkan dan digunakan sebagai bukti pengeluaran uang atau hal lainnya.

Baiknya, kamu segera singkirkan kertas-kertas ini karena lama kelamaan akan menumpuk dan makan tempat. Atau, kamu boleh mengumpulkannya untuk dapat kamu jual ke tukang barang bekas. Lumayan ‘kan jadi rejeki.

2. Beberapa orang masih rela menyimpan pakaian dalam berlubang di lemarinya, walau fungsinya nggak lagi sama

Advertisement

ganti yang baru deh via www.thereviewstew.com

Yup, membeli pakaian dalam baru menjadi PR bagi sebagian orang. Mereka akan rela menggunakan pakaian dalam yang berlubang dan nggak elastis lagi, meski mereka tahu menggunakannya nggak lagi nyaman seperti sedia kala. Dan lagi, fungsinya sudah nggak lagi bisa melindungi tubuhmu.

Pakaian dalam merupakan salah satu yang nggak panjang umurnya untuk kamu pakai dan simpan di lemarimu. Jadi, jika kamu punya pakaian dalam yang sudah nggak layak pakai, segera buang dan kerahkan motivasi untuk membeli yang baru, ya!

3. Menyimpan majalah lama akan jadi masalah baru, baiknya segera kamu singkirkan sebelum makin malas mengurusnya

mending buat bungkus kacang via communitytable.parade.com

Singkirkan majalah yang telah tersimpan lama di lemari atau meja ruang tamu, karena kemungkinan besar kamu nggak akan membacanya lagi. Atau kalau kamu masih sayang, sumbangkan majalah tersebut ke tempat penitipan anak, salon, panti jompo, atau perpustakaan.

Jika alasanmu menyimpannya karena ada artikel-artikel penting yang masih ingin kamu baca dan simpan, scan dan simpan di folder komputer atau kamu bisa kumpulkan dan tempelkan di buku khusus sebagai kliping saja.

4. Barang kenangan akan sangat berat rasanya jika disingkirkan. Tapi, coba pisahkan mana kenangan yang harus diingat dan mana yang harus dibuang

buang aja daripada galau melulu via www.themodernman.com

Barang kenangan apalagi dari mantan, biasanya nggak tega untuk kamu buang. Apalagi jika kamu masih sayang dengannya. Padahal, para ahli menyarankan untuk menjadi kejam dan membuang semua barang kenangan seperti kartu dan hadiah yang nggak terpakai.

Nah, jika kamu merasa ingin menghormati orang yang telah memberikannya, simpanlah barang kenangan dalam satu kotak. Buang barang kenangan lain yang nggak layak masuk dalam kotak tersebut.

5. Jangan lagi kamu simpan parfum dan kosmetik yang sudah lama nggak terpakai, zat-zat kimia di dalamnya akan berubah fungsi bahkan mengiritasi

daripada iritasi via www.simpleluxeliving.com

Buanglah kosmetik yang sudah tersimpan lama dan nggak digunakan lagi. Jangan karena masih sayang dengan kemasan, warna atau tampilannya, kamu justru harus waspada dengan efek yang ditimbulkannya.

Beberapa produk kecantikan memiliki program daur ulang yang dapat menukarkan kemasan kosong merk tertentu dengan produk baru seperti, eyeshadow, lip gloss atau lipstik. Nah, kamu bisa memanfaatkan momen ini jika kosmetikmu sudah lama nggak terpakai.

6. Barang elektronik yang sudah rusak dan masih menumpuk di gudang, bisa kamu jual dengan harga yang mahal

elektronik bekas via www.thurstontalk.com

Kamu punya barang-barang elektronik yang berada di gudangmu dan sudah nggak digunakan lagi? Coba mulai pilih-pilih mana barang elektronik yang masih ingin kamu simpan, mana yang nggak bisa digunakan lagi dan akan disingkirkan. Ketimbang membuangnya percuma, kamu bisa menjual barang elektronik bekas itu di penjual barang bekas dengan harga mahal, lho!

7. Pakaian yang sudah nggak terpakai selama dua tahun mending disumbangkan ke yang lebih membutuhkan, daripada rusak atau mubazir

baju bekas sumbangin aja via shpock.com

Kamu masih punya pakaian nggak terpakai yang menumpuk di lemari selama dua tahun? Adalah kesalahan kalau kamu masih juga ingin menyimpannya. Kenapa nggak kamu menjualnya sebagai baju second atau mendonasikannya kepada orang-orang yang lebih membutuhkan? Daripada malah rusak karena jarang dipakai, ‘kan?

8. Ini penting! Obat-obatan dan vitamin yang kadaluarsa harus kamu pilah-pilah dan singkirkan segera

obat kadaluarsa via helpconstipation.net

Periksa kembali kotak obatmu. Buanglah obat-obatan atau vitamin yang sudah kadaluarsa dan nggak kamu gunakan lagi. Pertama-tama, periksa seperti apa metode yang tepat untuk membuang obat tersebut.

Jika kamu nggak menemukannya, campurkan obat-obatan tersebut dengan ampas kopi yang dimasukkan ke dalam kantong yang dapat disegel sebelum membuangnya untuk menghindari tangan-tangan jahil yang akan menyalahgunakan obat tersebut.

9. Terakhir, sadar atau nggak, souvenir dan bungkusnya yang dirasa menarik akan kamu simpan lama. Padahal ‘kan sudah nggak terpakai lagi

souvenir yang terbengkalai via www.tokopedia.com

Selain kipas, souvenir-souvenir nikahan seperti gantungan kunci, centong nasi, pembuka tutup botol, gelas kecil, hingga asbak biasanya nggak sengaja kamu simpan. Kamu merasa akan membutuhkannya suatu hari nanti, atau karena alasan menghormati pemberian orang lain.

Nah, mending kamu kumpulkan barang-barang tersebut dan kamu buang atau kamu berikan ke siapapun yang membutuhkannya.

Setelah membaca ini, semoga kamu nggak bingung lagi ya, mana barang-barang yang seharusnya dibuang atau dijadikan sebagai daur ulang. Selamat bersih-bersih!

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!