Kebanyakan orang bilang, standar kecantikan itu salah satunya adalah memiliki kulit putih mulus yang bersinar. Nggak heran kalau banyak cewek yang mencoba berbagai macam cara untuk membuat kulit mereka tampak lebih putih. Padahal, sebagai pemilik kulit sawo matang dan gelap, kamu harusnya bangga karena ternyata kulit sawo matang ini memiliki berbagai macam kelebihan, baik dari sisi kecantikan maupun kesehatan. Wow!

Penasaran ‘kan, apa saja kelebihan yang sebenarnya dimiliki si pemilik kulit sawo matang ini? Hipwee Tips punya informasinya buat kamu. Simak, ya!

1. Kulit sawo matangmu nggak akan mudah terbakar, dia lebih tahan terpapar sinar matahari secara langsung

berjemur? siapa takut! via il5.picdn.net

Jumlah melanin dalam kulit sawo matang yang lebih banyak ketimbang kulit putih. Kandungan melanin itu akan menjaga kulitmu dari efek jangka pendek paparan sinar matahari, seperti kulit yang terbakar (sunburn). 

Kulitmu akan tetap menjadi lebih gelap jika terlalu lama terkena sinar matahari, namun setidaknya kamu nggak akan merasa belang yang begitu timpang dengan kulitmu sebelumnya. Karena sudah terbiasa gitu, jadi nggak kaget deh.

2. Karena kandungan melaninnya yang berlebih, maka kulit sawo matang akan lebih sedikit berisiko terkena kanker kulit

Advertisement

gadis bali berkulit cokelat via terraceatkuta.com

Pemilik kulit sawo matang memiliki kandungan melanin atau pigmen penghasil warna yang lebih banyak. Kandungan melanin ini juga berfungsi memproteksi sinar UV. Kurangnya melanin akan menyebabkan kulit menjadi putih dan tampak pucat, sehingga pada akhirnya akan meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit. Jadi, sudah jelas ‘kan kalau si pemilik kulit sawo matang ini jauh dari risiko penyakit tersebut?

3. Lagi-lagi kamu beruntung, melanin yang kamu punya menghambat radikal bebas penyebab kerusakan sel

radikal bebas? no way! via kompasmuda.com

Menurut Diana Clarke, pendiri situs The Sun and Your Skin, banyaknya melanin yang dipunyai oleh pemilik kulit sawo matang berperan dalam menangkal radikal bebas.

Lebih jelas, banyaknya kandungan melanin yang terdapat pada lapisan epidermis kulit akan membantu lemak mempertahankan kelembapan kulit. Jika kulit kehilangan kelembapannya, maka akan menyebabkan kering dan pecah-pecah.

4. Kulit sawo matang lebih lama mengalami penuaan dini, artinya.. kamu lebih awet muda!

awet muda lho, aku! via i.huffpost.com

Kabar baik nih buat kamu! Nggak perlu terlalu khawatir mengalami keriput lebih cepat. Serat kolagen yang dimiliki kulit sawo matang cenderung lebih banyak dan lebih tebal. Kolagen penting dibutuhkan kulit untuk menjaga elastisitas, kelenturan, kekenyalan, kelembapan, dan ketahanan pada kulit. Itu sebabnya pemilik kulit sawo matang cenderung nggak mudah berkerut dan terlihat lebih awet muda.

5. Asal rajin mandi, kamu nggak perlu banyak polesan, karena kulitmu punya kecantikan yang natural

tampil lebih natural via i.ytimg.com

Dengan memiliki kulit sawo matang, kamu nggak perlu lagi dandan menor dan poles sana-sini. Kulit cokelatmu itu justru jadi daya tarik tersendiri. Cukup dengan polesan minimalis, kamu sudah terlihat manis, kok.

6. Bersyukurlah atas kelebihan melanin yang kamu punya, tulangmu lebih kuat karenanya

osteoporosis? jauh-jauh lah.. via hdwallpaperfx.com

Pemilik kulit sawo matang dipercaya beresiko lebih kecil mengalami osteoporosis karena mampu menyerap kalsium lebih banyak. Hal ini dikarenakan banyaknya jumlah pigmen yang dimiliki kulit sawo matang, hingga mampu menyimpan cadangan vitamin D3 yang berasal dari sinar matahari.

7. Berkat melanin (lagi), otak, saraf, alat indera berfungsi dengan baik

semua organ dan alat indera berfungsi baik via scontent-sit4-1.cdninstagram.com

Sinar radiasi yang diserap oleh melanin diolah kembali menjadi sebuah energi. Bisa dibilang, pemilik kulit sawo matang dapat bekerja lebih maksimal dan efektif.

Melanin yang terdapat pada lapisan epidermis kulit nggak hanya berfungsi untuk mempengaruhi warna kulit dan rambut. Melanin dibutuhkan oleh tubuh untuk bertahan hidup. Organ-organ yang ada pada tubuh, berfungsi lebih baik seiring dengan banyaknya jumlah melanin yang dimiliki.

8. Disadari atau nggak, warna kulitmu memancarkan aura yang lebih hangat 🙂

auranya lebih hangat via scontent-sit4-1.cdninstagram.com

Meskipun semua orang memiliki jumlah sel-sel melanosit yang sama, orang yang berkulit gelap mempunyai melanosit yang mampu menghasilkan melanin dalam jumlah banyak. Meningkatnya melanin inilah yang memberikan kulit warna yang lebih hangat.

9. Fakta yang ini akan lebih mencengangkan, kamu pemilik kulit gelap punya kemampuan bereproduksi lebih baik

reproduksi lebih baik via images.contentful.com

Jumlah melanin yang lebih banyak dihasilkan pada kulit gelap, berfungsi menyaring sinar UV untuk mencegah kerusakan pada DNA. Itulah sebabnya mengapa cewek berkulit gelap memiliki tingkat terendah dalam kasus kelahiran bayi cacat.

10. Dan, pemilik kulit gelap terlihat lebih seksi dan eksotis. Nggak jarang jadi idaman para bule

Ini sudah menjadi fakta yang diketahui sebagian besar orang, bahwa pada kenyataannya, orang berkulit sawo matang terlihat lebih seksi dan eksotis. Warna ini merupakan warna yang netral di antara warna kulit lainnya.

Itulah kenapa orang kulit putih berlomba-lomba untuk mendapatkan warna kulit seperti yang kamu punya dengan berbagai cara mulai dari berjemur sampai perawatan khusus. Dan lagi, faktanya orang berkulit gelap justru jadi incaran para bule karena dianggap lebih seksi dan eksotis. Tapi jangan sepenuhnya kamu yakini, ya!

Jadi, nggak perlu lagi kamu membandingkan warna kulitmu dengan warna kulit lain yang menurutmu lebih menarik. Ketahuailah, apa yang sudah diberikan kepadamu adalah anugerah yang patut kamu syukuri, termasuk berkulit sawo matang. Kalau kamu punya usul lain, silakan berkomentar, ya!