Doyan dandan atau bermakeup ria memang hal yang menyenangkan, apalagi jika keseharian kita menuntut untuk selalu tampil cantik dan fresh, tentu saja memakai makeup merupakan sebuah keharusan walaupun cuma bedak dan lip balm doang. Tapi kita juga harus tahu dulu ya, bagaimana agar tampilan kita sempurna dengan makeup kita dan tanpa cela. Coba deh simak kesalahan-kesalahan makeup berikut ini yang mungkin sering kamu lakukan…

1. Memakai pensil alis harusnya menyesuaikan bentuk alismu yang asli, jangan asal gambar alis saja.

jangan asal pakai pensil alis via youtube.com

Nggak mau dong dipanggil “si alis Shinchan” gara-gara ketebelan saat pakai pensil alis? Makanya, jangan terlalu tebal saat pakai pensil alis dan sesuaikan alur pensil alis dengan bentuk asli alismu ya. Hasilnya akan lebih bagus dan tetap natural.

2. Membubuhkan foundation atau BB Cream terlalu tebal di wajah bisa bikin komedo, lho!

hati-hati sama komedo! via thegloss.com

Tanpa foundation atau BB Cream, mungkin aplikasi bedak kita akan kurang sempurna dan melekat di wajah, untuk itu perusahaan kecantikan berlomba-lomba memproduksi krim wajah ajaib ini. Tapi, kalau sering memakai foundation atau BB cream dan terlalu tebal, ini bisa membuat pori-pori wajahmu membesar hingga komedoan! Walaupun kebanyakan krim ini sudah non-comedogenic, tetap saja ini bisa menyumbat pori-porimu jika dipakai terlalu tebal.

3. Suka shading hidung? Jangan berlebihan ya, agar usahamu menjadi mancung terlaksana dan bentuk hidungmu tidak aneh!

Advertisement

mau mancung tapi kok aneh? via youtube.com

Makeup dengan shading hidung memang trik termurah supaya tampilan hidungmu terlihat runcing dan cantik. Nah, jangan sampai kamu pulas butiran shading-nya terlalu banyak ya, bukannya mancung, kamu akan terlihat aneh dengan bentuk hidungmu.

4. Memakai bedak, khususnya bedak padat itu bukan diusap saja di wajah, yang benar adalah ditepuk dan tekan dengan pelan.

jangan cuma diusap, tapi ditekan ya via cosmopolitan.co.uk

Banyak yang belum mengetahui kalau memakai bedak khususnya bedak padat adalah dengan ditekan dan ditepuk, bukan diusap saja. Kenapa? Dengan ditekan dan ditepuk pelan, bedakmu akan meresap dengan sempurna ke wajah dan tidak cepat luntur meskipun keringat “membanjiri” wajahmu, berbeda jika hanya diusap, bedakmu akan cepat hilang bahkan ketika terkena angin.

5. Jangan sampai maskara atau eyeliner-mu “mbeleber”! Pastikan ia sudah benar-benar kering ketika kamu siap beraktivitas.

maskaramu jangan sampai luntur via mirror.co.uk

Duh, nggak lucu banget saat kamu bertemu dengan client atau bos kamu di kantor, maskara atau eyelinermu luntur karena keringat. Iyuuh banget! Untuk itu kamu harus teliti dan hati-hati saat memakai maskara atau eyelinermu, jika tidak begini, saat tanpa sengaja terkena keringat dan  kamu usap, ia akan luntur dan tampilanmu akan seperti zombie!

6. Sudah pakai lipstik merah “gonjreng” tapi riasan bagian matamu kosong dan polos saja? Ini sebuah kesalahan yang harus kamu ubah mulai sekarang!

imbangi dengan mascara atau eyeshadow ya… via shemazing.com

Pakai lipstik merah sah-sah saja, toh ini bisa membuatmu tampil lebih menawan dan berani. Tapi yang perlu diingat adalah, jangan lupakan riasan mata seperti eyeshadow, eyeliner, eyebrows, dan maskara ya! Atau cukup gunakan pensil alis dan maskara juga it’s okay, kok. Yang penting jangan biarkan tampilanmu justru terlihat pucat karena matamu tampil polos walaupun dengan lipstik merah meronamu.

7. Leher belang! Kesalahan makeup yang paling mainstream di muka bumi ini.

leher belang? OH NO! via nilenews.tv

Bukan muka saja yang butuh bedak, leher juga ya. Apalagi jika kamu tidak berjilbab, otomatis lehermu akan terpampang jelas setelah wajahmu. Untuk itu, jangan lupa bubuhkan bedak atau cream pada lehermu setelah kamu lakukan ini pada wajahmu, ini sangat penting agar kamu tak disangka memakai topeng!

Nggak mustahil lagi kamu bisa tampil cantik tanpa cela dengan make up kesukaanmu! Asal kamu selalu perhatikan kesalahan-kesalahan kecil di atas setiap kamu merias wajahmu ya, girls 🙂 be nice and beautiful!