Banten. Apa sih yang pertama kali melintas di kepalamu saat mendengar nama provinsi ini? Wilayah yang termasuk Tatar Pasundan atau bekas kerajaan Sunda ini kerap didefinisikan lewat hubungannya dengan wilayah-wilayah sekitarnya: seperti Jakarta dan Jawa Barat. Padahal, Banten sebagai provinsi punya keelokannya sendiri.

Nah, dari pantai sampai taman kota, 10 destinasi inilah yang paling menggambarkan Banten dan keelokannya!

1. Ciputat nggak hanya punya UIN dan perumahan saja. Ada Hutan Jombang Ciputat ini untuk menikmati segarnya udara

Hutan jombang

Hutan kota Jombang yang terletak di Ciputat, Tangerang Selatan ini adalah Menyusuri rindangnya pepohonan hijau sembari menikmati udara pagi yang segarnya menerpa wajah.

Ketika kakimu melangkah di antara 3000 jenis tanaman langka di sana, hangatnya sinar matahari yang jatuh di sela dedaunan masih dapat kamu rasakan. Meskipun taman ini nggak seluas Taman Kota 2 BSD City, berjalan-jalan di Hutan Jombang akan menghasilkan ketenangan tersendiri. Yuk, coba ke sini!

2. Pantai Sambolo: spot cantik untuk menunggu matahari terbenam di Banten

Advertisement

Ketika kamu berkunjung ke pantai ini, kamu bisa bermain pasir putihnya. Sambolo yang terletak di Jl. Raya Anyer KM 135 ini, di sini kamu bisa berenang dan menimati suasana pantai sambil nunggu matahari terbenam datang. Kalau mau berselfie di sini juga bisa, susuri saja spot-spot cantik di sepanjang pantainya.

3. Kamu juga bisa pergi ke Pantai Karang Taraje. Foto di depan karangnya

Karang taraje via www.klikhotel.com

Pada kesempatan lain, kamu bisa mengunjungi pantai Karang Taraje. Untuk menuju tempat ini kamu harus menuju kabupaten Lebak – Banten, sekitar 4 km dari Bayah. Keelokan hempasan ombak yang mengairi karang bisa jadi obyek buat kamu yang hobi jepret-jepret.

4. Meskipun tak boleh berenang di sini, Pantai Karang Bolong punya keindahan yang membuatnya layak dikunjungi

Pantai Karang Bolong via www.penghubung.bantenprov.go.id

Pantai yang masih berada di kawasan Anyer ini populer banget dalam beberapa dekade silam. Kini, pantai Karang Bolong kondisinya semakin tertata. Buat kamu yang mau menyusuri wisata Banten, jangan lewatkan yang satu ini ya. Oleh karena di pantai ini dilarang untuk berenang, cocok untuk kamu yang hanya ingin menikmati pemandangan saja.

5. Di Banten nggak cuma ada pantai saja. Ada juga pulau Manuk yang terkenal keindahannya.

Pulau Manuk berada tepat di kabupaten Lebak. Tidak kalah cantiknya dengan ikon wisata Lebak, yakni pantai Sawarna. Karena memang letaknya masih sekitar desa wisata Sawarna. Pantai yang dinamai Manuk, lantaran banyak terdapat burung-burung yang singgah di sana ini, cocok buat kamu kunjungi saat senja tiba. Kamu bisa menikmati jingganya langit sambil menggenggam sekaleng soda di tangan.

6. Jika ingin menyepi dan menyatu dengan alam, berenanglah di Curug Gendang sambil menatap birunya langit

Berenang di pinggir air terjun, sambil mendongak ke arah langit biru.. epik banget. Air terjun yang berlokasi di kecamatan Carita, kabupaten Pandeglang ini tempat yang cocok untukmu yang ingin menyatu dengan alam. Airnya juga jernih jadi kamu bisa bebas main air di sini. Jangan lupa ajak sohib-sohibmu ya!

7. Pantai Kelapa Tujuh, pantai yang riuh. Nggak pernah sepi

Pantai Kelapa Tujuh via sebelasnews.com

Pantai Kelapa Tujuh, salah satu pantai yang riuh. Pantai ini berada di kelurahan Suralaya, Kecamatan Pulau Merak, Kota Cilegon. Mungkin pasirnya tidak seputih beberapa pantai di Anyer, tapi pantai ini menjadi langganan banyak keluarga untuk menghabiskan akhir pekan. Dan kalau kamu beruntung, kamu bisa dideketin sama kambing-kambing yang suka ‘liburan’ di sini. Buat kamu yang suka keramaian, pantai ini bisa menjadi pilihan.

8. Alun-alun Serang adalah tujuan berikutnya ketika kamu ingin menikmati keramaian.

Alun alun serang via www.tangerangrayaonline.com

Bergerak ke sedikit ke kota, alun-alun kota Serang ini bisa jadi pilihan buat kamu yang penasaran seperti apa hiruk pikuk ibukota Banten ini. Banyak yang bisa kamu nikmati di sini, dari mulai menonton komunitas parkour hingga sekadar menikmati jajanan yang tersebar di sekitar Alun-alun. Alun-alun ini seperti tidak pernah tidur. Hampir selalu ramai, dari pagi hingga pagi lagi.

9. Kamu yang dari Cilegon, udah berkunjung ke ikon kota barunya belum?

Pasangmata via pasangmata.detik.com

Tugu yang nampaknya baru selesai dibangun ini bisa jadi pilihan buatmu untuk berselfie ria. Lokasinya terletak di kawasan Simpang Tiga, Cilegon. Kamu bisa berfoto dengan latar belakang susunan baja saat malam hari. Karena malam hari adalah saat yang tepat untuk menikmati riuhnya lalu lintas Cilegon.

10. Sebelum  kamu menutup hari, kunjungi dulu Masjid Agung Cilegon. Sekalian makan Rabeg sampai kenyang!

Masjid Agung Nurul Ikhlas Cilegon via www.bantenmaps.com

Pertama kali kamu berkunjung ke kota Cilegon, masjid ini pasti menarik perhatian matamu. Menaranya yang tinggi menjulang bisa kamu nikmati keelokannya dari kejauhan. Sesekali kamu bisa melaksanakan salat Maghrib di Masjid ini. Dan menikmati masakan khas Banten, Rabeg, yang dijajakan tidak jauh dari area masjid.

Beragam referensi wisata Banten di atas, semoga bisa jadi pilihan untuk kamu yang pingin mengeksplore Banten di liburan akhir tahun ini. Happy holidaaay…