Anak muda lagi demen banget sama yang namanya jalan-jalan. Tuntutan media sosial-lah yang bikin banyak dari mereka traveling ke berbagai kota, desa maupun antar negara. Instagram, Facebook, Path dll bikin orang keranjingan jalan-jalan. Luar biasa memang. Sisi positif trend ini adalah perekonomian masyarakat meningkat karena dunia pariwisata kian ramai. Yeay!

Nah, biar liburan kamu hemat dan bisa irit banyak, kamu mesti coba pakai kereta api. Mungkin sebagian besar dari kamu sudah sering menggunakannya ya. Nggak asing lagi. Tapi pernah kepikiran nggak sih kalau banyak destinasi favorit di Indonesia dekat sekali dengan stasiun kereta api. Jadi kan kamu bisa langsung ke tempat favorit kamu deh. Ngirit dong ya.

Kali ini Hipwee Travel mempersembahkan artikel tentang destinasi impian yang lokasinya nggak jauh dari stasiun kereta. So, bisa kamu datangi pakai kereta, Gaes. Mau tau?

Destinasi liburan paling kece di Jogja, Malioboro bisa kamu datangi hanya beberapa langkah dari Stasiun Tugu, Jogja

malioboro di waktu malam via ranarast.files.wordpress.com

Kalau sedang bertandang ke Jogja, kamu bisa langsung cabut ke pusat belanja paling populer di Kota Gudeg, Malioboro. Nggak sampai 10 menit kamu sudah bisa mencapai Malioboro selepas turun dari kereta di Stasiun Tugu. Kamu bisa jalan kaki atau naik becak kok. Puas-puasin deh menyusuri Malioboro sembari menunggu sahabatmu yang mau menjemput. Efisien kan waktumu, Gaes?

Tepat berada di depan Stasiun Gambir, Monas berdiri gagah sebagi simbol kebesaran Republik Indonesia

Advertisement

Bagi kebanyakan orang di daerah, belum sah mengunjungi Jakarta sebelum ke Monas. Yap, memang begitulah adanya. Menaiki ruang di puncak Monas yang berlapis emas itu begitu membanggakan sembari menyaksikan keindahan ibukota. Apalagi kamu nggak terlalu butuh tenaga ekstra untuk menuju ke sana. Tinggal jalan kaki sebentar dari Stasiun Gambir sampai deh ke Monas. Nah, masa kamu belum pernah ke sana? Malu atuh. Hehehe.

Kamu bisa selfie dan kasih makan burung di Alun-alun Kota Malang. Nggak jauh kok dari Stasiun Kotabaru Malang!

alun alun malang via bakorwilmalang.jatimprov.go.id

Sebelum kamu mendaki Gunung Semeru atau ke Bromo, sempatkanlah mampir ke Alun-alun Kota Malang yang sungguh cantic ketika berpadu dengan lensa kamera. Ada beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di sana, seperti memberi makan burung, foto-foto selfie, jalan-jalan santai, atau sekedar duduk-duduk di bangku taman. Banyak spot instagrammable yang bisa kamu temukan di sini!

Ada dua stasiun yang tak jauh dari Kraton Solo. Kamu bisa turun di Stasiun Balapan maupun Stasiun Jebres, abis itu naik becak sebentar ya

Kraton Surakarta yang penuh dengan peninggalan budaya tentu jadi salah satu destinasi yang menarik untuk kamu tuju. Lokasinya juga mudah sekali diakses via kereta api kok. Kamu bisa turun di Stasiun Balapan atau Stasiun Jebres untuk meneruskan perjalanan budaya ke sana. Pilihan menggunakan becak merupakan pilihan yang seru kok. Murah dan bisa memotret pemandangan sepanjang perjalanan. Perlu kamu coba deh, Kak!

Nikmati sensasi Batavia tempo dulu di Kota Tua Jakarta, hanya sepelemparan batu dari Stasiun Jakarta Kota

museum fatahillah via wisatajawa.co.id

Mumpung pernak pernik jadul lagi ngetrend di Instagram, kamu perlu deh sesekali kunjungi Kota Tua Jakarta. Nuansa Batavia yang vintage abis bisa jadi alasan penting buat kamu foto-foto di sana. Kunjungilah Museum Fatahillah dan berposelah bersama para model yang berdiri di depan gedung. Tenang gaes, Kota Tua dekat sekali kok sama Stasiun Jakarta Kota. Kamu bisa jalan kaki aja ke sana.

Monumen Kapal Selam Surabaya bisa kamu kunjungi dengan berjalan kaki saja. Lokasinya hanya di seberang Stasiun Gubeng kok.

Tepat berada di sebarang Stasiun Gubeng, kamu bisa temui monumen kapal selam Surabaya. Sebuah kapal selam besar bernama KRI Pasoepati 410 dibuka pada tahun 1998 sebagai museum. Kamu bisa mempelajari tentang perjuangan TNI Angkatan Laut dalam mempertahankan kedaulatan dan pertahanan bangsa Indonesia di museum ini. Buat foto aja juga seru sih. Apalagi lokasinya cuma di seberang stasiun aja. Dateng ke sana ya kalau ke Surabaya!

Jelajahi Bandung di waktu malam melalui jalan Braga yang berada nggak jauh dari Stasiun Kota Bandung. Nuansanya eksotik dan asyik.

Mau menelusuri Bandung yang juga bernuansa tempo dulu, kamu harus coba ke Jalan Braga. Jalanan yang begitu termasyur di era kolonial Belanda pada awal 1900an ini merupakan pusat ekonomi pada masanya. Sekarang, kamu masih bisa temui took-toko dan bangunan yang mempertahankan arsitektur aslinya sehingga tampak keren di masa sekarang. Datanglah di Braga pada malam hari dan nikmati eksotisme Bandung. Kamu juga bisa menikmati Braga Culinary Night dan Braga Festival loh. Lokasi Jalan Braga relatif dekat dengan Stasiun Bandung. Kamu bisa ojek atau naik angkot untuk ke sana.

Museum Bung Karno nggak deket-deket amat sih sama Stasiun. Yah, tapi kamu bisa menuju destinasi ini dengan angkutan kok

patung bung karno via www.wisatawan.net

Makam dan museum Proklamator Republik Indonesia di Blitar merupakan destinasi wajib kunjung buat kamu mahasiswa dan pelajar. Di sana kamu akan mengenal lebih dekat Presiden pertama negara ini. Selain wisata sejarah kamu juga bisa ziarah ke makam Ir Soekarno juga. Cocok sih buat wisata bareng temen-temen sekolah atau kuliah kamu, Bro. Lokasinya nggak begitu deket Stasiun Blitar sih, kamu butuh angkutan jarak dekat atau becak juga.

Kamu bisa foto vintage di bangunan-bangunan Indisch yang terletak di Kota Lama Semarang. Hanya beberapa langkah aja dari Stasiun Tawang

Gereja Blenduk Semarang bisa jadi tempat menarik yang bisa kamu datangin di Semarang. Di sekitarnya juga terdapat bangunan-banguan tua khas Kota Lama yang eksotis, ya meskipun setiap tahun kebanjiran. Kota Lama ini sebenarnya sangat menarik buat kamu kunjungi, hanya saja memang masih butuh perbaikan dalam beberapa hal. Jarak dari Stasiun Tawang juga deket kok. Lebih baik kamu mengelilinginya berjalan kaki sih.

Kalau kamu ke Jogja, bersegeralah menuju ikon Tugu Jogja yang sungguh mempesona. Jangan lupa nikmati kopi Joss yang melegenda

tugu di waktu malam via yellow-up-yourlife.blogspot.co.id

Destinasi impian bagi traveler yang piknik ke Jogja tentu salah satunya adalah Tugu Jogja. Jaraknya hanya 400 meter dari Stasiun Tugu kok Gaes! Deket kan. Kamu bisa menyusuri Jalan Pangeran Mangkubumi dan mencicipi angkringan khas Jogja yang murah meriah serta kopi Joss yang melegenda. Resapi aroma kopi bercampur arang panas yang begitu menggiurkan. Setelah itu foto di Tugu Jogja sudah menjadi keharusan yang nggak boleh ditinggalkan.

Itu dia 10 destinasi wisata yang bisa kamu jangkau dari stasiun kereta terdekat. Kamu bisa datangi tempat-tempat kece tersebut pake kereta aja. Kereta selain murah juga aman buat kamu jalan-jalan.

Kalau kamu sudah agendakan jadwal kamu sama pesan tiket yang murah abis pake kereta, yuk tinggal ajak sahabat dan pasangan kamu buat menjelajahi semua destinasi andalan tersebut.

Terakhir, selamat berpiknik ria pake kereta ya!