Surga bawah laut Indonesia memang tiada duanya. Hamparan garis pantai terpanjang di dunia menyimpan berjuta kekayaan bawah laut yang sungguh memukau. Terbentang dari Aceh hingga Papua, pesona keindahan bahari negeri ini sudah tidak diragukan lagi. Masa kamu nggak mau mengunjungi?

Dari 17ribu pulau di Nusantara, sudah berapa pulau kau sambangi?

Kali ini Hipwee Travel bakal jalan-jalan ke Lombok buat merangkum 10 gili dengan kombinasi panorama pulau dan pemandangan bawah laut terbaik! Kami urutkan dari nomer 10 hingga nomer 1. Kamu harus menyiapkan liburanmu dan segera bergegas ke sana. Ingat, artikel ini bakal bikin kamu mupeng berat traveling ke Lombok. Hehehe.

10. Sebuah gili di Sekotong menyimpan gerombolan ikan yang membuatmu terpana. Gili Nanggu bikin harimu makin seru!

gili nanggu via www.sociotraveler.com

Gili Nanggu berada di Lombok Barat dan relatif mudah dijangkau menggunakan kapal nelayan. Di gili nanggu ini arusnya cukup kuat kalau sore, jadi lebih baik pagi-siang kalau mau snorkeling di sana.

9. Masih di Sekotong, Gili Kedis bisa kamu nikmati begitu syahdu. Pulaunya sangat imut dan lucu

Advertisement

pulau mungil via www.jayanjayan.com

Gili Kedis adalah pulau super kecil yang berpasir putih dengan air laut yang begitu biru menenangkan. Kamu bisa sih snorkeling di sini, tapi kayanya bersantai di sini jauh lebih menarik kan ya? Pulau ini hanya berada di seberang Gili Nanggu.

8. Beralih ke timur, Gili Bidara punya lokasi untuk konservasi terumbu karang. Nah, kamu bisa belajar di sana!

menanam terumbu karang via c2.staticflickr.com

Sedih memang melihat kenyataan banyak terumbu karang yang rusak karena disentuh maupun diinjak. Perlu kamu tahu kalau terumbu karang itu langsung mati kala saat kamu sentuh, apalagi diinjak. Please jadi traveler cerdas. Tanamlah terumbu karang di gili bidara Lombok Timur.

7. Gili Layar di ujung barat Pulau Lombok bisa bikin kamu betah berada di dalam perairannya. Cobain deh.

terumbu karang indah via aboutourstory.files.wordpress.com

Gili Layar berada di Sekotong Lombok Barat yang cukup jauh jaraknya dari kota, sama dengan Gili Asahan. Namun, jangan kaget kalau pulau ini seru banget deh. Bawah lautnya kece abisss!

6. Gili Air jadi spot andalan snorkeling 3 gili. Jangan cuma ke Trawangan, sempatkan ke Gili Air!

gili air scuba diving via www.gilibookings.com

Snorkeling oke, diving pun makin oke. Jangan lupa luangkan diving di perairan gili. Rugi sih kalau nggak cobain.

5. Gili paling populer di dunia, Gili Trawangan! Ribuan traveler membanjiri pulau kecil ini tiap harinya!

gili trawangan via www.shutterstock.com

Siapa sih yang menyangsikan pesona Gili Trawangan?

4. Kalau pas laut pasang, Gili ini hilang tenggelam. Sambutlah Gili Kapal, cuilan surga di Indonesia!

gili kapal via 2.bp.blogspot.com

Mungkin gili ini sulit ditemukan di peta. Ya maklum sih soalnya kalau lau pasang pulau ini ikutan tenggelam. Selain bawah lautnya seru, di atas pulau ini juga banyak sekali burung beterbangan! Indahnya…

3. Gili Asahan di barat Lombok jadi jujugan para wisatawan internasional. Selain untuk surfing, nemo pun kamu bisa temukan di sana

Gili Asahan memang relatif berada jauh dari pusat kota Mataram. Lokasinya yang berada di ujung barat Lombok mungkin bikin kamu males ke sana. Tapi setelah tau keindahan bawah lautnya, yakin masih males ke sana?

2. Spot andalan bawah laut di 3 gili yakni Gili Meno. Kura-kura bisa kamu temukan di sana!

mengejar penyu via www.shutterstock.com

Serunya menyelami perairan Gili Meno adalah ketika kamu bisa bertemu dengan penyu yang sedang melayang di dalam laut. Awesome Men! Kamu pasti bahagia banget ketemu penyu di sana, yakin deh!

1. Underwater terbaik di Lombok, Gili Kondo! Sangat alami dan ikan berwarna-warni akan menyerbumu…

Mengapa Gili Kondo jadi destinasi terbaik untuk snorkeling? Ya, simpel sih alasannya. Di Gili Kondo masih alami dan belum banyak rusak seperti gili-gili yang lain. Apalagi kamu bisa diserbu ribuan ikan warna warni yang begitu memanjakan mata. Tidak seperti gili lain yang butuh perahu untuk mencarispot snorkeling, di gili kondo kamu cuma cukup berenang sedikit dari pinggir pantai. Gileee… Ngiler men!

Nah, bagaimana? Betah kan kalau kamu berada di dalamnya? Yuk agendakan ke Lombok segera. Gili-gili yang mempesona akan menyambutmu dengan penuh cinta.