Globalisasi, perubahan iklim, serta perkembangan ekonomi, sosial, dan teknologi membuat kota-kota di dunia harus beradaptasi agar dapat memenuhi segala kebutuhan warganya. Kota-kota besar dunia berikut ini telah berkembang sedemikian cerdas sehingga dinobatkan sebagai kota terpintar di dunia menurut IESE Business School berdasarkan Cities In Motion Index (ICIM).

Para peneliti menyusun peringkat dengan mengacu pada lebih dari 50 kategori dalam 10 dimensi berbeda, yang mencakup pemerintahan, manajemen publik, perencanaan kota, teknologi, lingkungan, akses internasional, keterpaduan sosial, mobilitas dan transportasi, kemampuan untuk menarik tenaga kerja, dan ekonomi. Berikut adalah daftarnya.

10. Oslo, Norwegia

Kota Oslo di malam hari via www.visitoslo.com

Oslo berperan penting sebagai pusat pemerintahan dan ekonomi bagi Norwegia. Kota ini juga berfungsi sebagai penghubung perdagangan, industri, perbankan, dan perkapalan. Area metropolitan Oslo berpenduduk lebih dari 1,5 juta jiwa dengan jumlah imigran mencapai 25% dari total penduduk, sehingga Oslo dianggap sebagai salah satu kota global.

9. Seoul, Korea Selatan

Menikmati senja di tepi sungai via seoulprivatetour.com

Advertisement

Ibukota Korea Selatan ini merupakan pusat politik, budaya, sosial dan ekonomi di Korea Selatan dan Asia Timur. Seoul dianggap sebagai keajaiban ekonomi Korea. Kota ini menjadi salah satu penduduk terpadat di dunia dengan 10 juta penduduk yang tinggal di areal seluas 605 km .

8. Osaka, Jepang

Cahaya Kota Osaka via watcher.ro

Satu dari dua kota di Jepang yang masuk ke dalam daftar kota terpintar di dunia. Osaka yang terletak di Kansai, Jepang, merupakan kota berpenduduk terbesar nomor tiga di Jepang setelah Tokyo dan Yokohama. Kota ini berperan penting di sebagai pusat industri dan pelabuhan untuk daerah metropolitan Osaka-Kobe-Kyoto.

7. Basel, Swiss

Jembatan Basel via www.baselinenglish.ch

Salah satu kota terbaik yang terletak di Swiss, Basel merupakan kota dengan penduduk terbanyak nomor tiga setelah Z rich dan Jenewa. Kota ini berfungsi sebagai pusat industri kimia dan farmasi. Basel juga merupakan pusat budaya yang sangat penting dan memiliki banyak teater dan museum.

6. Jenewa, Swiss

Kota di Swiss berikutnya yang masuk dalam daftar kota terpintar. Jenewa menjadi kota terpadat nomor dua di Swiss bukan tanpa alasan, kota ini merupakan salah satu kota terpenting di dunia karena menjadi markas dari berbagai organisasi internasional, seperti markas PBB untuk Eropa, WHO, ILO, maupun CERN.

5. Paris, Prancis

Pemandangan kota Paris via toptravellists.net

Paris merupakan kota terbesar sekaligus terpadat di Prancis. Kota ini menjadi jantung kebudayaan, fashion, dan juga pusat bisnis bagi Prancis. Paris yang romantis ini juga menjadi kota tujuan wisata paling populer di dunia, dengan jumlah wisatawan mencapai 30 juta orang per tahun.

4. Z rich, Swiss

Zurich via geonice.com

Kota ini merupakan pusat perdagangan sekaligus kota terbesar di Swiss. Terletak di Kanton Z rich, Z rich terkenal dengan transportasi massalnya yang menakjubkan dan menjadi salah satu titik pusat pertemuan lalu lintas kereta api, jalan bebas hambatan, dan transportasi udara.

3. New York, Amerika Serikat

New York menjelang senja via www.americapictures.net

Siapa yang tak mengenal New York? Jika kamu suka menonton film-film superhero Amerika, pasti familiar dengan yang satu ini. New York merupakan negara bagian Amerika Serikat dengan jumlah penduduk nomor tiga terbesar di Amerika Serikat. New York berperan sebagai pusat keuangan, budaya, transportasi, dan manufaktur dan terkenal sebagai gerbang bagi para imigran.

2. London, Inggris

Lanskap kota London via londonhotelvideos.info

Sebagai ibukota Inggris dan Britania Raya, London adalah yang terdepan di bidang seni, bisnis, pendidikan, hiburan, mode, keuangan, kesehatan, media, layanan profesional, penelitian dan pengembangan, pariwisata, serta transportasi. Kawasan perkotaan London Raya juga menjadi kawasan urban terbesar kedua (setelah Paris) di Uni Eropa dengan jumlah penduduk lebih dari 8 juta jiwa, sedangkan kawasan metropolitan London adalah yang terbesar di Uni Eropa dengan populasinya yang diperkirakan mencapai 14 juta jiwa.

1. Tokyo, Jepang

Wajah Shibuya di malam hari via adrianowong.wordpress.com

Tokyo Tower dari sudut jalan via ginaharaszti.com

Ibukota Negeri Sakura ini menempati posisi puncak pada daftar kota terbaik di dunia. Menjadi kota metropolitan dengan populasi terbanyak di dunia, Tokyo menjadi tempat bernaung dan mencari nafkah bagi lebih dari 36 juta penduduk, baik yang tinggal di Tokyo maupun kota-kota di sekitarnya. Selain menjadi salah satu dari tiga pusat keuangan dunia, Tokyo juga dikenal memiliki sistem transportasi massal paling kompleks dan paling sibuk di dunia.

Nah, itu dia daftar kota-kota terpintar di dunia menurut IESE Business School. Kira-kira kapan ya kota di Indonesia bisa masuk ke dalam daftar kota terpintar?