Bosan di Jakarta tapi tak ingin pergi jauh-jauh untuk memanjakan lidah kamu mencicipi kuliner yang sungguh khas, segeralah berkemas dan bertandang ke Bogor. Kota yang terkenal sebagai kota hujan dan kota seribu angkot dijamin bisa memuaskan hasrat kulinermu yang menggebu-gebu. Enaknya ke Bogor, kamu tak perlu rempong untuk menuju Bogor. Setiap waktu, transportasi begitu banyak tersedia dari Jakarta menuju Bogor. Perhatikan saja jadwal KRL! Kamu hanya perlu siapkan perut yang kosong, lidah yang lihai dan cukup uang yang tak akan membuatmu stress.

Hipwee dengan senang hati mengantarkan kamu ke kuliner-kuliner yang sungguh khas asal Bogor. Simak 10 daftar ini ya….

1. Tiba di pagi hari, kamu wajib mulai harimu di Bogor dengan sarapan Cungkring

Guyuran sausnya bikin ngiler. via www.wego.co.id

Namanya memang Cungkring, tapi kamu jangan pernah beranggapan kalau sarapan ini bisa bikin kamu cungkring alias kurus. Tampaknya masakan ini bukan menu diet yang pas untuk mengurangi berat badanmu. Cungkring dalam bahasa Sunda artinya Kikil lho. Coba saja santap kuiliner yang letaknya berada di salah satu sudut Jalan Surya Kencana ini, kamu akan menjumpai potongan kikil dan bagian kepala sapi yang dibumbui kuning dengan diguyur manisnya bumbu kacang spesial. Kamu akan menyantapnya dengan lontong ketan, oncom dan tempe goreng tepung. Oh ya, menikmati Cungkring berarti kamu tak boleh kesiangan. Penjualnya, Pak Jumat buka jam 7an dan sudah ludes sekitar 2 jam. Hebat kan!

2. Susuri Jalan Surya Kencana, temui Sate Sumsum Pak Oo yang bisa bikin kamu tak berhenti tersenyum. Penasaran kan?

Jenis yang langka, sate sumsum sapi. via poenyanizz.blogspot.co.id

Advertisement

Surya Kencana terbukti jadi pusatnya kuliner Bogor. Jalan yang katanya tertua di Bogor ini punya banyak ragam kuliner. Meski di daerah Pecinan, kamu akan lebih banyak menjumpai kuliner yang halal lho. Susuri jalan legendaris ini dan mampirlah ke Sate Sumsum dan Ginjal Pak Oo. Jika kamu biasanya menjumpai sate berbahan daging ayam, kambing atau sapi, sate ini dari sumsum sapi. Bagi kamu yang suka tantangan, pasti bikin kamu tersenyum puas. Rasakanlah sate unik nan menantang dari kelembutan sumsum sapi yang dilumuri oleh manisnya saus kacang spesial. Kamu juga perlu coba sate ginjalnya yang tak kalah uniknya.

3. Masih di Surya Kencana, segarkanlah siangmu dengan Es Pala yang akan membuat kepalamu sejenak adem

Rasa palanya sungguh menyegarkan dahaga. via travel.kompas.com

Ada gang di Surya Kencana yang sangat legendaris, namanya Gang Aut. Di gang ini, kamu perlu jajal es pala Bu Aisyah yang sudah melewati tiga generasi sejak tahun 1943. Walau lapaknya sederhana, Es Pala selalu diburu oleh penggemar kesegaran di terik siang. Uniknya, meski hujan pun, es pala tetap tak kekurangan pelanggan. Manjakan siangmu dengan es yang tersusun dari serutan istimewa buah pala yang asam dengan disajikan bersama air gula dan es batu. Kamu juga bisa menikmati Es Pala yang telah berkombinasi dengan mangga, kelapa, dan sirsak. Selain lezat, es pala ini ternyata memiliki manfaat lebih, seperti mengatasi insomnia, melancarkan pencernaan, mengurangi nyeri datang bulan pada wanita, serta mengatasi rasa mual. Bagaimana? Dari cerita segarnya, rasanya cukup ampuh untuk bikin kepalamu adem.

4. Mau tahu yang bikin kangen pada Surya Kencana dan Bogor? Cobalah maknyusnya Soto Kuning

Menggodanya Soto Kuning Bogor. via travel.kompas.com

Seperti daerah lain, Bogor tak ketinggalan untuk punya soto khas asli yang tak akan dijumpai di daerah lain. Masih di Surya Kencana, kamu harus santap Soto Kuning yang bisa ditemui mulai sore hari. Kamu akan mendapati soto yang kuahnya beneran berwarna kuning dengan taburan irisan tomat, daun seledri, bawang goreng, serta isian utama yaitu potongan daging sapi, paru, usus, babat, serta jeroan lainnya. Penampakannya sangat menggairahkan. Cobalah cicipi perlahan dan rasakanlah rasa rempah dan santan yang gurih memanjakan lidah. Nyam.. nyam Sekali sudah mengecup kenikmatan soto kuning Bogor, dijamin kamu akan gampang merindukan Bogor. Warung Soto Kuning yang patut banget dicoba adalah warung Pak M Yusuf dan Pak Salam.

5. Pecinta Bakso sejati, belum lengkap kalau belum coba Bakso Kikil nya Pak Jaka. Cari tahu kenapa banyak artis mampir kesini

Kikilnya berpadu dengan gurihnya bakso. Juara. via www.rekomendasi.me

Penjual Bakso memang bertebaran di mana-mana, fans bakso pun tak mengenal kasta. Bakso Kikil Pak Jaka di Jalan Suryakencana adalah sebagian kecil penjual bakso yang istimewa dengan pengunjung yang juga istimewa. Kamu hanya akan menjumpai lapak sederhana tanpa ada meja, dihiasi oleh gerobak dan bangku saja. Namun, jangan remehkan kemewahan cita rasa baksonya. Santaplah bakso berdaging sapi racikan sendiri dengan kuah bening khas Sunda yang dilengkapi dengan empuknya potongan kikil. Tak ada saos di warung ini lho, tapi kamu bisa mencampurnya dengan Kecap merk Zebra yang sangat spesial di hati warga Bogor. Uniknya, kamu tak akan makan di atas meja, hanya duduk di bangku yang tersedia. Malah, jika tempat duduk habis, kamu pun tak akan mengeluh untuk menyantap Bakso Kikil ini meski harus berdiri. Kenikmatannya juara!

6. Ketika kamu melewatkan Soto Mie, rasanya kamu patut dianggap belum datang ke Bogor

Potongan daging dan risolnya bikin ngiler. Soto mie Bogor via www.harindabama.com

Inilah kuliner khas yang bisa kamu jumpai begitu mudah di Bogor. Kamu bisa menemuinya di sudut-sudut kota Bogor, mulai dari pintu keluar stasiun, di gang kampung sampai di berbagai lokasi wisata. Soto Mie Bogor ini berkuah bening dengan paduan istimewa mie, bihun, wortel, kentang, lobak, potongan risol, daging, kikil, emping, bawang goreng dan bawang daun. Nah, pasti sukses bikin kamu ngiler kan? Yang paling sering disarankan tentang cita rasa Soto Mie yang mantap, kamu perlu ke Soto Mie Mang Ohim di Jalan Taman CImanggis. Risol gorengnya itu lho, kering nan renyah.

7. Toge Goreng yang mengelabuimu karena ternyata tak digoreng tapi direbus. Namun, rasanya sangat jujur enaknya

Toge goreng yang ternyata direbus. Jujur enak.. via www.bogorgate.com

Entah kenapa kuliner satu ini bisa dinamai Toge Goreng walaupun tak digoreng. Namun, kamu tak perlu kebingungan soal keanehan ini. Langsung saja, biarlah lidah yang menjawabnya. Kamu akan disuguhi kuliner spesial yang diracik dari susunan toge, potongan ketupat, mie kuning dan tahu kuning rebus. Guyuran lezat saus tauco yang agak masam menjadi penyempurna Toge Goreng. Datanglah ke Toge Goreng Hj Omah di Jalan Jenderal Soedirman 23 A yang terkenal se-seantero Bogor ini untuk mendapatkan cita rasa terbaik. Maknyuss, gaes!

8. Kalau kamu keasyikan mengenyam pahit getirnya kehidupan, cobalah Asinan Bogor untuk menyadarkanmu betapa hidup ini penuh rasa

Asinan Bogor yang mengundang perhatian untuk menyantapnya. via www.bogor.net

Bogor barangkali bisa menyuguhkan kamu betapa kehidupan ini penuh rasa. Santaplah Asinan Bogor yang akan menyajikanmu suatu kuliner yang dari namanya identik dengan rasa asin tapi begitu lidahmu menjajal, lebih banyak rasa asam dan manis yang terasa. Belum ditambah lagi rasa pedasnya karena pengaruh cabainya. Kaya rasa bukan?

Paling nikmat, kamu menjajalnya di Asinan Nyonya Yenny di Jalan Bina Marga. Kamu bisa memilih mau asinan sayur atau asinan buah. Kalau kamu menyantap asinan sayur biasanya berisi irisan kol, wortel, tauge, sawi asin dan tahu, yang diguyur kuah asinan yang asam dan pedas dengan disajikan bersama kacang tanah dan kerupuk kuning. Atau jajal asinan buah yang berisi potongan pepaya, kedondong, bengkuang, jambu air, mangga, nanas dan juga pala dengan disajikan secara sama.

9. Doclang yang cita rasa khasnya bisa membuatmu terus terkenang terngiang-ngiang

Doclang yang penuh kenangan, eh… via www.hellobogor.com

Sarapan di Bogor tak perlu kesusahan untuk mencari yang khas. Cobalah Doclang yang memang Bogor banget. Dari namanya saja, Doclang pun sangat berkesan, apalagi rasanya. Kamu akan menyantap makanan mirip ketoprak, tapi kamu akan bertanya-tanya dengan yang bahan dinamakan pesor . Nah, pesor ini adalah semacam ketupat tapi dibungkus daun patat. Tahu gak? Daun patat ini merupakan daun unik yang tumbuh di lereng Gunung Salak. Uniknya, penjual Doclang yang konservatif akan menggunakan kecap cap Zebra khas Bogor. Katanya lebih nikmat. Kamu bisa menjumpai Doclang yang otentik di depan Toko Terang Jembatan Merah.

10. Betapa hampanya perjalananmu jika sehabis dari Bogor tanpa membawa oleh-oleh Roti Unyil yang legendaris itu

Si mungil roti unyil yang rasanya ngengenin. via www.sidomi.com

Meski gampang diakses dari ibukota, bukan berarti kamu pulang dari Bogor dengan tangan hampa. Roti Unyil Venus adalah oleh-oleh khas Bogor yang tak boleh kamu lewatkan untuk dipersembahkan kepada keluarga atau pacar tercinta. Kamu memang bisa menjumpainya di berbagai toko oleh-oleh di Bogor, tapi langsung membungkusnya dari pusatnya di Komp. Ruko V-Point, Jl. Pajajaran No.1 tentu lebih istimewa. Si mungil Roti Unyil ini memiliki lebih dari dua puluhan varian rasa lhoo. Kamu bisa memilih rasa coklat, pisang keju, sosis keju, sosis, srikaya, nanas, fla coklat, baso, abon, daging asap dan sebagainya. Jangan terlewatkan yang paling unik yakni roti dengan fla dan butiran jagung.

Di Bogor, masih banyak kuliner lain yang sungguh lezat tentunya. Nah, bagi yang berkelana ke Bogor pertama kali, rasanya 10 kuliner di atas sebaiknya jadi prioritas. Tak ada salahnya, kamu ke Bogor khusus untuk mengeksplorasi ragam kulinernya yang yahud. Sehari pun cukup.

Yuk, berburu kuliner di Bogor, travelers!