Negara kita adalah negara yang kaya akan budaya. Mulai dari Sabang sampai Merauke, kamu akan menemukan cerita-cerita soal makhluk mitologi yang melegenda di tiap daerahnya. Namun, meski hanya sebatas mitos, banyak loh ternyata masyarakat kita yang masih percaya dengan makhluk-makhluk mitologi ini. Bahkan banyak yang takut akan kehadirannya.

Penasaran makhluk mitologi Indonesia seperti apa? Nih Hipwee Travel kasi tahu soal mereka~

1. Dari Flores ada makhluk bernama Ebu Gogo. Sosok manusia berbulu yang memiliki ukuran nggak lebih dari satu meter doang!

Ini nih bentukannya Ebu Gogo via www.gadgette.com

Makhluk mitologi yang satu ini dipercaya hidup di pulau Flores. Menurut bahasanya, Ebu berarti nenek dan Gogo berarti pemakan segala. Dari dua kata tersebut dapat disimpulkan kenapa makhluk yang digambarkan memiliki tinggi yang nggak lebih dari satu meter dengan tubuh yang ditutupi bulu ini disebut Ebu Gogo. Menurut masyarakat Flores, makhluk kecil ini memiliki sifat jahat dan rakus. Ia bahkan kerap bisa menyantap bayi manusia dengan lahapnya. Nggak heran kalau dinamakan “nenek pemakan segala”.

2. Kamu yang dari Jawa Barat pasti kenal sama Ahool. Laporan pertama soal Ahool muncul pada 1925, loh…

Ahool nih… via cryptidz.wikia.com

Advertisement

Pertama kali muncul dalam laporan Dr. Ernest Bertels – seorang ahli ilmu burung – pada 1925, Ahool digambarkan sebagai sosok yang memiliki bentuk seperti kelelawar. Memiliki sayap yang membentang sepanjang 12 kaki, makhluk yang satu ini jelas ditakuti. Oleh masyarakat sekitar, Ahool diperkirakan hidup di sekitar lereng pegunungan Salak. Sebuah tempat yang memang masih jarang dijelajahi mendalam oleh manusia. Oh iya, makhluk mitologi ini disebut Ahool karena suaranya. Saat hendak muncul, ia selalu mengeluarkan suara “ahooooooool” yang memekakkan telinga.

3. Warak Ngendog adalah makhluk mitologi gabungan 3 budaya. Ada budaya Arab, Cina dan Jawa dalam tubuhnya

Kira-kira bentuknya gini via radiomjnfm.blogspot.co.id

Mitos soal Warak Ngendog ini erat kaitannya dengan kota Semarang. Ia dinilai sebagai simbol pemersatu kerukunan warga Semarang, bahkan sejak sebelum kota Semarang didirikan. Ia digambarkan sebagai seekor naga kecil yang membawa telur. Namun tak sembarang naga, bentuk dari Warak Ngendog ini sejatinya adalah perpaduan 3 budaya. Kepalanya adalah Naga dari etnis Cina, badannya digambarkan mirip Buraq sesuai dengan budaya Arab, dan keempat kakinya adalah milik Kambing, khas kebudayaan Jawa.

4. Kamu pasti kenal dengan Garuda, makhluk mitologi ini sampai jadi simbol negara kita

Garudanya keren, yak! via dungeonpedia.blogspot.co.id

Makhluk mitologi yang satu ini sudah pasti dikenal oleh hampir seluruh rakyat Indonesia. Namun, sedikit berbeda dengan Garuda Pancasila yang kita kenal, Garuda makhluk mitologi ini sebenarnya adalah kendaraan Dewa Wisnu dalam ajaran Hindu. Berkepala layaknya burung elang, berbadan manusia, tubuhnya berwarna emas, wajahnya berwarna putih dan sayapnya berwarna merah. Garuda digambarkan gagah dan perkasa. Ukuran tubuhnya pun tak main-main. Ia digambar memiliki tubuh yang sangat besar. Saking besarnya, ia bahkan bisa menghalangi matahari!

5. Orang Bati menjadi makhluk mitologi yang ditakuti di Pulau Seram. Ia suka menculik anak kecil untuk dimakan

Bentukannya gini~ via cryptidz.wikia.com

Kamu yang tinggal di pulau Seram pasti familiar dengan makhluk mitologi yang satu ini. Orang Bati dikatakan memiliki bentuk tubuh seperti kera, namun bersayap seperti kelelawar. Makhluk ini juga digambarkan memiliki tinggi 1,6 meter dengan warna tubuh merah menyala. Menurut penuturan masyrakat pulau Seram, Orang Bati tinggal di wilayah Gunung Kairatu. Ia hanya keluar pada malam hari guna mencari anak kecil untuk makanannya.

6. Lembuswana adalah hewan suci yang jadi mitos mitos di Kutai Kartanegara. Ia juga sempat jadi simbol kerajaan di Kutai sana

Sampai diabadikan jadi patung! via froggimounty.blogspot.co.id

Hewan yang satu ini adalah makhluk mitologi kebanggaan warga Kutai. Makhluk bernama Lembuswana ini digambarkan memiliki kepala singa, besayap elang, berbelalai gajah, dan bersisik ikan. Ia adalah penguasa sungai Mahakam yang tinggal di dasar sungai sebagai pelindung Kutai. Lembuswana ini sangat terkenal di kalangan masyarakat Kutai. Saking terkenalnya, ia sampai dijadikan simbol bagi Kerajaan Kutai. Bahkan sampai sekarang, Lembuswana telah diabadikan menjadi sebuah patung yang berdiri gagah sebagai pelindung masyarakat Kutai.

7. Warga sekitar Kerinci punya makhluk mitologi bernama Cindaku, bentuknya seperti manusia harimau!

Manusia harimaunya serem. Nggak kayak yang di sinetron… via mythdunia.blogspot.co.id

Bagi masyarakat sekitar Kerinci, Cindaku adalah makhluk mitologi yang sangat erat dalam kebudayaan mereka. Cindaku sendiri adalah sosok seorang manusia yang memiliki ilmu yang tinggi. Saking saktinya, ia mampu berubah jadi manusia harimau yang bertugas menjaga keharmonisan antara Harimau dan Manusia. Tak sembarang orang bisa menjadi Cindaku. Hanya mereka yang memiliki darah murni dan ikatan spiritual yang kuat saja yang bisa. Maklum, masyarakat Kerinci mempercayai bahwa nenek moyang mereka adalah harimau. Jelas saja ikatan di antara mereka dan harimau sangat kuat.

8. Leak sudah pasti akrab di telinga. Makhluk mitologi asal Bali ini memang populer di Indonesia

Leak ini penguasa roh jahat~ via www.balimediainfo.com

Bagi masyarakat Bali, nama Leak pasti sudah akrab di telinga. Makhluk mitologi yang satu ini kerap muncul dalam kisah-kisah di masyarakat Bali dan digambarkan sebagai penguasa roh-roh jahat. Menurut masyarakat Bali, Leak adalah seorang manusia yang mempraktekkan ilmu hitam. Di saat matahari masih nampak, ia hanya seorang manusia biasa. Namun ketika malam telah tiba, kepala dan isi tubuhnya memisahkan diri dari tubuhnya guna mencari bayi untuk dimangsa.

9. Ada pula mitos soal Banaspati, makhluk mitologi berbentuk bola api yang sering muncul di tempat gelap

Bentuknya padahal ‘gini doang’ via DiBagi.Net

Makhluk mitologi ini merupakan salah satu makhluk jahat yang ditakuti di masyarakat Jawa. Sosok Banaspati ini merupakan makhluk berbentuk bola api yang sering melayang di malam hari. Ia ditakuti karena berbeda dengan makhluk lain, Banaspati ini bisa menyakiti manusia. Kamu yang warga Jawa sering menyebutnya sebagai sosok hantu yang mengganggu ketentraman warga.

10. Ini adalah makhluk yang tak kalah populer di Indonesia. Babi ngepet sering dikaitkan dengan ilmu pesugihan~

Dasar Babi! via Ramesan.com

Nah, sosok makhluk mitologi yang satu ini sering dikait-kaitkan dengan ilmu pesugihan. Sosok Babi Ngepet sendiri sebenarnya adalah manusia biasa. Namun ia melakukan ritual ilmu hitam sehingga ia mampu mengubah bentuknya menjadi serupa Babi. Dikatakan bahwa jika ada Babi Ngepet berkeliaran di salah satu rumah warga, bisa dipastikan uang di rumah tersebut akan raib. Yang jadi medianya adalah sebuah lilin yang musti dijaga nyala apinya. Jika apinya padam, artinya sosok Babi Ngepet tersebut ilmunya hilang dan ia akan kembali berubah menjadi wujud manusia.

“Indonesia memang kaya akan cerita dan budaya. Kita wajib bangga karenanya!”

Meski memang kebenaran dan keberadaan makhluk mitologi tersebut belum bisa dipastikan, namun fakta bahwa banyak masyarakat kita yang mempercayainya tak bisa kita lihat sebelah mata. Yah, meski kita nggak percaya-percaya amat, tapi paling tidak kita harus mengakui bahwa cerita tentang makhluk mitologi ini telah berkembang luas di masyarakat.