Kalau kamu mau mencari ide baru untuk liburan ke pantai atau destinasi wisata bahari yang lainnya, kenapa nggak tengok daftar di bawah ini? Karena garis-garis pantai mereka yang termasuk terpanjang di dunia, negara-negara di daftar ini punya destinasi-destinasi wisata bahari yang bisa berbeda drastis satu sama lain. Jadi, kamu bisa punya pilihan destinasi wisata yang nyaris nggak terbatas:

10. Selandia Baru (15.134 km)

Di atlas, Selandia Baru memang kelihatan mungil. Walau begitu, negara lokasi syuting Lord of the Rings ini punya dua pulau besar yang membuatnya memiliki garis pantai lumayan panjang: sekitar 15.134 kilometer.

Abel Tasman National Park, Selandia Baru via www.travelphotoadventures.com

9. Amerika Serikat (19.924 km)

Walaupun lebih terkenal dengan kota-kota metropolitannya dibandingkan pantainya, negara terbesar keempat di dunia ini memiliki garis pantai sepanjang hampir 20.000 kilometer.

Pantai Waikiki, Hawaii via allposters.com

8. Norwegia (25.148 km)

Advertisement

Garis pantai Norwegia terbentang luas dari utara ke selatan. Di selatan, gugus-gugus pulau yang indah dan permai akan menyambutmu, sementara di utara, alam yang lebih liar mempertemukan laut lepas dan daratan. Hey: kamu juga bisa memburu cahaya zamrud aurora borealis disini.

Aurora Borealis, Norwegia via www.descopera.ro

7. Australia (25.760 km)

Walaupun Australia adalah benua termungil di dunia, dia tetap sebuah benua. Garis pantai Australia menawarkan tempat-tempat yang luar biasa beragam. Misalnya, kamu bisa menyelam bersama hiu paus – ikan terbesar di dunia – di garis pantai sebelah timur negeri ini. Atau mungkin kamu mau berjemur seperti kanguru di foto ini?

Kangaroo berjemur, Australia via www.tapeta-kangur-australia-plaza.na-pulpit.com

6. Jepang (29.751 kilometer)

Sebagaimana beberapa negara lain di daftar ini, Jepang tidak benar-benar terkenal dengan wisata pantai — kecuali mungkin Hokkaido. Tapi, garis pantai Jepang termasuk bombastis: hampir 30.000 kilometer panjangnya.

Sungai di Jepang via fc00.deviantart.net

5. Filipina (36.289 km)

Walaupun Filipina mungkin terlihat seperti bintik-bintik kecil di atlas, negeri ini memiliki garis pantai yang luas berkat pulau-pulaunya yang lebih dari 7000 buah. Wajar saja kalau banyak di antaranya yang menawarkan lokasi wisata bahari yang menawan. Pulau Siargao, contohnya, adalah wahana tepat bagi kamu yang berminat berselancar — baik kamu pemula atau profesional. Kamu juga bisa berenang di pantai-pantai perawannya.

Pulau Siargao, Filipina via thesoulexplorer.blogspot.com

4. Rusia

Negara super luas ini terdiri dari dua bagian geografis: yang lebih dekat ke Eropa dan Asia. Di bagian Rusia yang lebih dekat Eropa terdapat Laut Putih, yang pada musim dingin temperaturnya bisa mencapai -25 C.

White Sea, Rusia via borh-84.livejournal.com

3. Greenland, Denmark (44.087 km)

Walaupun namanya ‘Greenland’, pulau raksasa yang menjadi bagian dari negeri Denmark ini diselimuti salju di bagian selatannya. Udara di bagian utara Greenland terlalu kering, sehingga alih-alih bersalju, daerah ini diselimuti es.

Greenland via st.gdefon.com

2. Indonesia (54.716 km)

Dengan pilihan 13.000-17.000 pulau, Indonesia menawarkan begitu banyak pilihan sampai kamu sendiri bisa kebingungan. Mau ke pantai berpasir pink di Lombok? Menyelam di Natuna? Berselancar di Mentawai? Atau bersantai-santai menikmati matahari terbenam di Bali? Semuanya terdengar menyenangkan, really.

Gili Meno, Lombok via www.dreamstime.com

1. Kanada (202.080 km)

Kontur negara yang bersemenanjung dan berteluk luar biasa banyak memberikan Kanada gelar negara dengan garis pantai terpanjang di dunia — panjangnya hampir empat kali panjang garis pantai Indonesia. Negeri Mapel ini punya pantai yang dipenuhi resort-resort mewah seperti Long Beach di Vancouver Island, sampai pantai dengan padang pasir di Iles de la Madeleine, Quebec — daerah di Kanada yang berbahasa pengantar Prancis.

Salmon Glacier, Canada via hickerphoto.com