Bepergian ke luar negeri memang sudah lumrah jika membawa paspor dan visa. Kalau paspor sih karena emang sejajar dengan KTP, jadi wajib dibawa ya. Beda dengan visa yang di beberapa negara boleh dibebaskan, dengan beberapa syarat tentunya. Ada yang beneran bebas, ada juga yang visa on arrival.

Ih, tapi biasanya negara yang bebas visa itu ga menarik objek wisatanya!

Hei, kamu salah besar! Karena banyak kok negara bebas visa yang oke untuk dijadikan tujuan wisata. Ga percaya? Maldives contohnya (kalau yang ini kamu mungkin udah tau ya). Kalau Nepal, Maroko, Macau, sampai Peru? Menggiurkan bukan? Nah, Hipwee Travel bakal ngajak kamu plesiran sejenak ke 10 negara bebas visa. Siap-siap ya, sebentar lagi pesawatnya bakal berangkat.

1. Mau kemping di Everest dan menikmati keindahan Annapurna? Kamu wajib mengunjungi Nepal dengan visa on arrival!

Pemandangan di Annapurna. via www.switchbacktravel.com

Nepal, negeri eksotis di mana keindahan budaya, sejarah, dan pemandangan pegunungan jadi satu paket wisata yang mengagumkan. Kamu yang masih penasaran ingin melangkahkan kaki ke Himalaya dan bersiap untuk tersihir dengan keindahan Annapurna, wajib menjadikan Nepal sebagai tujuan plesir yang utama. Sementara kamu yang lebih suka wisata budaya dan sejarah, jangan lupa datengin Durbar Square ya, yang merupakan pusat kota tua Kathmandu dan termasuk dalam UNESCO World Heritage Sites. Juga Bhaktapur, kota budaya dengan agenda festival yang banyak sepanjang tahun.
Kunjungi negara ini dengan visa on arrival yang bisa berlaku hingga 15 hingga 90 hari. Apa bedanya bebas visa dengan visa on arrival? Kalau bebas visa ya bener-bener bebas visa alias nggak butuh visa. Sementara kalau visa on arrival itu visa bisa kamu urus di negara tujuan. Jadi, kamu ga perlu mengurusnya di Indonesia.

2. Maldives udah bukan lagi untuk kaum bangsawan. Sekarang kamu bisa lho mencoba menyelam dan snorkeling di sana dengan budget yang murah. Bebas visa pastinya!

Advertisement

Siapa yang ga terpikat dengan pantai ini? via www.pergidulu.com

Dulu, tarif wisata ke Maldives ga cocok banget di kantong kita yang orang biasa (kita?). Namun kini sejak menjamurnya penginapan yang terjangkau, plesiran ke Maldives bukan lagi sekadar angan. Cobalah untuk menyelami keindahan bawah laut Maldives yang memesona. Belum lagi pantainya yang berpasir putih dan air laut yang biru bening, memanggilmu untuk segera snorkeling. Soal makanan dari hidangan utama sampai camilan seperti samosa dan French toast, tersedia. Kini, cukup 1,1 juta rupiah per hari untuk dua orang, kamu bisa menikmati birunya laut Maldives. Tunggu apalagi? Bebas visa berlaku untuk WNI dan warga negara lain kok.

3. Mau menikmati Paris kecil di Vietnam? Bisa banget! Coba deh kunjungi kota Ho Chi Minh yang klasik abis

Saigon Post Office yang berarsitektur klasik. via lovelyhandwrittennotes.tumblr.com

Sebagai salah satu negara ASEAN, berkunjung ke negeri yang satu ini tentu ga perlu visa ya, untuk kunjungan 30 hari. Objek wisatanya ada apa aja nih? Banyak. Salah satunya Vietnam punya warisan gedung-gedung sisa peninggalan kolonial Perancis. Coba deh tengok kota Ho Chi Minh (tepatnya distrik 1), di mana banyak terdapat gedung tua bergaya klasik barat, seperti Saigon Post Office. Referensi lain? Kamu pasti udah lihat keindahan sebuah teluk di video klipnya Afgan-Rosa Kamu Yang Kutunggu? Nah, itu namanya Ha Long Bay. Ciamik banget kan? Mirip-mirip dikit sih sama Raja Ampat. Setuju ga?

4. Mau plesiran ke suatu tempat di mana budaya Asia dan Eropa menyatu? Kamu wajib memilih Macau sebagai tujuan!

Jangan lupa berselfie di katedral ternama ini ya. via www.tumblr.com

Sama halnya dengan Vietnam, Macau juga bebas visa selama 30 hari. Macau merupakan perpaduan budaya Portugis, Barat, dan Cina. Yang terlihat kentara sih dari arsitektur bangunannya. Klasik khas Barat, tapi tetap ada unsur Timurnya juga. Untuk menikmati Macau, berjalan kaki sambil menikmati pemandangan kotanya sudah cukup menyenangkan kok. Destinasi favorit turis biasanya gereja The Ruins of St. Paul s. Cocok banget untuk tempat selfie. Selain itu agenda naik gondola di Venetian Resort juga sayang untuk dilewatkan. Satu lagi, jangan lupa menyicipi Egg Roll, kue khas Macau yang enaknya bakal bikin kamu ketagihan!

5. Ingin menikmati nuansa Timur Tengah khas Maroko? Karena ada ikatan sejarah antara Soekarno dan pemerintah Maroko saat itu, orang Indonesia sampai kini bebas berkunjung tanpa visa

Djemaa el Fna di Marrakesh. via www.tumblr.com

Dulu, di tahun 1960 Soekarno menjadi kepala negara pertama yang mengunjungi Maroko. Saat itu Raja Muhammad V bertanya kepada Soekarno, Indonesia ingin hadiah apa. Bung Karno pun menjawab bahwa ia ingin warga Indonesia merasa seperti di rumah tiap berkunjung ke Maroko. Permintaan Bung Karno tersebut dijawab dengan WNI bebas visa (90 hari) begitu pun sebaliknya. Ada apa aja sih di Maroko? Banyak! Kalau kamu berkunjung ke sana, pastikan kamu menikmati pesona padang pasir Sahara, kota turis Marakesh, hingga berfoto di Masjid Hassan 2.

Terima Kasih, Bung Karno

6. Sri Langka negeri imut nan eksotis yang sayang untuk kamu lewatkan. Mumpung visa on arrival bisa digunakan 30 hari nih

Dalaga Maligawa. di Kandy, di mana gigi Buddha berada. via 1sri-lanka.tumblr.com

Mungkin jika dibandingkan dengan Maldives, banyak orang yang lebih milih negara itu ketimbang Sri Langka. Tapi tahukah kamu kalau ternyata Sri Langka sayang untuk kamu lewatkan. Banyak tempat eksotis yang bisa kamu kunjungi. Salah satunya Kandy, tempat gigi Buddha berada. Waktu terbaik untuk mengunjungi Sri Langka adalah pada bulan Agustus, supaya kamu bisa lihat Festival Esala Perahera. Sementara gigi Buddha berada di salah satu temple yang terkenal bernama Sri Dalada Maligawa. Ya kamu nggak salah baca kok, iya beneran gigi!

7. Ke Jepang bebas visa lho. Tapi khusus untuk kamu pemegang E-Paspor aja! Menikmati indahnya budaya negeri Sakura semakin mudah. #Tapi kamu harus registrasi pra keberangkatan dulu ya!

Penasaran sama Geisha? Ke Jepang aja. Kunjungi Gion, sebuah kawasan di Kyoto. via okiya.tumblr.com

Kini mengunjungi negeri Sakura semakin mudah khusus untuk kamu pemegang E-Paspor. Asalkan kamu registrasi pra keberangkatan dulu sebelumnya. Bebas visa ini berlaku hanya untuk 15 hari masa tinggal aja ya. Lumayan kan? Kamu penasaran pingin lihat Geisha yang asli? Coba datang di waktu sore menjelang malam ke Gion, salah satu kawasan di Kyoto. Bahkan sekadar berjalan-jalan menikmati malam di Shibuya juga sudah cukup menyenangkan. Satu lagi, untuk update di sosmed jangan lupa selfie di Tokyo Tower, ikon kota Tokyo yang ga kalah tenar dengan Eiffel di Paris.

8. Siapa yang ga terpikat megahnya Hongkong? Dari Disneyland sampai Victoria Peak! Kamu udah tahu dong kalau ke Hongkong bebas visa selama 30 hari?

Hongkong Disneyland. via www.tumblr.com

Hongkong memang pilihan wisata yang oke punya. Kamu pencinta karakter Disney harus mengunjungi Hongkong Disneyland. Wajib! Setelahnya jangan lewatkan untuk menikmati megahnya Hongkong dari Victoria Peak ya. Kamu bisa nikmati malam sambil naik kereta mundur ditemani gemerlapnya Hongkong. Sementara untuk kamu sang penjelajah museum sejati, mengunjungi Madame Tussauds Wax Museum wajib jadi agendamu ya. Di museum ini kamu bisa menikmati patung-patung lilin orang ternama.

9. Peru lebih dari sekadar Machu Pichu. Bermimpi berkunjung ke sana? Selamat! ternyata ke Peru bebas visa selama 90 hari lho!

Pulau di atas danau Titicaca. via www.tipswisatamurah.com

Peru memang identik dengan Machu Pichu. Tapi tahukah kamu kalau negara yang beribukotakan Lima ini punya cukup banyak destinasi apik. Misalnya main pasir di Huacachina, ngerasain berdiri di atas pulau terapung di danau Titicaca, dan jangan lupa untuk mengabadikan kenanganmu di Peru, dengan berfoto di depan Istana Kepresidenan di kota Lima.

10. Kunjungi Madagaskar, negeri di benua Afrika yang menawarkan wisata alam liar. Manfaatkan visa on arrival yang bisa digunakan selama 30 hari!

Hutan batu yang mengagumkan. Cuma ada di Madagaskar. via sciencenetlinks.tumblr.com

Tahukah kamu antara Indonesia dan Madagaskar ada sebuah pertalian? Bahwa ilmuwan menemukan hasil uji Mitokondria DNA yang mengungkap garis keturunan penduduk Madagaskar berasal dari Indonesia. Katanya pendatang asal Indonesia berlayar sejauh 8000 kilometer dari Kalimantan dan Sulawesi. Jadi penasaran ingin ke sana kan? Ditambah lagi alam liar Madagaskar semakin memanggil untuk dijelajahi. Seperti misalnya Tsingy de Bemaraha National Park, hutan batu yang menakjubkan. Jangan lupa menikmati keunikan pohon botol di Alle des Baobabs. Manfaatkan dengan baik visa on arrival yang bisa digunakan dalam 30 hari ini.

Hayoo ngaku, kamu ngiler kan ingin segera mengunjungi negara-negara di atas? Ayo, buruan nabung dan siapin paspor. Yuks, kita cabs ke negara bebas visa! 😉

Gambar utama: http://www.switchbacktravel.com