Daerah-daerah di Jawa Timur selalu menarik untuk dijelajahi. Kali ini, Hipwee akan ngajak kamu berkeliling Blitar, sebuah daerah di bagian selatan Jawa Timur yang secara administratif terbagi menjadi Kota Blitar dan Kabupaten Blitar. Di masa lalu, Blitar pernah menjadi titik pusat perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajahan Jepang, lho.

Nah, penasaran ‘kan pesona wisata seperti apa yang dimiliki Blitar? Yuk, ikut Hipwee berkeliling!

1. Tak lengkap rasanya jika datang ke Kota Blitar tanpa menyambangi tempat peristirahatan terakhir Bung Karno, presiden pertama Indonesia

Makam Bung Karno via www.iberita.com

Kota Blitar memang menjadi tempat peristirahatan terakhir bagi proklamator negara kita, Ir. Soekarno atau yang lebih akrab dipanggil Bung Karno. Pusara Bung Karno ini merupakan salah satu tujuan wisata utama di Kota Blitar yang ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara, sehingga ditunjang dengan fasilitas yang lengkap dan terintegrasi dengan objek wisata lainnya.

Kompleks Makam Bung Karno seluas 1,8 ha ini terletak di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanawetan, sekitar 3 km dari pusat kota. Kamu juga bisa membeli oleh-oleh berupa cindera mata yang dijajakan di sini, lho!

2. Tak jauh dari Makam Bung Karno, sempatkan mampir ke Istana Gebang, tempat presiden pertama kita melewatkan masa remajanya

Advertisement

Ruang tengah IStana Gebang via didisadili.blogspot.com

Istana Gebang atau yang disebut juga dengan Ndalem Gebang ini merupakan kediaman orang tua Soekarno. Berdiri sekitar 2 km dari pusara Bung Karno, di rumah ini kamu akan diajak kembali ke masa lalu di mana Soekarno melewatkan sebagian masa remajanya. Perabot-perabot lawas yang penuh kenangan tampak mengisi rumah tua ini.

Di samping rumah, kamu bisa menemukan balai kesenian yang dulu biasa digunakan para seniman sebagai wadah berekspresi. Setiap tahunnya, bekas kediaman Ibu Soekarmini Wardoyo, kakak kandung Bung Karno ini menjadi tempat diselenggarakannya peringatan haul Bung Karno yang diisi dengan hiburan rakyat.

3. Blitar pun memiliki rekam jejak pahlawan-pahlawan yang gagah berani. Kenanglah mereka dengan mengunjungi Monumen PETA

Monumen PETA via sbhkotamjk.blogspot.com

Kalau kamu menyukai kisah-kisah heroik, jangan terlewat untuk mampir ke Monumen PETA alias Monumen Supriyadi. Pasukan Sukarela Pembela Tanah Air ini aslinya memang bentukan Jepang, tapi Supriyadi bersama sejumlah tentara PETA mengobarkan pemberontakan di Blitar karena tak tahan melihat penderitaan saudara sebangsa yang menjadi romusha. Inilah mengapa Blitar disebut sebagai kota PETA.

Hingga kini, Supriyadi memang tak tentu rimbanya. Tapi kamu bisa mengenang aksi heroik pahlawan nasional ini lewat Monumen dan Museum Pembela Tanah Air yang terletak di Jalan Sudanco Supriyadi, Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, gak jauh dari Makam Bung Karno dan Istana Gebang. Lewat museumnya, kamu bisa menyaksikan diorama tentang peran PETA terhadap kemerdekaan RI.

4. Ingin ngadem di tengah kota? Melipir saja ke Taman Kebon Rojo yang menjadi favorit warga Blitar

Taman Kebon Rojo via mblitar.net

Taman Kebon Rojo memang asyik buat ngadem dan bersantai. Taman wisata ini adalah paru-paru kota yang terletak di Jalan Diponegoro, tepatnya di sebelah barat rumah dinas walikota Blitar. Selain bisa menikmati pepohonan rindang dengan air mancurnya yang menyegarkan, kamu juga dapat bercengkerama dengan satwa-satwa seperti rusa, monyet, dan burung Merak.

Tak cuma itu, taman kota ini dilengkapi juga dengan trek jogging, arena panjat dinding, serta taman bermain anak-anak. Kalau kamu bingung mau ke mana, mampir ke Kebon Rojo bisa jadi pilihan yang pas. Siapa tahu ketemu jodoh di sini. Hehe.

5. Saat cuaca terasa terik, bermain air di Pemandian Sumber Udel bisa jadi pilihan yang asyik

Pemandian Sumber Udel via rumahkadoo.blogspot.com

Tak seberapa jauh dari Makam Bung Karno dan alun-alun Kota Blitar, kamu bisa menemukan tempat rekreasi keluarga bernama Pemandian Sumber Udel. Tak perlulah mencari udel (baca: pusar) di sini, nikmati saja berbagai wahana permainan air ala waterpark yang ada di tempat ini, seperti river pool, gentong raksasa, air mancur raksasa, timba raksasa dan water sliding.

Waterpark yang berada di Jalan Kali Brantas ini juga dilengkapi dengan panggung hiburan. Saat meluncur ke sana, dijamin deh kamu bakal lupa dengan teriknya matahari.

6. Menuju ke arah Selatan Kabupaten Blitar, sambangi pula pantai Tambakrejo yang terkenal dengan keelokannya

Pantai Tambakrejo via www.pasirpantai.com

Berkunjung ke Kabupaten Blitar, tentu harus menyambangi pantainya yang elok rupawan. Berada di desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, ada pantai Tambakrejo yang memiliki panorama indah dengan pasir putih dan ombak yang tak begitu besar. Kamu bisa mencapainya dengan menempuh perjalanan kurang lebih 30 km ke arah Selatan.

Tak cuma pemandangannya yang elok, kamu juga bisa melihat kampung nelayan dengan perahu-perahu yang ditambatkan di sebelah Timur pantai. Pantai ini juga menjadi titik start jika kamu ingin mengunjungi Pantai Pasetran Gondo Mayit yang masih perawan.

7. Temukan gugusan pulau karang dengan panorama pasir putih di Pantai Peh Pulo

Pantai Peh Pulo via coretanhilya.wordpress.com

Selain Pantai Tambakrejo yang terkenal, masih banyak pantai-pantai lainnya di Kabupaten Blitar yang layak kamu datangi. Salah satunya adalah pantai Peh Pulo yang terletak di Desa Sumberasih, Kecamatan Panggungrejo. Panorama pantai ini begitu menawan dengan gugusan pulau karang di lepas pantainya. Dari sini, kamu juga bisa langsung menyambangi pantai-pantai yang letaknya bersebelahan, seperti Pantai Wedhen Ombo dan Wedhen Ciut.

8. Pemandangan stalagmit dan stalagtit yang cantik bisa kamu temukan di Goa Embultuk, satu-satunya goa di Blitar

Goa Embultuk via yonkapital.wordpress.com

Buat kamu yang gemar kegiatan caving, jangan lewatkan untuk menikmati cantiknya pemandangan stalagmit dan stalagtit di Goa Embultuk. Goa Embultuk merupakan goa alam satu-satunya di Blitar yang berada di Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Untuk sampai kemari, kamu perlu menempuh jarak sekitar 40 km atau satu jam dari Kota Blitar.

Saat kemari, jangan lupa siapkan baju ganti, karena kamu harus menenggelamkan sebagian tubuhmu untuk menikmati goa yang masih tak begitu ramai wisatawan ini. Dengan panjang goa mencapai 1,5 km, semakin ke dalam pemandangannya semakin keren. Hayo, berani sedalam apa kamu memasukinya?

9. Candi terluas dan termegah se-Jawa Timur ternyata ada di Blitar. Yuk, mampir ke Candi Penataran dan tangkap kemegahannya dengan matamu sendiri!

Candi Penataran via jalankemanagitu.wordpress.com

Candi Penataran adalah kompleks candi Hindu Siwa yang terletak di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Candi ini merupakan kompleks candi yang terluas dan termegah se-Jawa Timur, sehingga wajar aja kalau candi ini menjadi ikon pariwisata Kabupaten Blitar.

Dikelilingi pemandangan lereng gunung Kelud yang memukau, pastinya kamu gak boleh melewatkan untuk berkunjung ke candi yang dikenal juga dengan nama Candi Palah ini saat kamu berkunjung ke sisi Utara Blitar.

10. Buktikan sendiri keelokan Telaga Rambut Monte yang konon dikeramatkan karena dihuni ikan dewa yang langka

Telaga Rambut Monte via travel.detik.com

Romantisme alam dan sejarah menyatu di Rambut Monte, sebuah kawasan wisata yang berada di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Dengan menempuh jarak kurang lebih 30 km dari kota Blitar, kamu bisa menemukan sebuah telaga yang elok. Jernihnya telaga menggodamu untuk berenang. Tapi, kamu gak diperkenankan berenang di sini karena telaga ini dihuni ikan langka yang dikeramatkan oleh warga setempat. Mereka menyebutnya ikan dewa.

Selain telaga, ada pula sebuah candi Hindu serta air terjun di kawasan ini. Nikmatilah bersantai di gazebo sembari merasakan sejuknya udara lereng gunung Kelud dan hijaunya pemandangan.

11. Sejuknya udara pegunungan bisa kamu rasakan di perkebunan teh Sirah Kencong di lereng gunung Kawi

Perkebunan Sirah Kencong via travellers2009.wordpress.com

Kamu mungkin gak menemukan telaga indah di kawasan perkebunan Sirah Kencong ini, tapi mata kamu akan dimanjakan dengan panorama perkebunan teh yang hijau di lereng Gunung Kawi, tepatnya di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Lokasinya bisa kamu capai dengan menempuh kurang lebih 36 km ke arah timur dari pusat Kabupaten Blitar.

Selain perkebunan teh, kamu juga bisa menikmati air terjun Sirah Kencong atau yang dikenal juga dengan air terjun Wana Tirta Kencana, serta Candi Sirah Kencong yang berada di ketinggian 1.200 mdpl.

Nah, itulah sebagian pesona wisata yang bisa kamu temukan di Kota dan Kabupaten Blitar. Apakah kamu tahu tempat menarik lainnya di sana? Kasih tahu ke pembaca lainnya lewat kolom komentar, yuk!