Untuk kamu penggemar kereta api, pasti setuju kalau perjalanan dengan kereta adalah perjalanan yang paling menyenangkan. Selain dari bebas macet, gerakan kereta api yang konstan juga membuatmu nyaman. Selain itu, biasanya perjalanan dengan kereta api kamu akan disuguhi pemandangan yang memanjakan mata.

Tidak hanya di Indonesia, di banyak negara, kereta api juga menjadi angkutan darat yang relatif cepat dan aman. Tapi kamu harus tahu 12 jalur kereta yang paling berbahaya di dunia ini. Uniknya, jalur-jalur kereta ini justru menawarkan pengalaman dan keindahan alam yang sayang kalau dilewatkan. Bila duduk di dalam kereta, kamu mungkin nggak akan menyadarinya bahwa kamu sedang melewati jembatan gantung dengan kereta. Hehe. Yuk ah langsung cek ke bawah!

1. Siap menyebrangi dua gunung dengan kereta? Coba Jalur kereta Tren A Las Nubes di Argentina

Tren A Las Nubes via ayresinsider.com

Jalur kereta ini menghubungkan Argentina bagian barat laut dengan perbatasan Chili. Dibangun di ketinggian 4,220 meter dari permukaan air laut, jalur ini punya 29 jembatan, 21 terowongan, 13 jembatan layang, 2 jalur spiral dan 2 jalur zigzag.

2. Kuranda Scenic Railway di Australia ini menawarkan cipratan air terjun di satu sisi dan jurang di sisi lain. Duh, itu namanya serem kok serem ya~

Jalur Kuranda Scenic ini dibangun sekitar 120 tahun yang lalu, menawarkan perjalanan melewati hutan-hutan dan tebing serta sungai. Kamu juga akan merasakan cipratan air saat kereta melewati air terjun. Indah sih, tapi coba tengok ke bawah~

3. Kalau kamu pernah nonton film Shahrukh Khan yang Chennai Express pasti tahu jembatan spektakuler ini. Jembatan Praman di rute Chennai Rameswaram India. Naik kereta menyebrangi laut~

Advertisement

Chennai – Rameswaram via www.holidify.com

Rute ini berada di jembatan Pramban yang menghubungkan pula Pramban dan Pulau Rameswaram. Yup, dengan kata lain, kamu naik kereta di atas laut! Karena berada di tengah laut, jalur kereta ini juga punya titik-titik fleksibel yang bisa diangkat ketika ada kereta lewat. Di tahun 1964 pernah terjadi tragedi di jambatan ini, yaitu ketika India diterpa angin topan hebat sampai menggulingkan kereta yang tengah menyebrangi jembatan ini. Bisa kamu tebak, keretanya tenggelam 🙁

4. Di jalur Outeniqua Choo-Tjoen Train Afrika selatan kamu bisa menikmati pemandangan pantai dari ketinggian

Outeniqua Choo-Tjoen via www.reddit.com

Jalur kereta ini selesai dibangun tahun 1928 tapi baru secara resmi melayani perjalanan kereta penumpang di tahun 1992. Sayangnya, sejak Juni 2009 lalu, jalur ini sudah tidak menjadi jalur kereta penumpang lagi setelah Afrika mengalami bencana badai di tahun 2006 yang membuat sebagian besar jalur mengalami kerusakan.

5. The Death Railway Thailad. Dari namanya saja sudah bikin bulu kudung meremang~

The Death Railway via www.mon-photo.com

Bukan cuma jalurnya yang bisa bikin kamu deg-degan, melainkan juga sejarahnya. Jadi, the death railway ini dibangun pada masa perang dunia, yang menewaskan ribuan pekerjanya. Sebagian besar pekerja di jalur ini adalah tawanan sekutu. Tapi seseram apapun sejarahnya, tetap saja jalur indah sepanjang 415 km ini bisa memanjakan mata.

6. Ini dia jalur kereta gunung tertinggi di dunia, Cumbres And Totlec Scenic Railroad di New Mexico. 800 kaki!

Cumbres and totlec scenic via cumbrestoltec.com

Jalur kereta yang dibangun sejak tahun 1880 ini akan membawamu melewati ketinggian 800 kaki di atas taman Toltec dan 10.015 kaki di celah Cumbers. Kamu juga akan diajak melewati rute yang malang melintang tak keruan dan juga celah sempit. Awas pusing!

7. Aso Minami adalah jalur kereta paling berbahaya di Jepang (mungkin juga di dunia). Lha wong melewati gunung berapi yang tidak tahu kapan meletusnya!

Aso Minami Route via swagxp.com

Jalur ini melewati gunung berapi tertinggi di Jepang, yaitu Gunung Aso. Perjalanan di rute ini mungkin jadi perjalanan yang paling beresiko, karena gunung Aso bisa meletus kapan saja. Jalurnya berada di kaki gunung, dan penumpang bisa melihat lava panas membakar hutan ataupun mengalir dari kawah gunung berapi. Serem nggak sih?

8. Meski ngeri-ngeri cantik saat melewati jembatan tinggi, naik kereta di jalur Jakarta Bandung ini membawa pengalaman tersendiri lho

Jalur kereta Jakarta – Bandung (Jembatan Cikubang) via adibaduts.wordpress.com

Jalur Jakarta – Bandung ini sering disebut dengan Argo Gede Railroad. Karena dulu ada KA Argo Gede yang melayani mobilisasi Bandung-Jakarta selama lima belas tahun. Sampai akhirnya tahun 2010, Argo Gede dilebur menjadi Argo Parahiyangan. Di jalur ini sempat terjadi beberapa kecelakaan.

9. Georgetown Loop Railroad di Colorado ini sudah dibangun sejak abad 19. Saking tuanya, kereta harus berjalan pelan-pelan biar selamat sampai tujuan

Georgetown Loop via candracourier.com

Jalur ini dibangun di abad 19 dan dijadikan sebagai jalur untuk mengakses tambang perak di bagian barat laut Colorado, Silver Maine. Setelah Silver Maine ditutup pada tahun 1939, jalur ini kembali aktif di tahun 1984 sebagai jalur kereta wisata. Yang paling menegangkan adalah ketika kereta melewati Jembatan Devil’s Gate High setinggi 100 kaki, di mana kereta akan berjalan pelan-pelan, karena takut jembatan tidak sanggup menahan berat kereta.

10. Saking ekstrimnya jalur ini, pemerintah menyediakan kereta khusus untuk menakhlukkan jalur Kandang Ampat Padang Panjang di Sumatera Barat

Kandang Ampat – padang Panjang via gakbosan.blogspot.co.id

Memang jalur ini nggak membelah laut. Tapi jalurnya yang naik turun bagai roller coaster bisa membuat kamu jerit-jerit. Untuk menakhlukkan jalur ini, pemerintah menyediakan lokomotif khusus BB seri 204 buatan Marchedes Benz, yang merupakan lokomotif paling canggih di Indonesia.

11. Dan inilah Roller Coaster yang sesungguhnya. Lynton & Lynmouth memang pendek rutenya, tapi sadis!

Lynton and Lynmouth Cliff via www.youtube.com

Sebenarnya sulit sih mengatakan apakah ini kereta ataukah roller coaster. Sesuai namanya, di jalur Lynton & Lynmouth kamu akan diajak naik kereta dengan jalur yang terjal sepanjang 862 kaki yang menghubungkan kota Lynton dan Lynmouth. Untungnya, ini bukan jalur kereta reguler, melainkan jalur kereta wisata.

Meskipun seram dan berbahaya, tapi tetap indah kan? Kira-kira jalur mana yang paling pengen kamu coba? Selamat berwisata ya, Travelers!