Dewasa ini, ‘traveling’ jadi kata yang tak asing di telinga kita. Pergi liburan sudah jadi semacam kebutuhan pokok, layaknya makanan dan pakaian. Traveling mungkin identik dengan menghabiskan uang, bersenang-senang, dan membebaskanmu dirimu dari rutinitas yang menekan. Tapi, coba deh sesekali merasakan sensasi traveling yang berbeda.

Di artikel kali ini Hipwee akan menghadirkan 14 destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi. Bukan cuma senang-senang, setelah pulang dari tempat-tempat ini kamu mungkin akan semakin ‘kaya’. Yup, dari sini kamu mungkin akan menemukan makna kehidupan, menguatkan keimananmu, sekaligus menghargai sesamamu dan keyakinan lain yang ada di dunia.

1. Varanasi, India

Sungai Gangga, Varanasi – India via www.huffingtonpost.com

Kota Varanasi — atau disebut juga Benares atau Kashi — adalah salah satu kota yang dianggap suci di India. Ini karena letaknya di tepi Sungai Gangga, sungai yang dianggap kudus bagi umat Hindu. Dikunjungi lebih dari 20 juta orang setiap tahunnya, Sungai Gangga menjadi tempat suci yang secara statistik paling populer di dunia.

Dikenal sebagai ‘Ganga Ma’ atau ‘Ibu Gangga’, sungai ini mengalir dari Pegunungan Himalaya ke Teluk Benggala sepanjang sekitar 2000 km. Peziarah biasa melakukan persembahan yang disebut dengan ‘darshans’. Orang Hindu percaya bahwa air Sungai Gangga bisa menyucikan manusia dari dosa.

2. Mekah, Arab Saudi

Advertisement

Ka’bah, Mekah – Arab Saudi via en.wikipedia.org

Kota yang satu ini adalah tujuan impian para umat Muslim. Sekitar 13 juta orang mengunjungi Mekah setiap tahunnya untuk melaksanakan ibadah Haji. Angka ini menempatkan Mekah di urutan kedua sebagai kota yang paling banyak dikunjungi para peziarah. Di kota ini terdapat bangunan Masjidil Haram dengan Ka’bah di dalamnya yang dijadikan patokan arah kiblat bagi seluruh umat Muslim di dunia. Satu catatan: hanya orang Muslim yang diizinkan masuk ke Mekah. Kalau kamu tidak beragama Islam, mungkin kamu bisa memilih tempat wisata spiritual yang lain?

3. Jianshui, Cina

Kuil Konghucu, Jianshui – Cina via www.synotrip.com

Jianshui adalah kota yang terletak di provinsi Yunnan, Cina. Di kota ini terdapat sebuah kuil Konghucu yang termasyhur. Kuil ini menjadi tempat ibadah atau pemujaan bagi penganut Konghucu. Selain di kota Jianshui, kuil Konghucu lainnya bisa ditemukan di Qufu, Provinsi Shandong, serta di Beijing.

Ajaran Konghucu — yang juga dikenal dengan istilah aslinya, Ru Jiao — adalah ajaran yang mengajak penganutnya untuk berlembut hati, berilmu, dan berbudi luhur. Selain Konghucu, Tiongkok juga terkenal melahirkan falsafah hidup berpengaruh lainnya, Taoisme alias jalan kebajikan.

4. Kota Meksiko, Meksiko

Katedral Santa Maria Maggiore, Kota Meksiko – Meksiko via www.huffingtonpost.com

Kota Meksiko setiap tahunnya dikunjungi lebih dari 10 juta orang. Mereka adalah peziarah yang datang untuk mengunjungi Katedral Santa Maria Maggiore. Gereja ini menjadi yang paling banyak dikunjungi umat Katolik setelah Basilika Santo Petrus di Vatikan. Gereja yang dibangun tahun 1977 ini merupakan bentuk penghormatan bagi Bunda Maria dari Guadalupe.

5. Amritsar, India

Kuil Emas, Amritsar – India via www.redbubble.com

Amritsar menjadi salah satu kota suci yang tersohor di India. Di sinilah lokasi Kuil Emas yang menjadi tempat ibadah para penganut kepercayaan Sikh. Selain sebagai identitas bagi kepercayaan Sikh, kuil ini juga menjadi salah satu kekayaan budaya India.

Lebih dari 50 ribu orang datang ke tempat ini setiap harinya. Namun, tidak hanya diperuntukkan bagi penganut Sikh saja, kuil ini terbuka bagi siapapun yang ingin berdoa dan mendapat ketenangan spiritual.

6. Lourdes, Perancis

Lourdes, Prancis via religion.answers.wikia.com

Kota ini merupakan tempat ziarah umat Katolik yang terbesar di Perancis. Lourdes terletak di Perancis selatan, tepatnya di kaki pegunungan Pyrenees yang memiliki sekitar 17 ribu penduduk. Menurut legenda, pada bulan Februari 1858 Bunda Maria menampakkan dirinya pada seorang anak kecil di kota ini.

7. Haifa, Israel

Taman Bahai, Hafai – Israel via www.google.co.id

Hafai adalah kota terbesar di utara Israel. Di kota ini terdapat salah satu situs warisan dunia yaitu Taman Baha’i. Dengan sekitar setengah juta orang mengunjungi tempat ini setiap tahunnya, Taman Baha’i menjadi salah satu situs paling populer di Timur Tengah.

Sebagai tempat ziarah penganut Baha’i, taman ini punya keindahan yang luar biasa, yang terdiri dari 19 teras dengan tangga-tangga di sepanjang lereng utara Gunung Karmel. Kuil dengan kubah emas ini diyakini kaum Baha’i sebagai tempat peristirahatan Siyyid Ali Muhammad Shirazi alias Al-Bab, salah satu nabi utama kaum Baha’i.

8. Vatikan, Italia

Vatikan, Italia via www.thetimes.co.uk

Vatikan adalah kota sekaligus negara dengan luas wilayah dan jumlah penduduk yang relatif kecil. Terletak di dalam kota Roma, Vatikan menjadi tempat tinggal Paus dan pusat otoritas Katolik Roma. Ada lebih dari 4 juta orang yang mengunjungi Vatikan setiap tahunnya.

Yang paling terkenal dari Vatikan adalah Gereja Santo Petrus yang dibangun jaman Kaisar Konstantinus I pada sekitar tahun 326 sampai 333 Masehi. Santo Petrus adalah nama dari salah satu murid Yesus yang disalibkan, meninggal, kemudian dikuburkan di dalam gereja ini.

9. Yerusalem, Timur Tengah

Yerusalem, Timur Tengah via www.telegraph.co.uk

Lebih dari 2 juta peziarah mengunjungi Yerusalem setiap tahunnya. Uniknya, kota ini dianggap suci bagi tiga agama sekaligus: yaitu Islam, Kristen, dan Yahudi. Kota ini juga termasuk salah satu yang tertua di dunia. Sejarahnya panjang, dan telah menyaksikan berkali-kali penaklukan, penghancuran, dan pembangunan kembali.

Di kota ini terdapat Gereja Makam Kudus yang sakral dalam sejarah perjalanan Yesus. Ada pula Masjid Al-Aqsa yang merupakan tempat suci ketiga bagi umat Islam setelah Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah. Sementara itu, Tembok Barat atau lebih dikenal sebagai tembok ratapan menjadi tempat yang dianggap suci bagi kaum Yahudi.

10. Cusco, Peru

Machu Picchu, Cusco – Peru via www.laurapappashealth.com

Cusco, kota yang terletak di lembah Urubamba di pegunungan Andes ini, menyimpan kekayaan luar biasa. Yup, Machu Picchu atau yang dikenal sebagai ‘kota Inca yang hilang’ terletak di kota ini. Pada tahun 1983, Machu Picchu ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

Ada sekitar 2 juta peziarah setiap tahunnya mengunjungi tempat ini. Dipercaya sebagai pusat kosmos, Machu Picchu ramai dikunjungi antara bulan Mei hingga September. Namun, Machu Picchu juga mendapat perhatian dunia akibat terjadinya kerusakan yang ditimbulkan karena banyaknya jumlah pengunjung.

11. Konya, Turki

Makam Rumi, Konya – Turki via www.flickr.com

Konya adalah jantung negara Turki. Di kota ini terdapat makam penyair Sufi yang masyhur, Rumi, yang meninggal pada tahun 1237. Sekitar 2 juta peziarah berkunjung ke makam Rumi tiap tahunnya.

12. Bodh Gaya, India

Pohon Bodhi, Bodh Gaya – India via www.redflagmagazine.org

Bodh Gaya terletak sekitar 100 km dari Patna, India. Di kota ini terdapat pohon Bodhi yang dianggap suci bagi penganut Budha. Siddharta Gautama dipercaya telah bermeditasi selama 49 hari di bawah pohon ini hingga akhirnya mendapat pencerahan.

Sekitar 800 ribu hingga 1 juta orang yang rata-rata berasal dari Asia mengunjungi tempat ini untuk berziarah. Bagi mereka yang percaya, berdoa di bawah pohon Bodhi akan membawa kebahagiaan dan kedamaian jiwa.

13. Ratnapura, Sri Lanka

Adam’s Peak, Ratnapura – Sri Lanka via www.travlang.com

Ratnapura merupakan salah satu kota besar di negara Sri Lanka. Di kota ini terdapat sebuah destinasi wisata religi yang cukup terkenal, yaitu Adam’s Peak. Jejak kaki berukuran besar di ketinggian 2243m ini dipercaya sebagai jejak kaki Adam yang pertama kali setelah  diusir dari surga.

Sementara itu, umat Budha percaya bahwa jejak kaki itu adalah Sri Pada, jejak suci yang ditinggalkan Budha saat menuju surga. Bahkan, ada pula yang menganggap jejak itu milik Dewa Siwa. Apapun sejarahnya, tempat ini ternyata sudah jadi tujuan ziarah sejak 1000 tahun lalu.

14. Kyoto, Jepang

Kuil Shinto, Kyoto – Jepang via tieskoreanadventure.blogspot.com

Kota Kyoto terletak di pulau Honsu, Jepang. Ada sekitar 1,5 juta penduduk yang tinggal di kota ini. Kyoto punya sekitar 2000 tempat ibadah, yaitu 1600 kuil Budha dan sekitar 400 kuil Shinto. Salah satu kuil Shinto yang paling terkenal adalah Fushimi Inari Taisha. Kuil ini sudah ada sejak 4000 tahun lalu dan dikunjungi lebih dari 80 ribu orang setiap tahunnya.

Gimana, berniat traveling ke salah satu tempat di atas?