Mengulas kekayaan kuliner Indonesia memang seperti gak ada habisnya. Masing-masing kota di Tanah Air pastilah memiliki keunikan tersendiri dalam hal menu-menu makanannya. Yang pasti, kekayaan kuliner ini juga biasanya jadi daya tarik bagi para pelancong.

Nah, di artikel kali ini Hipwee mau mengulas tentang kuliner yang ada di Kota Semarang. Apa aja sih makanan-makanan lezat yang bisa kamu cicipi saat berkunjung ke sana? Yuk, simak sama-sama!

1. Tahu gimbal Semarang memang terkenal juara. Saat berkunjung ke sana, kamu wajib banget mencicipinya!

tahu gimbal khas Semarang via pbianda.wordpress.com

Buat kamu yang melancong ke Semarang, gak perlu bingung memilih penganan tradisional-nya. Salah satu yang wajib banget disantap saat berkunjung ke sana adalah tahu gimbal. Kuliner ini terdiri dari tahu yang di goreng garing, irisan kol, bakwan udang, dan lontong yang di atasnya disiram bumbu kacang.

Mudah saja menemukan pedagang tahu gimbal di Semarang, namun salah satu yang jadi rekomendasi adalah Warung Mas Aris yang ada di kawasan Citarum, sekitar 100 meter dari Jembatan Citarum. Meski warungnya sederhana, tahu gimbal di sini terkenal juara soal rasanya.

2. Nikmati segar dan gurihnya Soto Bangkong yang sudah terkenal di kalangan para pelancong.

Advertisement

Soto Bangkong yang rasanya juara via jv.wikipedia.org

Buat kamu yang sudah bolak-balik berkunjung ke Semarang, mungkin sudah awam dengan kuliner yang satu ini. Yup! Soto Bangkong memang sudah bediri sejak tahun 1950-an sehingga terbilang salah satu kuliner terpopuler yang ada di Semarang. Semangkuk Soto Bangkong terdiri dari bihun, irisan bawang, kuah, ayam suwir dan bawang goreng. Soal rasa udah gak perlu dipertanyakan lagi deh!

3. Salah satu yang juga tak kalah lezat pastilah kuliner Mie Kopyok Pak Dhuwur di Jalan Tanjung, Semarang.

Mie kopyok Pak Dhuwur via www.flickr.com

Satu lagi tempat wisata kuliner di Semarang yang wajib kamu kunjungi. Mie Kopyok Pak Dhuwur yang terletak di Jalan Tanjung No. 18, Semarang. Kuliner ini terdiri dari beberapa bahan seperti mie, lontong, tahu, tauge dan kuah dengan cita rasanya yang khas.

Mie Kopyok juga paling nikmat disantap di siang hari saat cuaca sedang panas-panasnya. Tambahkan kerupuk dan sambal kacang supaya momen makan mie jadi makin seru dan tak terlupakan, ya!

4. Meski asalnya dari Kota Pati, Nasi Gandul juga jadi kuliner favorit orang Semarang lho!

nikmati segar dan gurihnya nasi gandul via www.flickr.com

Sebenarnya, kuliner yang satu ini asalnya dari daerah Pati. Namun, orang-orang Semarang ternyata juga menggemari kuliner ini. Nasi yang disajikan dengan kuah santan kecap bertabur potongan daging sapi, jeroan empuk serta telur ini dijamin bakal bikin kamu ketagihan. Jika ingin berburu kuliner ini saat malam hari, langsung saja menuju Warung Nasi Gandul Pak Subur yang terletak di Jl. KH Ahmad Dahlan, tepat di seberang rumah sakit Tegal Rejo.

5. Rasakan nikmatnya babat yang dimasak dengan cara “digongso” di Warung Babat Gongso Pak Karmin.

Babat Gongso Semarang dijamin enak via wisatadisemarang.com

Buat para penggemar jeroan, salah satu menu yang gak boleh dilewatkan adalah babat gongso. Konon, warung yang paling pertama menyediakan menu ini adalah Warung Babat Gongso Pak Karmin. Warung Pak Karmin ini aksesnya cukup mudah karena masih terletak di tengah kota Semarang, tepatnya di sekitaran Kantor Pos Besar Semarang. Yang pasti, bakal menyesal deh jika berkunjung ke Semarang namun melewatkan kesempatan mencicipi kuliner ini.

6. Olahan daging sapi yang satu ini wajib banget kamu cicipi. Asem-asem Koh Liem dijamin bikin kamu ketagihan.

Asem-asem Koh Liem via wisatadisemarang.com

Asem-asem adalah masakan yang terbuat dari daging sapi, kikil, irisan cabe hijau, bandeng sarden, dan beberapa bumbu rempah. Punya cita rasa manis dan asam, kuliner ini mantap banget disantap saat makan siang. Kuahnya yang segar, gurih, sekaligus asam bakal kamu nambah nasi atau lontong terus deh!

7. Buat yang doyan daging kambing, coba deh mampir ke Warung Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar.

Gulai kambing Pak Sabar via jaghorentacar.wordpress.com

Doyan banget sama daging kambing? Penasaran dengan olahan daging kambing di kota Semarang? Langsung saja mampir ke Warung Gulai Kambing Pak Sabar. Tempat makan yang satu ini memang sudah sangat terkenal baik di kalangan warga Semarang maupun para pelancong yang berkung ke sana.

Sama seperti kebanyakan kuliner tradisional lainnya, warung gulai kambing ini pun tampil sederhana. Tapi jangan salah, warung ini dijamin gak pernah sepi pembeli deh! Berada di kawasan Kota Tua, warung ini biasanya sudah jadi destinasi wajib bagi para pelancong.

8. Kuliner bebek goreng memang sudah ada dimana-mana. Tapi saat menyambangi Semarang, jangan lupa mampir ke Bebek Goreng Pak Thori.

nikmati juga bebek gorengnya via www.wisatanegeri.com

Bebek goreng rasa-rasanya memang tak seberapa spesial. Pasalnya, di hampir setiap kota kamu bisa menemukan penjual bebek goreng. Namun jangan buru-buru meremehkan bebek goreng yang ada di Jalan Raya Gunung Pati KM 15 ini.

Khususnya buat kamu yang memang penggemar daging bebek, wajib banget setidaknya mampir sesekali. Setelah mencoba menu bebek goreng atau bebek bakarnya, kamu baru akan tahu betapa lezatnya olahan bebek di warung ini.

9. Hampir mirip dengan nasi liwet yang ada di Solo, Semarang ternyata punya menu kuliner Nasi Ayam lezat ini!

Nasi ayam khas Semarang via www.burpple.com

Nasi Ayam merupakan makanan khas Semarang yang sekilas mirip nasi liwet yang ada di Solo. Nasi ayam juga disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam, krecek, namun dengan bumbu yang berbeda. Disajikan dengan “pincuk” atau beralas daun menjadikan kuliner yang satu ini makin nikmat disantap.

Salah satu warung nasi ayam yang terkenal adalah Warung Nasi Ayam Bu Nyoto yang terletak di depan SD Santo Yusuf di Jalan MT Haryono. Buka dari pagi hingga sore hari, tempat ini direkomendasi buat kamu yang memang ingin mencicipi lezatnya nasi ayam khas Semarang.

10. Ini lho yang mungkin gak akan kamu temui di kota lain. Leker Paimo pasti jadi buruan para wisatawan.

wajib cobain leker Paimo via petzluvneiz.wordpress.com

Mendengar istilah “leker”, mungkin akan membuatmu teringat dengan jajanan semasa sekolah dulu. Jika umumnya leker punya rasa yang manis, leker Paimo ini lebih variatif karena tersedia dalam berbagai pilihan rasa. Selain ada leker rasa manis dengan topping karamel atau coklat, ada pula leker bertabur topping lain seperti sosis, abon, jagung manis, telur, keju, hingga tuna. Pokoknya dijamin lezat rasanya!

11. Seperti Jogja yang terkenal dengan olahan bakmi-nya, di Semarang pun ada Bakmi Jawa Pak Gareng yang terkenal lezat.

Bakmi Pak Gareng via doyangemil.com

Bakmi Jawa mungkin banyak ditemui di Jogja atau Solo. Tapi tahukah kamu bahwa di Semarang pun terdapat warung-warung bakmi Jawa yang tersohor kelezatannya. Salah satunya adalah Warung Bakmi Jawa Pak Gareng yang memang jadi destinasi favorit para wisatawan.

Di tempat makan ini kamu bisa memesan bakmi kuah atau bakmi goreng yang pastinya punya cita rasa luar biasa. Disajikan dengan bakmi berkualitas dan tambahan telur, sawi, dan ayam suwir, menjadikan penganan ini wajib banget kamu cicipi.

12. Makan nasi Padang sih udah biasa. Kalau melancong ke Semarang, cicipi juga Nasi Goreng Padang yang unik rasanya.

Nasi goreng Padang dijamin mantap via arjunarentcar.blogspot.co.id

Istilah “nasi Padang” tentu sudah sangat awam di telinga kita. Namun yang ada di Semarang ini terbilang unik karena menyajikan nasi goreng Padang. Nasi Goreng Padang Bang Jo terletak di jalan Hasanudin, terlihat sederhana, namun selalu ramai pengunjung.

Tersedia berbagai variasi nasi goreng, mulai dari nasi goreng ati ampela, udang, cumi-cumi, ayam, daging sapi, daging kambing, keju, dan masih banyak lagi. Kadar kepedasannya pun bervariasi, mulai dari yang tidak pedas, pedas, hingga sangat pedas.

13. Saat cuaca sedang panas-panasnya, mampir saja ke Warung Es Puter Congklik yang segarnya juara.

Ini juaranya es puter di Semarang via hellosemarang.com

Salah satu yang juga terkenal dari Kota Semarang adalah kuliner es-nya. Di sana kamu dapat menemukan aneka jenis es yang terbilang unik dan tak dapat ditemukan di kota-kota lain. Es Puter Conglik adalah yang paling populer karena sudah ada sejak tahun 1944. Es puter ini terdiri dari berbagai varian rasa dan toping.

Selain warung es ini, ada juga lho warung es lainnya yang boleh banget kamu coba. Salah satunya Es Maremyang terkenal porsinya yang banyak, serta Es Rumpi dan Es MieCool yang bisa kamu temukan di kawasan belakang Lawang Sewu.

14. Liburan gak akan lengkap tanpa bawa buah tangan. Lumpia, tahu pong, wingko babad, dan bandeng presto adalah oleh-oleh andalan kota Semarang.

Lumpia Gang Lombok via commons.wikimedia.org

Liburanmu gak akan terasa lengkap deh jika pulang tanpa membawa oleh-oleh. Padahal, Kota Semarang terkenal dengan berbagai penganan tradisional yang cocok banget dijadikan oleh-oleh. Lumpia, panganan yang isinya rebung muda dan disajikan dengan saus tauco adalah salah satunya. Ada pula Gajah Mada yang sudah terkenal lezat dengan cocolan petis udang, serta acar dan cabai hijau.

Buat kamu penyuka makanan manis, bisa juga memilih wingko babad yang terbuat dari beras ketan dan kelapa bakar. Atau kalau kamu doyan dengan ikan bandeng, bisa juga membeli bandeng presto khas Semarang yang dijamin lezat jika digoreng dan disajikan dengan sambal.

Nah, gimana? Setelah membaca artikel ini, kamu makin “gatal” ingin segera berkunjung ke Semarang ‘kan? Pokoknya buat kamu yang doyan jalan-jalan sekaligus makan, wajib banget deh melancong ke “Kota Pahlawan”!

Gambar andalan di ambil dari sini.