Salah satu kelakuan norak para turis yang sangat amat merugikan ialah membuang sampah sembarangan. Turis Indonesia gimana? Ya jangan ditanya. Tingkat dan kelakuan orang Indonesia yang kerap buang sampah seenaknya sudah sampai tingkat akut. Ada memang yang sudah (berusaha) tertib buang sampah di tempatnya, tapi hanya segelintir saja. Sisanya? Ya masih nyampah dimana-mana. Berikut beberapa spanduk, papan, dan entah apa medianya, yang bertuliskan larangan membuang sampah sembarangan. Termasuk pula di gunung, hutan, dan alam raya lainnya. Masa kamu nggak kesindir? Sebelum buang sampah sembarangan, yuk mikir!

1. Masa ya kamu harus disumpah serapahin biar cepet mampus dulu biar takut untuk buang sampah sembarangan? 🙁

masih mau hidup nggak kamu? via news.detik.com

2. Di sini, buang sampah sembarangan seperti sudah jadi kebiasaan tanpa ada rasa bersalah. Apa ya pas buang sampah itu kamu ngerasa kerasukan, kan enggak?

Mau jadi korban selanjutnya? via club.iyaa.com

3. Kalau setelah baca plang ini dan kamu masih melakukannya, sumpah satu hal yang patut dipertanyakan; urat malumu ada dimana?

nggak sayang sama uangmu? via news.detik.com

4. Abis buang sampah, pulangnya kamu ditabrak mobil. Parahnya ternyata itu mobil mantan, dan dia bareng pasangan barunya. Hiks!

udah jangan ngeyel ah via news.detik.com

5. Ati-ati yang punya pacar, apalagi yang mau nikah. Bisa-bisa mendadak jomblo lantaran kamu bacanya sambil doa. Spanduk sekarang emang serupa kutukan ya?

Advertisement

yang jomblo mbok jangan cari perkara via instagram.com

6. Kalau memang ngaku dan merasa masih manusia, ya tolong aturan dan peringatan begini jangan diacuhkan

manusia apa setaaan? via lidwinamaharrini.files.wordpress.com

7. Kalau emang pengen mati, ya cari cara yang lebih terhormat bisa kali ah! Masa cuma gara-gara buang sampah dan dibacok warga pula ~

yang satu ini emang ngeri sih :3 via facebook.com

8. Katanya, manusia itu makhluk paling sempurna. Masa iya mau-maunya kamu disamain sama primata macam monyet CUMA gara-gara nggak buang sampah di tempatnya?

kalau kamu ngerasa sebangsa sama monyet, ya silahkan aja via club.iyaa.com

9. Kalau nggak takut miskin dan kehilangan harta, buang sampah sembarangan jadi sah-sah aja. Hari gini kamu nggak punya cita-cita kaya?

kalau kamu miskin, nanti nggak ada yang mau dikawinin lho via detik.com

10. Kalau yang ini sih, udah macam Izroil aja yang jaga. Hehe… sekali buang sampah, detik itu pula kamu terancam kehilangan nyawa. Masih punya nyali masa?

siap-siap, Izroil mengintai via tiraskita.com

11. Lucu sih tulisan ini, bikin senyum kan? Tapi tersiratnya, ini juga berupa kemarahan untuk mereka yang membuang sampah seenaknya

mending nggak usah makan kalau nggak bisa buang via club.iyaa.com

12. Kalau udah buang sampah sekali, ati-ati warga kampung ini mengintaimu dimana-mana, plat motormu bakal dihafalin mereka~

ati ati plat nomormu via detik.com

13. Ngaku punya otak sih, tapi kalau nggak waras mana ada yang mau sama kamu? Mulai sekarang yuk kelakuannya diperbaikin dulu

kalau otaknya nggak bisa dipakai, dijadiin gulai aja udah via detik.com

14. Kalau masih bisa sholat sendiri ya sholat sendiri aja sih, masa udah pengen disholatin aja? Daripada buat bayar denda, mbok ya dibuat nikah aja

yakin udah mau disholatin kamu? via facebook.com

15. Manusia ya manusia aja. Jangan mau disamain dengan primata macam monyet, apalagi hewan kaya anjing. Sindiran dimana-dimana, semoga kamu segera peka

kalau ‘dia’ bisa, masa kamu enggak? via hipwee.com

Membuang sampah seenaknya memang sudah jadi persoalan yang sangat krusial bagi Indonesia. Jadi jangan heran, makin kemari tulisan spanduk marah seperti contoh-contoh di atas akan makin kerap terlihat. Kamu mau bilang, ini perihal kebiasaan? Kan bisa diubah, kalau kamu nggak mau anak-cucumu nanti tenggelam dalam lautan sampah. Kebiasaan bisa dihentikan. Masyarakat harus disadarkan dan diajak membuang sampah pada tempat yang seharusnya. Nggak melulu urusan pemerintah kok, ini kesadaran masing-masing pribadi. Selamat menyadarkan diri sendiri!