Malang Raya memang jawara kalau urusan wisata. Hampir semuanya ada buat para pelancong yang datang ke sana. Mulai dari pantai, perbukitan, pemandangan hijau alam bumi perkemahan hingga wisata yang mengedepankan wahana pun ada!

Setelah sebelumnya membahas 23 Destinasi Wisata yang Layak Kamu Kunjungi di Malang dan Sekitarnya, Hipwee hadirkan lagi 17 destinasi wajib dikunjungi di Malang Raya. Yuk, kita intip beberapa tempat di Malang yang layak untuk dikunjungi musim liburan kali ini!

1. Awali perjalananmu dengan menelisik indahnya Coban Pelangi di Ngadas

Indahnya Coban Pelangi. Credit to @ayyufadillah via instagram.com

Wisata yang satu ini merupakan salah satu wisata air terjun yang memiliki keindahan tersendiri. Terletak di Ngadas, Poncokusuman, Kabupaten Malang, Coban Pelangi menjadi salah satu primadona tersendiri karena daya tarik alamnya yang indah. Meski kita diharuskan untuk berjalan sekitar 15-20 menit dari parkiran guna mencapai Cobannya, namun sepanjang perjalanan kita dijamin tidak akan bosan.

Pemandangan hijau perbukitan yang indah nan asri. Ditengah perjalanan, kita akan menemui “Jembatan Cinta”. Itu lah pertanda kita sudah separuh jalan. Jika sudah sampai di tujuan,kita akan disuguhi oleh indahnya Pelangi yang akan terlihat pada pukul 10.00-14.00.

2. Coban Manten, keindahan yang bisa kamu nikmati setelah perjuangan panjang

Advertisement

Sejuknya hawa di puncak Coban Manten. Credit to @teguhsetiawan_vespa35 via instagram.com

Coban Manten berada di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Dinginnya hawa perbukitan tempat air terjun ini berada akan langsung terasa ketika kita sampai di lokasi. Jaraknya yang jauh dari bumi perkemahan di dasar bukit membuat Coban ini jarang dilirik. Perlu sekitar 2 jam untuk bisa mencapai lokasinya. Namun, ketika sampai di lokasi, tak perlu lagi diragukan keelokan alam dan kesejukan hawa sekitar Coban Manten ini.

Coban Manten ini sendiri merupakan  Coban puncak yang airnya mengalir kebawah hingga ke Coban Rondo. Jadi bisa dibayangkan kan betapa segarnya hawa sekitar Coban? Namun yang perlu diingat, siapkan benar fisik jika ingin naik untuk sampai ke Coban Manten ini karena medannya tergolong licin.

3. Bumi Perkemahan Bedengan di Kecamatan Dau. Surga tersembunyi yang memanjakan matamu

Pemandangan Hijau Alam Bedengan. Credit to @cappudeecino via www.instagram.com

Tempat ini sangat cocok bagi kalian yang suka dengan wisata alam pedesaan. Terletak di Kecamatan Dau, Bumi Perkemahan Bedengan menyuguhkan berbagai keindahan alam yang sangat indah. Selain terdapat pemandangan pegunungan yang hijau dan alam pedesaan yang masih segar, di Bedengan juga terdapat air terjun yang disebut “Brues”. Hanya saja, karena lokasinya yang jauh dari kota dan publikasi yang masih kurang, tempat wisata indah satu ini jadi jarang dikunjungi wisatawan.

4. Secret Zoo, kebun binatang epic di Malang yang wajib hukumnya kamu datangi

Gorilla di Secret Zoo. Credit to @dianpurnamma via www.instagram.com

Kebun Binatang yang satu ini adalah pilihan yang tepat jika ingin berlibur bersama keluarga. Secret Zoo merupakan Kebun Binatang di daerah Batu yang memiliki konsep modern dan memiliki koleksi binatang yang sangat bervariatif sehingga cocok sebagai sarana edukasi dan rekreasi bagi keluarga. Diresmikan tahun 2010, Secret Zoo sukses menempati urutan ke 5 sebagai Kebun Binatang terfavorit di Asia. Dengan tarif Rp. 75.000 – Rp.105.000, kita bisa menikmati wisata di Secret Zoo yang buka mulai pukul 10.00 hingga 17.00 ini.

5. Mau yang menantang? Kasembon rafting bisa jadi pilihan

Olahraga memacu adrenalin. Credit to @hendragreenforce via www.instagram.com

Wisata alam yang satu ini wajib didatangi bagi penggemar wisata adrenalin. Terletak di Kecamatan Kasembon, wisata arung jeram ini menyuguhkan pemandangan indah sepanjang perjalanan rafting. Dengan harga berkisar antar Rp. 165.000 hingga Rp. 225.000, kita dapat menikmati olah raga yang memacu adrenalin ini. Jangan khawatir, harga tersebut sudah termasuk pemandu, regu penyelamat, shuttle service serta asuransi kok.

6. Di tengah hari, sempatkan menikmati hawa sejuk di Kebun Teh Wonosari

Pemandangan Sejuk di Kebun Teh Wonosari. Credit to @yoiki_malang via www.instagram.com

Wisata ini sudah ada sejak dulu kala dan tak pernah sepi karena memang pemandangan alamnya yang indah. Selain menyediakan pemandangan alam yang indah, di Kebun Teh Wonosari ini pengunjung juga bisa pengolahan teh hingga bisa menikmati teh yang disediakan oleh pengelola. Di Kebun Teh Wonosari, pengunjung juga bisa berendam di kolam air panas, hingga melakukan aktivitas outbond di wilayah asri ini.

7. Sipelot di Malang Selatan. Di mana lagi bisa menemukan air terjun dan pantai di tempat yang sama?

Indahnya pantai Sipelot. Credit to @umarmochammad via www.instagram.com

Destinasi pantai yang satu ini termasuk salah satu pantai yang baru tenar beberapa tahun belakangan ini. Letaknya di daerah Malang Selatan.  Jalur yang berkelok-kelok dan sempit membuat pantai ini belum banyak dikunjungi wisatawan dibanding pantai Malang Selatan yang lain. Namun, begitu sampai, pemandangan nan indah akan disuguhkan bagi kita. Disamping Pantai, ada juga Coban Sipelot yang tingginya sekitar 10 meter yang semakin melengkapi keindahan pantai ini.

8. Goa Cina, tempatmu bisa menikmati sunset yang memanjakan mata

Indahnya Pantai Goa Cina. Credit to @gitayannet via www.instagram.com

Pantai yang terletak di daerah Sumber Manjing Wetan, Kabupaten Malang ini cukup terkenal karena tempatnya yang indah dan sunsetnya yang menawan. Pantai ini juga sering dijadikan tempat camp bagi pecinta alam. Namun, jangan terlalu dekat ya dengan bibir pantai. Ombak di pantai ini terkenal memiliki arus yang kuat, oleh karena itu terdapat larangan untuk mandi di pantai. Pemandangan segar pantai disertai dengan karang-karang yang terlihat indah dijamin akan membuat kalian betah disana.

9. Pantai wajib di Malang? Ya Balekambang…..

Pura di Balekambang. Credit to @ivany89 via www.instagram.com

Dicap sebagai Tanah Lot-nya Jawa Timur, Balekambang adalah salah satu destinasi wajib untuk dikunjungi jika ingin merasakan liburan di Pantai Malang. Berjarak sekitar 65 KM di Selatan Kota Malang, Balekambang menyuguhkan keindahan pantai yang memanjang hingga 2 KM. Oh iya, Balekambang disebut sebagai sebagai Tanah Lot-nya Jawa Timur karena di pantai ini terdapat sebuah Pura yang terletak di tengan laut. Indah bukan?

10. Paralayang di Batu layak dicoba buatmu adrenalin junkie

Menikmati panorama kota Batu dari langit. Credit to @hutamaningmargo via www.instagram.com

Bagi kalian yang suka dengan olah raga memacu adrenalin, Paralayang bisa jadi pilihan. Bagaimana tidak, berolahraga sambil memandangi keindahan Kota Batu dari langit merupakan nilai plus tersendiri disini. Dengan berbagai pilihan paket yang berkisar antara Rp. 350.000 – Rp. 600.000, dijamin kita terpuaskan oleh indahnya pemandangan Kota Wisata Batu dari Langit. Tapi jika tak ingin ber-paralayang, tempat ini juga asik kok untuk sekedar nongkrong bareng teman sembari ngopi dan menikmati pemandangan lampu nan Indah.

11. Omah Kayu, destinasi wajib di Malang buat kamu anak gaul Instagram

Pemandangan Omah Kayu. Credit to @ronnyang via www.instagram.com

Lokasinya di Gunung Banyak, Batu. Berkonsep dasar penginapan berbasis alam, Omah Kayu menyuguhkan pemandangan indah area persawahan dan perbukitan hijau. Harga yang ditawarkan di Omah Kayu berkisar antara Rp. 250.000 hingga Rp. 300.000 per malam. Namun, bila kita hanya ingin sekedar bersantai menikmati pemandangan dan berfoto ria, kita hanya perlu membayar Rp. 5000 saja kok.

12. Capek jalan, coba deh menikmati relaksasi tubuh di Cangar

Pemandian Air Hangat di Cangar @dzikriisgifiernanda via www.instagram.com

Jika sudah lelah menjelajah Malang, tak ada salahnya untuk singgah di Cangar. Pemandian air hangat yang terletak di Kota Batu ini sangat cocok untuk dinikmati pada pagi hari ketika hawa disekitar Cangar masih dingin. Kehangatan air di Cangar ini mampu merilekskan tubuh yang kelelahan akibat dan disebut mampu mengobati beberapa penyakit kulit. Cukup dengan biaya sekitar Rp. 5500, kita bisa menikmati hangatnya pemandian Cangar. Tertarik untuk mencoba?

13. Alun-Alun Batu, icon kota wisata yang tak pernah sepi

Icon Kota Batu. Credit to @ayurindulestari15 via www.instagram.com

Batu yang selama beberapa tahun belakangan terus menggenjot pariwisatanya tentu tak boleh dilupakan dari destinasi wisata Malang Raya dan salah satu primadona utamanya adalah Alun-alun kota Batu. Dilengkapi dengan playground untuk anak-anak serta wahana Bianglala, tak salah jika Alun-alun Batu menjadi icon yang cukup merepresentasi kota Wisata Batu.

14. Alun-alun Malang yang baru saja berbenah juga layak dikunjungi. Malang kelihatan berbeda dari sini

Wajah Baru Alun-Alun Malang. Credit to @ikaprasetyawan via www.instagram.com

Wisata alun-alun memang terbilang sudah biasa, namun jangan salah. Wajah baru Alun-alun Malang akan mengubah persepsi wisata alun-alun kita. Alun-alun Malang yang baru selesai direnovasi ini menciptakan suasana alun-alun yang lebih terbuka dan lebih indah. Dilengkapi gazebo dan wifi gratis, alun-alun kota Malang bisa menjadi alternatif bagi kalian untuk sekedar menikmati Kota Malang dari sisi yang berbeda.

15. Napak Tilas sejarah di Candi Badut yang dikelilingi bukit nan apik

Candi Badut. Credit to @nandini9999 via www.instagram.com

Candi peninggalan Prabu Gajayana ini didirikan pada tahun 360 Masehi dan terletak kurang lebih 5 KM dari kota Malang. Luas bangunannya sekitar 2808 m2 dengan menghadap ke arah barat dan dikelilingi oleh bukit sehingga tampak apik. Candi ini juga sempat dipugar 2 kali pada tahun 1925-1926 dan 1990-1991. Yang membuat Candi ini unik adalah pahatan Kalamakaranya yang seakan lebih mirip bentuk Kalamakara candi di Jawa Tengah dari pada Jawa Timur.

16. Rehat sejenak di Taman Kunang-kunang. Gabungan pohon dan lampu akan apik di fotomu

Indahnya lampu malam di Taman Kunang-kunang. Credit to @abdurrahmansq via www.instagram.com

Taman yang satu ini terbilang taman yang baru di Kota Malang karena baru diresmikan oleh Wali Kota Malang pada tahun 2015. Dilengkapi dengan 96 lampu LED yang berkerlip menyinari taman membuat taman Kunang-kunang menjadi salah satu destinasi yang cocok untuk berfoto. Ditambah dengan jalan setapak yang menghubungkan antar plaza di taman, membuat taman Kunang-kunang ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman.

17. Malang juga punya Panderman bagi pendaki pemula. Dari ketinggian kamu bisa menikmati indahnya Malang Raya

Pemandangan Sunset di Puncak Panderman. Credit to @fatkhur_rozi03 via www.instagram.com

Bertempat di Dusun Toyomerto, Kota Batu, Gunung yang berketinggian 2000 mdpl ini memiliki pemandangan indah yang cocok untuk didaki oleh pendaki pemula. Panderman memang disebut sebagai salah satu tempat latihan mendaki bagi pendaki pemula. Namun jangan salah sangka, trek menuju puncak Panderman ini terbilang cukup sulit.

Dibutuhkan waktu kurang lebih 3 jam bagi pendaki untuk bisa mencapai puncak. Tak perlu membayar mahal untuk menikmati alam Panderman, cukup membayar biaya parkir sebesar Rp. 5.000 kita bisa menikmati pemandangan Indah gunung Panderman dengan puncaknya sebagai hadiah.

Demikian beberapa destinasi wisata yang bisa dijadikan pandangan untuk liburan kali ini. Semoga bermanfaat!