Tanggal 8 April lalu, situs wisata TripAdvisor merilis daftar kota-kota tujuan wisata terpopuler dari seluruh dunia. Terpilihnya kota-kota ini adalah berkat jutaan ulasan dari para pengguna TripAdvisor dalam hal penginapan, lokawisata (tourist attractions), serta kafe-kafe dan tempat makan sepanjang tahun 2013.

Sayangnya, tak satupun kota di Indonesia yang masuk ke daftar tersebut. Walau begitu, daftar ini bisa dijadikan patokan berguna jika kamu berencana melancong ke luar negeri.

25. San Francisco, California, AS

Golden Gate, San Fransisco via www.babson.edu

Kota tempat setting film terkenal seperti Pacific Rim (2013), Dirty Harry (1971), dan The Maltese Falcon (1941) ini terkenal dengan Golden Gate-nya (yang ironisnya berwarna merah). Anda juga bisa pergi ke Alcatraz: pulau yang sempat terkenal dengan penjaranya ini kini terbuka untuk para wisatawan.

 

24. Chiang Mai, Thailand

Advertisement

The White Temple, Chiang Mai via www.brighsideof.com

Kota yang terletak di pegunungan Thailand Utara ini menjadi rumah bagi kuil-kuil kuno seperti Wat Chedi Luang dan Doi Suthep. Anda bisa datang ke Festival Tahunan Inthakin bulan Mei yang akan datang, dimana Anda bisa menikmati sajian kuliner, tarian tradisional, dan perayaan penghormatan kepada Buddha selama delapan hari berturut-turut.

23. Lisbon, Portugal

Lisbon via lisbon.net

Lisbon adalah kota terbesar di Portugal. Nikmati campuran arsitektur Gotik, Barok, hingga Modern dan Postmodern dalam bangunan-bangunan Lisbon sambil menyesap sangria segar di bawah sinar matahari yang terang.

22. Sydney, Australia

Ruang terbuka hijau yang tersebar di berbagai bagian Sydney dapat menyegarkan mata Anda, mengingat ruang-ruang itu adalah hal langka di kota-kota besar di Indonesia. Jangan lupa menonton konser musik di Opera House!

21. Budapest, Hungaria

Budapest sebenarnya terdiri dari dua kota lama, yaitu Buda dan Pest – yang dipisahkan oleh aliran Sungai Danube. Susuri pinggiran sungai dengan jalan setapak kala malam hari, saat cahaya temaram berpijar dari gedung-gedung megah di sisi kiri dan kanan Anda.

20. Bangkok, Thailand

Kalau Jakarta terkenal dengan julukan ‘Big Durian’, Ibukota Thailand ini kerap dijuluki ‘Big Mango’. Saksikan kemegahan Istana Raja, dengan atap bersepuh emas dan singgasana berhias makhluk dari mitologi Hindu. Anda yang suka berbelanja juga bisa mendapatkan banyak baju berkualitas dengan harga yang lebih murah di Bangkok.

19. Cape Town, Afrika Selatan

Cape Town via www.capeletting.com

Cape Town adalah salah satu ibukota Afrika Selatan. Anda yang menyukai alam bisa pergi ke pantai, gunung, atau cagar-cagar alam khas Afrika — kota ini punya segalanya. Anda juga bisa menyebrang ke Pulau Robben, tempat Nelson Mandela dipenjara oleh rezim Apartheid selama hampir 30 tahun.

18. Chicago, Illinois, AS

Kota yang kerap bersaing gengsi dengan New York ini kaya akan sejarah, ragam budaya, dan kuliner lezat — dari warung-warung pinggir jalan hingga restoran terkenal seperti Alinea. Buat kamu yang menyukai lukisan harus mengunjungi Art Institute of Chicago — tempat lukisan La Grande Jete karya George Seurat dipamerkan. Kamu juga bisa pergi ke Museum of Science-nya — yang juga merupakan museum sains terbesar di Amerika.

17. Dubai, Uni Emirat Arab

Industri minyak telah mengubah hampir seratus persen wajah Dubai. Arsitektur-arsitektur gedung dan markah tanah mereka luar biasa modern dan ambisius, sebagaimana ditunjukkan oleh Air Mancur Dubai dan gedung Burj Al-Arab. Kelip-kelip cahaya gedung di malam hari bisa menjadi salah satu hal paling indah yang akan kamu lihat seumur hidup.

16. St. Petersburg, Russia

St. Petersburg via www.thirdyearabroad.com

Kota ini adalah rumah bagi raksasa-raksasa Sastra Rusia seperti Tolstoy dan Dostoevsky, serta komposer klasik seperti Tchaikovsky. Kamu bisa pergi ke Katedral Kazan yang megah, serta tentu saja Winter Palace — tempat tinggal keluarga kerajaan Rusia sejak abad ke 19 hingga saat mereka terbunuh dalam revolusi komunis tahun 1917.

15. Barcelona, Spain

Casa Battló, Barcelona via www.barcelonaborne.com

Pergilah ke Gereja Sagrada Familia, yang sampai sekarang belum jadi walaupun pembangunannya dimulai sejak tahun 1882. Pergilah ke Casa Batlo, bangunan yang akan membuat kamu merasa seperti sedang di negeri dongeng. Sisipi cocktail dan cicipi tapas di bar-bar yang tersebar hampir di seluruh sudut kota.

14. Buenos Aires, Argentina

Buenos Aires via marrygoaround.com

Kota Tango! Buenos Aires adalah kota yang menggoda, yang kaya dengan kehidupan malam maupun sejarahnya. Pergi ke area Palermo untuk hiburan malam. Telusuri Avenida de Mayo dan tengadahkan kepala ke gedung-gedung yang menjulang diantara pohon-pohon randu hijau muda. Pikniklah sepanjang sore di salah satu plaza-nya!

13. Florence, Italia

Kota tua ini adalah pusat budaya di Italia. Kelip pelita di jembatan-jembatan bersejarah sepanjang sungai Arno akan memanjakan mata. Kamu yang gila bola juga bisa pergi ke kandang Fiorentina di Stadion Artemio Frachi. Anda yang penyuka anggur harus ikut wine tour!

12. New York City, New York, AS

Patung Liberty, New York via www.burgessyachts.com

Kota impian ini adalah kota yang paling banyak dikunjungi di Amerika Serikat. Pergilah ke Broadway, Empire State Building, Central Park, dan tentu saja Times Square. Cicipi gulali warna-warni di Dylan’s Candy Store dan cupcake manis di Bellevue. Berfotolah di depan Patung Liberty. Resapi puisi yang terpahat di bagian bawahnya — puisi yang menggambarkan cita-cita pendirian negara Amerika (“Berikan padaku mereka yang kau singkirkan … mereka yang kalah, yang lelah, yang kau miskinkan … Kirimkan padaku mereka yang kehilangan arah … Di sisi pintu emas ini, cahya pelitaku cerah!”).

11. Berlin, Jerman

Berlin saat ini adalah pusat budaya alternatif dan anak muda. Kota ini juga punya kehidupan malam yang dinamis, dengan underground bar dan klub-klubnya yang sophisticated.  Hingga tahun 1990, kota ini terbelah menjadi Berlin Timur dan Berlin Barat. Pergilah ke Palace of Tears untuk mengetahui bagaimana pembelahan paksa itu mempengaruhi – dan menghancurkan – kehidupan begitu banyak keluarga Jerman. Jangan lupa foto di Brandenburg Gate dan pergi ke kastil-kastilnya!

10. Shanghai, China

Shanghai via panduanwisata.com

Terletak di pinggir Sungai Yangtse dan Laut Cina Timur, Shanghai adalah wajah modern dan pusat bisnis di negeri bambu. Sebagian dari gedung-gedung pencakar langitnya dibangun dalam dua dekade terakhir. Nikmati wisata kuliner di kota ini di perkampungan Qibao dan Zhaojialou. Jangan lewatkan atraksi akrobat luar biasa dari grup sirkus di Shanghai Circus World!

9. Siem Reap, Kamboja

Angkor Wat, Siem Reap via commons.wikimedia.com

Juntaian akar tunggang pohon beringin membalut dinding-dinding kuil Angkor Wat, kuil Hindu / Buddha yang telah berdiri hampir seribu tahun tahun yang lalu. Anda bisa juga pergi ke Bayon, yang sering disebut sebagai wujud arsitektur Barok ala Kamboja. Kunjungi cagar alamnya dan susuri sungainya yang mengalir tenang, menghidupi manusia di negara yang sempat hancur akibat rezim Khmer Merah ini.

8. Hanoi, Vietnam

Susuri hiruk pikuk Hang Gai Street untuk mendapatkan pakaian berkualitas tinggi seperti sutra dan beludru dengan harga yang sangat terjangkau. Resapi aura masa lalu di Old Town-nya. Pergilah ke berbagai pagodanya, dan jangan lupa cicipi mie ayam dan lumpia ala Vietnam!

7. Paris, Prancis

Bonjour! Kamu bisa melakukan hampir apa saja di Paris. Menara Eiffel akan menyambut kamu saat keluar dari stasiun bawah tanah Trocadero. Moulin Rouge akan menyuguhkan kamu atraksi kabaret yang menghibur. Kejar Mona Lisa di Museum Louvre. Kunjungi tempat tinggal Ratu Marie Antoinette di Istana Versailles. Pergilah ke Katedral Notre Dame dan seberangi sungai Seine dari gereja itu untuk membeli dua atau tiga buku di toko buku Shakespeare & Co.

6. Marrakesh, Maroko

Marrakesh via s4.splcdn.net

Kamu bisa ikut tur quad bike melewati padang gurun dan padang berbatu-batu. Kamu bisa menawar habis-habisan berbagai barang — dari kurma, buah-buahan, DVD, karpet hingga pakaian — di souk mereka. Sholatlah di Masjid Koutobia yang bersejarah. Susuri taman-tamannya. Kamu merasa kepanasan? Berteduhlah di salah satu restoran pinggir jalan dan pesanlah secangkir teh Maroko yang terkenal dengan kesegaran daun mint-nya itu.

5. Praha, Ceko

Praha adalah kemegahan yang tak akan pernah purna. Pergilah ke alun-alunnya. Susuri Jalan Nerudova hingga matahari terbenam. Susuri taman Metronome dan panjat menaranya untuk melihat atap-atap merah dari bangunan di seluruh sisi kota. Orang-orang Ceko yang luar biasa ramah akan membuat kamu tak akan segan untuk kembali.

4. Beijing, China

Beijing via www.laba.ws

Ibukota negeri bambu ini adalah kota metropolitan modern yang juga menjadi salah satu pusat bisnis di dunia. Kamu yang tertarik pada seni harus melihat pementasan opera China. Kunjungi juga Temple of Heaven dan istana raja-raja Dinasti Ming di Forbidden City. Dan tentu saja, berjalanlah menyusuri Tembok Besar China hingga kamu merasa tak akan pernah bisa berjalan lagi!

3. London, Inggris

Tower Bridge, London via www.globalconferences.eu

Siapa yang tak kenal London? Ibukota Inggris ini terkenal dengan Sungai Thames-nya, London Eye-nya, Tower of London, National Gallery, Museum Tate, ataupun Pasar Portobello. Berfotolah dengan salah satu pengawal kerajaan Inggris di depan Buckingham Palace. Nah buat kamu yang penggila Sherlock Holmes harus pergi ke 221B Baker Street.

2. Roma, Italia

Roma via accunet.org

Ibukota Italia ini tepat dikunjungi oleh mereka yang ingin berwisata rohani. Kamu bisa mampir ke Abbazia San Paolo dan Basilica St. Petrus, misalnya. Bagi yang suka sejarah, silakan pergi ke Colosseum dan Le Domus Romane — dua situs peninggalan Romawi Kuno yang masih lestari hingga kini. Kunjungi Stadion Olimpico jika kamu penggemar sepakbola khususnya Klub AS Roma. Kamu juga bisa mengambil kursus memasak sehari dan mengasah keahlian Anda di dapur!

1. Istambul, Turki

Masjid Biru, Istambul via www.eaa2014istanbul.org

Perpaduan dunia kuno dan modern adalah sesuatu yang akhirnya melahirkan Kota Istambul. Pergilah ke Aya Sofia / Hagia Sophia, mantan mesjid dan gereja yang kini menjadi museum. Kunjungilah Masjid Biru yang megah, yang dibangun pada abad ke-17. Pergilah ke pemandian (hamam) Suleymaniye, tempat pemandian yang telah berdiri sejak abad ke-16. Berbagai bazaar makanan ringan juga tersedia di sisi-sisi jalan. Pengaruh Eropa dan Asia yang eksotik dan manis terpancar, dari bangunan di seluruh sisi kota hingga watak penduduk-penduduknya.