Orang bilang naik gunung akan mengubah kepribadian seseorang. Dari pengalaman yang satu ini banyak kebaikan yang bisa kamu dapatkan. Mulai dari mengalahkan diri sendiri, berjibaku dengan rasa lelah yang membuat kita makin menyadari kelemahan diri, sampai mengajarkan kita mensyukuri apa yang sudah diberi Tuhan sampai hari ini.

Selama masih muda dan belum punya banyak tanggung jawab di bahu sebagai manusia, 4 pendakian ini wajib kamu coba. Bukan cuma menantang! Pendakian ini juga mendewasakan.

1. Gunung Panderman di Kota Batu cocok didaki pendaki pemula. Di sini kamu akan belajar betapa kecilnya manusia

Kota Batu di Jawa Timur menawarkan sejuta pesona yang mampu menarik hati para pelancong. Tak cuma Jatim park dan Museum Angkutnya, kamu yang pendaki pemula juga bisa menikmati asyiknya mendaki Gunung Panderman yang menjulang setinggi 2.045 mdpl di atas kota ini.

Trek yang cukup ringan plus pemandangan yang kece berupa hutan, perbukitan, serta kota Batu dari ketinggian membuat kamu lupa kalau kamu tuh sedang mendaki gunung.

2. Mau belajar mensyukuri hidup? Pergilah mendaki Merapi!

Salah satu gunung yang masih aktif di Indonesia ini memang menyimpan banyak cerita. Pernah meletus di tahun 2010 saat ini Merapi sudah kembali terbuka untuk didaki pendaki dari mana saja.

Mencoba menjajal mendaki gunung ini akan memberimu perasaan kecil di depan alam. Melewati Pasar Bubrah yang sekarang memberimu pemandangan pasir di mana-mana, berjalan di trek menanjak yang membuatmu sedikit sesak nafas karea udara yang bercampur pasir akan membuatmu sadar kalau kamu tidak ada apa-apanya. Sekuat apapun kamu alam akan jauh lebih kuat.

3. Mumpung masih muda Mahameru wajib kamu jamahi segera! Gunung ini mengajarkan arti persahabatan, perjuangan, dan kepasrahan

Gunung yang satu ini memang punya pesoana yang nggak ada duanya di Indonesia. Sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa Mahameru wajib kamu datangi selagi masih muda dan nggak takut kehabisan tenaga.

Berjalan ke sini akan membuatmu menyadari betapa kecilnya kamu di tengah alam raya. Berusaha menaklukkan puncak Mahameru dengan trek pasirnya yang membuatmu ngos-ngosan, meilhat indahnya Ranu Kumbolo yang memanjakan mata, sampai akhirnya bisa sampai di puncak tertinggi Pulau Jawa membuatmu benar-benar bersyukur pernah ke sini selagi muda.

4. Coba Mountain Highline di Gunung Parang. Nggak ada yang mengalahkan sensasi adrenalin berjalan di antara 2 tali di atas ketinggian!

Apa yang dilakukan oleh tim Super Adventure dan komunitas pushing panda ini memang gila. Mereka mencoba mendaki gunung Parang lalu menyeberangi 2 puncak Gunung Parang setinggi 900 meter.

Tali selebar 50 meter dan 35 meter jadi arena menantang adrenalin yang nggak ada duanya. Tim Super Adventure dan komunitas Pushing Panda harus berjalan ke tengah tali dengan menggunakan teknik Single Rope dulu. Baru berdiri dan mencoba berjalan.

Tim Super Adventure dan komunitas pushing panda ini menantang diri berjalan di tali sempit di tengah perubahan cuaca dan angin yang ekstrim. Nggak cuma menantang, pengalaman ini juga mendewasakan. Ternyata semua bisa dilakukan. Tidak ada mimpi yang terlalu tinggi untuk diwujudkan jika memang diusahakan.

Penasaran gimana serunya keseruan Abiyoga dan Tim Super Adventure? Video ini bisa memberimu gambaran yang lebih lengkap dan dijamin bikin deg-degan!

Sebelum jadi dewasa dan punya banyak tanggung jawab, pastikan kamu sudah pernah melalui pendakian ini. Dijamin bikin makin dewasa dan nagih mau coba lagi…

Keseruan Abiyoga dan tim Super Adventure bisa langsung kamu baca selengkapnya di sini .