Benua Eropa terkenal dengan kota-kotanya yang megah bagai negeri dongeng. Menyusuri sudut kota dengan arsitekturnya yang menakjubkan, menikmati isi berbagai museum di tengah udara yang dingin jadi impian banyak anak muda. Tapi, jangan hanya bisa bermimpi. Banyak cara yang bisa kamu lakukan agar impianmu jalan-jalan ke Eropa bisa jadi kenyataan. Tak perlu menunggu lanjut usia, justru di usiamu yang masih muda inilah saatnya kamu menjelajah benua yang pesonanya tak pernah usang itu.

Tidak sesulit dulu, informasi mengenai transportasi, akomodasi, dan visa di Eropa bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui internet.

Tak sulit untuk mendapatkan informasi seputar akomodasi dan juga visa ke Eropa. via www.pegipegi.com

Dulu Eropa terlihat seperti sesuatu yang begitu sulit untuk dijamah, bahkan dibayangkan. Ia hanya ada di foto-foto poster, majalah, atau kartu pos. Selain biayanya yang mahal, maskapai penerbangan yang menuju ke sana pun terbatas. Informasi mengenai akomodasi dan destinasi di sana pun sulit untuk didapat.

Berbeda dengan keadaan saat ini. Dengan mudah, kamu bisa mencari informasi mulai dari penerbangan hingga penginapan yang terjangkau di segala negara Eropa. Tak jarang, ada maskapai yang memberikan tiket promo untuk penerbangan ke negara-negara Eropa. Banyak juga travel agent yang membuat paket perjalanan ke Eropa. Informasi mengenai pembuatan visa pun dapat kamu peroleh dengan mudah. Bahkan, kamu bisa mengajukan permohonan visa secara online.

Berkeliling Eropa membuatmu tahu rasanya jadi minoritas, sehingga ketika kamu pulang ke Indonesia nanti kamu bisa menjadi anak muda yang lebih bisa menghargai perbedaan.

Kamu tahu rasanya jadi minoritas via Hipwee.com

Advertisement

Ketika kamu mengunjungi negara yang berada di belahan dunia lain dan bertolak belakang dengan budayamu, seperti Eropa, kamu akan memahami bagaimana rasanya jadi minoritas. Kamu tahu bagaimana rasanya menjadi orang asing yang harus bertahan hidup di negeri orang. Di Eropa, tak hanya dari agama, warna kulit, dan ras saja, tapi juga budaya dan bahasa yang benar-benar berbeda. Berada di tengah perbedaan itu, akan membuatmu semakin sadar tentang indahnya perbedaan dan bagaimana cara menyikapinya. Ketika kamu pulang ke Indonesia, kamu akan menjadi pribadi baru sebagai anak muda yang lebih bijaksana menyikapi perbedaan yang ada di negaramu.

Untuk mengelilingi beberapa negara kamu cukup menggunakan satu visa. Jadi kamu bisa maraton mengunjungi beberapa negara yang menawarkan pengalaman berbeda-beda.

Luxembourg via Hipwee.com

Kalau di negara lain, visa yang kamu miliki hanya berlaku di negara itu saja. Di Eropa, jika kamu sudah mengurus Visa Schengen di salah satu kantor kedutaan negara Eropa yang ada di Indonesia, kamu bisa menggunakannya untuk berkeliling ke negara Uni Eropa lainnya kecuali Inggris. Beberapa negara memiliki mata uang sendiri, tetapi mereka tetap menerima pembayaran dalam bentuk Euro. Setiap negara menawarkan keindahan yang berbeda-beda. Ada Perancis yang menawarkan Menara Eiffel dan fashionnya, Jerman yang terkenal dengan bir dan makanannya, Italia dengan tempat-tempat ibadahnya, dan masih banyak lagi yang bisa kamu temukan. Jarak satu negara ke negara lainnya pun relatif cukup dekat dan bisa dijangkau dengan kereta. Kamu yang pergi di usia yang muda masih memiliki energi yang cukup kuat untuk menyusuri kota-kota tersebut.

Enggak harus yang mahal-mahal, negara-negara di Eropa Timur juga cantik dan terjangkau. Banyak juga destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi secara gratis.

Tak selalu mahal, negara-negara di Eropa Timur seperti Praha cukup terjangkau dan tak kalah cantik. via hikmah21.wordpress.com

“Yah, Mbak, enak banget nyuruh liburan ke Eropa. Uangnya dari mana?”

Memang Eropa begitu terkenal dengan barang-barang yang mahal, tapi bukan berarti segala sesuatunya serba mahal di sana. Beberapa negara di Eropa Timur seperti Polandia dan Republik Ceko masih cukup terjangkau untuk ukuran pemuda Indonesia. Keindahannya pun tak kalah dengan dengan negara-negara Eropa Barat. Praha, ibu kota Republik Ceko, juga terkenal dengan bangunan-bangunan beratap merah. Ada ikatan yang cukup kuat antara Republik Ceko dan Indonesia, pada masa pemerintahan Presiden Soekarno, banyak mahasiswa yang dikirim ke Republik Ceko untuk sekolah dan karena alasan politis menetap menjadi warga Ceko.

Beberapa negara di Eropa memiliki Kantor KBRI yang cukup besar sehingga memiliki wisma yang disewakan dengan harga terjangkau untuk turis dari Indonesia. Banyak juga destinasi wisata gratis yang bisa kamu kunjungi. Kalau kamu ke Paris, di hari Kamis, Museum Louvre dibuka gratis untuk wisatawan asing yang berkunjung ke sana.

Tak punya tabungan? Ada banyak beasiswa ke Eropa untuk kamu yang masih muda. Kamu bisa mencoba exchange programme atau short course.

Di usia muda, ada kesempatan untuk belajar sembari berlibur via eeas.europa.eu

Mungkin kamu merasa uang tabunganmu tak akan cukup untuk membawamu ke sana. Tak perlu sedih, kamu bisa mencoba berbagai macam beasiswa ke Eropa untuk anak muda. Tak harus kamu yang ingin mengejar gelar akademik, banyak juga program pertukaran pelajar atau kursus singkat yang bisa kamu ikuti dengan beasiswa. TOTAL Summer School ke Paris, Erasmus Mundus, DAAD, cuma sebagian contohnya. Ada juga seminar atau kongres internasional untuk anak muda yang bisa kamu ikuti dengan cara mengirimkan aplikasi dan tulisan yang diadakan di Eropa.

Berkunjung ke negara-negara di Eropa dapat menambah referensimu. Kamu jadi punya banyak inspirasi bisnis yang mungkin bisa kamu kembangkan di Indonesia.

Banyak toko-toko lucu di Eropa yang mungkin bisa menginspirasi kamu yang ingin membuka bisnis di Indonesia

Banyak cara yang bisa kamu tempuh agar kamu bisa berkunjung ke Eropa. Pastinya waktu dan biaya besar yang kamu keluarkan tak akan membuatmu merasa rugi dibanding pengalaman yang kamu dapat.

Di Eropa, mungkin kamu menemukan bisnis yang unik yang mungkin bisa menjadi inspirasi untuk kamu bawa ke Indonesia. Intinya, setiap perjalanan yang kamu tempuh sembari mencerna hal-hal sekitar tak akan menjadikan kamu merugi.

Gimana? Apakah ini bisa menginspirasimu untuk segera menabung demi Eropa? Kalau sudah jadi ke sana, bilang-bilang Hipwee ya! Selamat liburan! 😀