Liburan long weekend sudah di depan mata. Kamu yang bermental petualang pasti sudah menyadarinya bahkan sebelum kalender tahun 2016 rilis. Tentu liburan long weekend jadi satu momen yang pas untuk kabur dari kejenuhan. Entah mendaki Gunung Rinjani, liburan ke Aussie atau sekedar bersantai di Bali. Satu hal yang pasti, kamu sudah siapkan semua kebutuhan untuk menikmati long weekend yang datangnya jarang-jarang kan?

Kali ini, Hipwee Travel dan Tiket.com mempersembahkan 6 tips liburan buat kamu jelang libur panjang yang akan datang. Penting buat kamu praktekin biar liburanmu bisa hemat banyak anggaran. Simak ya, Travelers!

1. Pertama, siapkan cuti kamu buat menambah jumlah hari liburanmu. Atur siasat agar kamu lebih cepet dari temen kantormu buat ngajuin cuti!

cek liburan via blog.tiket.com

Tiap akhir tahun, pemerintah sudah merilis libur nasional di tahun depannya. Kamu harus gercep alias gerak cepat untuk mencari long weekend yang bakal kamu manfaatkan buat traveling. Nah, biasanya pada rebutan mau cuti tuh biar liburnya sekalian panjang. Kamu harus bersaing dengan rekan kerjamu yang punya kepentingan sama. Caranya begini, setelah info libur nasional rilis, langsung aja cari long weekend minimal tiga hari dan langsung ajukan cuti secepat mungkin. Urusan pergi ke mana mah urusan belakangan.

2. Hindari liburan ke destinasi wisata yang mainstream. Kita mau liburan, bukan menonton keramaian.

Kaya cendol~ via blog.reservasi.com

Advertisement

Tempat wisata mainstream tentu akan dibanjiri pelancong ketika libur long weekend. Banyak pelancong, artinya bakal banyak orang lalu-lalang yang membuat tempat wisata jadi penuh sesak. Nggak mau kan, liburan kamu jadi kacau karena stres melihat kerumunan manusia? Liburan itu waktunya kita refreshing, menenangkan diri. Jadi, carilah destinasi wisata yang relatif sepi namun nggak kalah seru dengan destinasi yang lebih populer. Kamu akan dapat suasana tenang dan nggak terganggu sama traveler yang ramainya minta ampun.

3. Perhatikan jenis makanan yang ada di destinasi tersebut. Jangan malu makan di pinggir jalan atau warung makan yang harganya terjangkau.

makan enak~ via tarikecakuluwatu.com

Ini adalah tips paling mudah dilakukan dan bisa menghemat banyak pengeluaran, yaitu tentang makanan. Jangan malu atau gengsi makan di pinggir jalan ya. Apalagi makan kan nggak cuman sekali. Bisa ngirit banyak nih. Carilah warung makan lokal yang murah meriah atau sejenis angkringan yang hampir ada di banyak kota di Indonesia.

Kalau sedang traveling ke luar negeri, hal yang paling diperhatikan tentu kehalalan makanan. Bagi yang muslim, makanan halal di luar negeri kadang sulit ditemui. Kamu bisa mengakali dengan membawa makanan pendamping nasi yang enak dari Indonesia. Misal nih, kamu bisa bawa abon atau kering tempe yang bakal menemani nasi putihmu yang kamu beli dengan harga murah di sana. Gimana, ngirit kan?

4. Nggak usah masuk ke tempat wisata yang harganya mahal, kamu cuma cukup berfoto di depannya saja. Sebisa mungkin kunjungi tempat wisata gratisan.

Ada banyak tempat wisata yang memberikan akses gratis untuk memasukinya. Pun sebaliknya, nggak sedikit yang mematok tarif mahal untuk sekali masuk ke destinasi wisata andalan. Nah, kamu harus pintar-pintar memilih mana yang gratisan mana yang bayar mahal. Jika kamu pengen banget ke wisata mahal, tenang, cukup kamu berfoto di sekitarnya saja. Selebihnya, eksplor aja tempat wisata gratisan yang seringnya justru lebih sepi. Enak kan?

Toh juga yang penting bisa check-in di Path, Facebook dan Instagram kan ya? Ngaku deh.

5. Traveling hemat adalah ketika kamu pergi rame-rame bareng kawan-kawanmu. Bisa sharing biaya semurah mungkin.

jalan rame-rame via www.sociotraveler.com

Salah satu cara efektif untuk menekan biaya traveling pas liburan panjang adalah sharing cost dengan kawan kamu. Artinya, kamu berbagi biaya untuk akomodasi maupun transportasi yang kamu butuhkan. Jadi, semakin banyak rombongan kamu makin murahlah biaya yang kamu keluarkan. Sewa perahu untuk snorkeling atau sewa mobil bisa jauh lebih murah karena bisa diisi secara maksimal. Nah, ajaklah kawanmu liburan bersama, Gaes!

6. Untuk penginapan, mending percayakan sama Program Wara Wiri InaAPP LengkAPP Tiket.com. Kamu bisa dapat harga murah jika booking pakai aplikasi!

promo tiket.com via www.tiket.com

Kamu yang mau liburan dan butuh hotel yang nyaman, sekarang bisa kamu dapatkan dengan harga murah. Tiket.com bakal bantu kamu dapat hotel murah dengan Program Wara Wiri InaAPP LengkAPP, Gaes! Jangan kaget kalau kamu bisa dapat diskon sampai 250.000 rupiah! Gila nggak tuh. Buruan hanya sampai 30 April 2016, loh!

Tapi nggak cukup itu aja, ada satu lagi cara kamu dapat hotel murah, karena Tiket.com selalu menyediakan promo-promo menarik. Misal untuk kamu yang butuh hotel di saat-saat terakhir, harganya bisa jauh lebih murah, karena sekali lagi Tiket.com bakal bantu kamu dengan program Last Minute Hotels (LMH). Kamu yang pesan hotel di last minute (sekarang, besok, lusa) bisa dapat potongan harga lebih dari 50%! Kurang baik apa nih aplikasi. Unduh gratis aplikasi tiket.com dengan cara tekan *200*266# langsung dari smartphone kamu. Eits, setiap pemesanan dari aplikasi kamu bisa dapatkan harga yang lebih murah lho! Buruan sikat deh!

Sudah dikasih tahu tipsnya, saatnya beraksi ya, Travelers! Pekan-pekan penuh liburan segera datang! Selamat berlibur dan sejenak melupakan aktivitas rutin harian yang melelahkan. Oh, indahnya…