Banyak keuntungan yang kamu dapat dari traveling. Teman, pengalaman, kebudayaan baru menjadi sebuah pelajaran hidup berguna yang tidak akan kamu dapatkan di bangku sekolah. Keasyikan vakansi menjadi lebih menarik jika kamu mencoba untuk melakukan traveling sendirian.

Untukmu para wanita, Traveling sendirian akan memberikan banyak pelajaran hidup yang akan berguna untuk masa depanmu, banyak destinasi wisata aman dan ramah yang bisa kamu kunjungi ketika melakukan solo traveling. Kali ini, Hipwee akan memberitahu ke kamu, alasan mengapa traveling sendirian menjadi sebuah kewajiban yang harus kamu lakukan agar tidak menyesal seumur hidup.

1. Kamu akan memahami diri lebih dalam dengan kebebasan yang kamu dapat ketika traveling sendirian.

Kebebasan menjadi keuntungan yang kamu dapat via www.worldofwanderlust.com

Berbeda rasanya jika kamu menghabiskan waktu liburan dengan orang lain. Traveling sendirian akan memberikan keuntungan tersendiri yang tidak akan kamu dapat jika berlibur bersama teman atau keluarga. Kebebasan menjadi salah satu hal yang akan kamu nikmati ketika memilih untuk melakukan solo traveling, kamu bebas untuk memilih restoran mana yang akan kamu datangi, destinasi mana yang akan kamu nikmati, berapa banyak uang yang akan kamu keluarkan tanpa perlu berkompromi dengan orang lain. Dengan traveling sendirian, kamu akan memahami diri lebih dalam, bebas berekspresi tanpa perlu ribet dengan orang lain.

2. Membuatmu menjadi wanita kuat dengan rasa percaya diri yang tinggi, karena segala kebutuhan, menjadi tanggung jawabmu sendiri.

Percaya dirimu meningkat via www.eyeandpen.com

Advertisement

Traveling sendirian akan meningkatkan rasa percaya diri, karena hanya dirimu yang mempersiapkan seluruh kebutuhan liburan. Sebagai mahluk sosial, tentu kamu tidak akan betah untuk berlama sendiri. Berkenalan dengan orang lain adalah hal yang akan kamu lakukan, jika sebelumnya kamu malu untuk menawar ketika berbelanja di pasar atau malu untuk bertanya tempat dengan orang lain. Solo traveling bisa menjadi obat penambah rasa percaya diri, sekaligus membuat dirimu menjadi sosok yang kuat dan bertanggung jawab pada diri sendiri.

3. Berkenalan dengan orang baru akan lebih mudah, banyak orang yang akan memulai percakapan denganmu.

Mudah berteman dengan orang baru via www.outdoorgearlab.com

Jangan heran jika kelak temanmu bertambah banyak setelah traveling sendirian. Kamu akan menjadi pribadi yang lebih terbuka menerima orang lain, baik dengan teman sesama traveler atau dengan penduduk sekitar. Secara naluriah, keterbukaan sikap itu akan muncul sendiri, terkadang tanpa kamu sadari. Kebudayaan kita yang masih belum terbiasa melihat seorang solo traveler wanita akan membuat mereka penasaran dengan sosokmu yang dianggap pemberani, jangan heran jika banyak orang asing yang akan memulai percakapan denganmu. Tapi, kamu juga harus berhati-hati dengan orang yang baru kamu kenal, jaga jarak agar perjalananmu tetap aman dan nyaman

4. Meningkatnya kemandirian menjadi bonus yang akan kamu dapat ketika melakukan solo traveling.

Melatih kemandirianmu via www.stuff.co.nz

Mengurus segala persiapan mulai dari tiket transportasi, tempat menginap, dan budget konsumsi sendirian tanpa bantuan orang lain akan meningkatkan kemandirianmu. Tak hanya itu, kesulitan yang kamu temui ketika perjalanan menjadi masalah yang harus kamu pecahkan sendiri. Secara tidak langsung, hal tersebut akan melatih kedewasaan dan kemandirianmu sebagai wanita dewasa dan kamu tidak akan lagi dianggap sebagai mahluk yang lebih lemah dari pria. Solo traveling akan membuatmu menjadi sosok pribadi yang kuat dan penuh dengan semangat.

5. Lebih banyak hal yang bisa kamu pelajari ketika traveling sendirian, karena temanmu adalah masyarakat lokal.

Mudah menerima budaya baru via travel.detik.com

Banyak hal baru yang akan dengan mudah kamu pelajari, mulai dari pengalaman yang kamu dapat ketika perjalanan atau destinasi wisata yang menjadi tujuan vakansimu. Sifatmu yang terbuka dan mudah bergaul dengan orang lain memudahkanmu untuk memahami budaya lain yang mungkin sangat berbeda dengan budaya yang berada di sekitar tempat kamu tinggal. Kesendirian akan membuatmu fokus dalam mempelajari budaya baru, sebuah hal berharga yang tidak kamu dapat ketika bervakansi bersama teman-teman atau keluarga.

6. Untukmu yang patah hati, dengan traveling sendirian kamu bisa move on dengan mudah dan (mungkin) akan menemukan cinta baru.

tidak hanya pengalaman, kamu juga bisa mendapatkan cinta baru via chikupunya.wordpress.com

Pergi liburan adalah obat mujarab yang bisa menyembuhkanmu dari patah hati, bayang-bayang mantan akan hilang terganti dengan keseruan yang kamu dapat ketika traveling. Bertemu dengan orang dan kebudayaan baru bisa membuat hormon endorphinmu meningkat. Rintangan dan hambatan yang kamu hadapi ketika traveling akan membuatmu melupakan sakit hati akibat kehidupan cintamu yang tidak berjalan mulus. Bahkan, kamu bisa mendapatkan cinta baru dengan orang yang kamu temui ketika perjalanan.

7. Sendirian ketika vakansi akan memberikan waktu kepadamu untuk memikirkan kembali hal-hal yang akan kamu lakukan untuk masa depanmu.

Banyak waktu untuk berpikir tentang kehidupan via pratiwihamdhana.com

Perjalanan dari satu destinasi menuju destinasi lain menjadi waktu kosong yang pas untuk memikirkan kembali kehidupan yang tengah kamu jalani. Duduk sambil memandang pemandangan alam yang terlihat di kaca dari dalam mobil lengkap dengan headset yang memutar lagu favoritmu menjadi waktu yang pas untuk berpikir sejenak tentang masa depan atau kesalahan masa lalu yang harus kamu perbaiki. Waktu kosong inilah yang tidak akan kamu temui ketika bervakansi ramai-ramai dengan orang lain.

Banyaknya manfaat dan pelajaran yang berguna untuk meningkatkan kualitas hidup menjadi alasan mengapa traveling sendirian harus kamu lakukan minimal sekali seumur hidup. Tak perlu dihantui rasa takut traveling sendirian hanya karena kamu wanita, yang perlu kamu lakukan adalah memilih destinasi yang tepat dan persiapan yang lebih matang agar perjalananmu menjadi menyenangkan dan selamat hingga bertemu kembali dengan keluarga di rumah.