Foto memang salah satu oleh-oleh spesial yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah perjalanan. Jalan-jalanmu rasanya belum lengkap jika belum berburu foto. Bahkan, sebagian pejalan mendedikasikan perjalanannya untuk mewujudkan konsep foto yang diinginkannya.

Soal konsep foto traveling, ada banyak ragamnya, salah satunya adalah konsep foto vintage, retro, alias jadul. Nah, kalau kamu ingin berburu foto dengan konsep seperti ini, ada sejumlah tempat yang asyik untuk menjadi objek atau latar fotomu. Hmm, mana aja ya tempatnya?

1. Di Jakarta, ada kawasan Kota Tua yang menjadi tempat andalan pemburu konsep foto antik

Salah satu sudut di Kota Tua jakarta via nipvanjava.wordpress.com

Siapa yang gak kenal dengan kawasan Kota Tua milik Jakarta? Di wilayah seluas 1,3 Km persegi, sejumlah bangunan dengan arsitektur neoklasik khas Belanda membentang membentuk panorama yang istimewa. Saat menginjakkan kaki kemari, kita seolah dibawa melintasi masa lampau.

Kamu yang menggemari arsitektur klasik maupun konsep foto jadul pasti akan betah menyusuri sudut demi sudut dari Batavia Lama ini. Datanglah di sore hari, ketika bangunan-bangunan klasik ini memantulkan cahaya keemasan, membuatnya seolah memiliki jiwa.

2. Di tengah modernitas kota Bandung, temukan nuansa klasik di kawasan Braga

Advertisement

Pantomim di kawasan Braga, Bandung via www.wiranurmansyah.com

Di antara taman-taman kotanya yang modern dan menyenangkan, kota Bandung tetap mempertahankan nuansa klasik di jantung kotanya. Inilah kawasan Braga yang berada berdekatan dengan Jalan Asia-Afrika. Bangunan-bangunan tua berjejer di kawasan niaga ini, menyuguhkan pesona kota Kembang di masa lalu.

Omong-omong, Bandung sedang berusaha mengembalikan kawasan kota tuanya. Wah, hunting foto vintage di Bandung pasti bakal lebih menarik!

3. Kesan antik bisa kamu temukan di setiap sudut Kota Lama, Semarang

Potret Kota Lama via kenali-negrimu.blogspot.com

Ya, Semarang juga memiliki kawasan Kota Lama yang terletak di Kelurahan Bandarharjo, Kecamatan Semarang Utara. Bangunan-bangunan bersejarah yang tembok-temboknya tampak kusam dimakan usia ini cukup menarik untuk dijelajahi sembari berburu foto vintage. Dengan arsitektur yang jadul dan menawan, kamu dapat dengan mudah mengabadikan foto-foto klasik yang artistik di setiap sudutnya.

Usai melahap lumpia khas Semarang, sempatkan dirimu untuk menyusuri bangunan-bangunan bersejarah di kawasan Kota Lama. Ada Gereja Blenuk yang usianya lebih dari dua setengah abad dan masih digunakan sebagai tempat ibadah. Ada pula Stasiun Tawang, Pabrik Rokok Praoe Lajar, gedung Kantor Pos Pusat, serta beberapa bangunan lain yang masih digunakan untuk kegiatan bisnis.

4. Sejumlah bangunan-bangunan lawas di kota Malang juga pantang dilewatkan pemburu foto vintage

Salah satu sudut Kota Lama Malang via castteluna.blogspot.com

Malang memang menarik, wajar jika banyak orang yang jatuh cinta padanya setelah menjejakkan kaki di kota ini. Meski gak mempunyai kawasan bersejarah yang khusus, sejumlah bangunan bersejarah dengan arsitektur klasik yang epik tersebar di pusat kota.

Ada Toko Oen, tempat kamu bisa menikmati es krip legendaris di dalam bangunan bernuansa jadul. Seberangnya, ada gereja Kayutangan dengan arsitektur neo-gotik. Kamu juga gak boleh melewatkan Stasiun Kota Lama yang menjadi tempat berburu foto-foto klasik. Selain itu, masih ada banyak bangunan bersejarah lainnya yang tentu wajib kamu susuri satu per satu.

5. Bertandang ke Surabaya, pastikan kamu menjamahi bangunan-bangunan bergaya kolonial di kawasan kota tuanya

Jalan Gula, salah satu sudut kota tua Surabaya via danielsuawa.blogspot.com

Surabaya pernah menjadi kota pelabuhan penting di masa lalu. Jadinya, tak heran jika sejumlah bangunan-bangunan bergaya kolonial yang klasik tetap berdiri sampai sekarang. Bangunan-bangunan itu tersebar di kawasan kota tua yang berada di tengah-tengah kota Surabaya.

Sebut saja bangunan Hotel Ibis Surabaya, Hotel Majapahit, Kantor Gubernur, Kantor Bappeda, Bank Mandiri, Kantor Pos Besar dan Kantor PTPN yang nuansa klasiknya masih terawat sampai sekarang. Jika ingin menjelajah lebih jauh kawasan kota tua Surabaya, gak ada salahnya kamu mengikuti Surabaya Heritage Track, tur mini yang diadakan secara gratis oleh museum klasik House of Sampoerna.

6. Susurilah kota Solo dengan berjalan kaki, agar eksotisme klasik kota ini bisa kamu resapi satu per satu

Krobongan Madirenggo di Keraton Surakarta via www.flickr.com

Sebagai salah satu pusat kebudayaan di pulau Jawa, kota Solo tentunya menyimpan pesona klasik yang tak lekang oleh waktu. Berbagai bangunan lawas yang bersejarah tersebar di sudut-sudut kota. Sebut saja loji Gandrung yang menjadi rumah dinas Walikota Solo di Jalan Slamet Riyadi. Ada lagi bangunan-bangunan seperti Benteng Vastenburg, Gedung Bank Indonesia, Balai Kota, Gereja Purbayan yang berada di dekat tugu Nol Kilometer.

Tentu saja, kamu gak boleh melewatkan megahnya keraton Kasunanan Surakarta dan Pura Mangkunegaran. Setiap sudutnya menampilkan kesan klasik khas Jawa yang megah namun bersahaja. Wajib banget deh foto-foto di sini!

7. Jangan lupakan Yogyakarta yang istimewa. Beberapa kawasan wajib kamu sambangi demi foto vintage yang otentik

Wajah Jogja di titik Nol Kilometer via www.flickr.com

Jogja memang pantas disebut istimewa. Tak cuma dianugerahi dengan destinasi wisata alam dan budaya, Jogja juga tergenapi dengan bangunan-bangunan antiknya yang tersebar di beberapa sudut kota. Jika ingin memburu foto bergaya vintage yang otentik dan menarik, kamu wajib ke kota ini dan menyambangi kawasan antiknya satu per satu.

Dari kawasan Tugu Jogja sampai titik nol kilometer, sejumlah bangunan lawas sudah menanti untuk kamu abadikan dalam kamera. Mampirlah ke stasiun Tugu, lalu bergeraklah ke arah selatan, di mana gedung-gedung tua menantimu. Di titik nol kilometer, ada Benteng Vredeburg, Gedung Agung,  Kantor Pos Besar, Bank Indonesia, dan Gedung BNI yang masih mempertahankan bentuk asi\li bangunannya. Tempat-tempat ini tampat cantik dengan pendar lampu di malam hari.

Selain itu, sambangi juga kawasan keraton Yogyakarta yang menjadi ikon sejarahnya Yogyakarta. Suasana antik yang serupa juga bisa kamu temukan di gang-gang kawasan Kotagede.

Kawasan kota tua dengan bangunan lamanya memang punya pesona tersendiri saat menjadi objek ataupun latar sebuah foto. Selain tempat-tempat menarik di atas, tentu masih banyak lagi tempat-tempat yang seru untuk berburu foto-foto vintage. Nah, apakah kamu punya referensi lokasi menarik lainnya? Yuk, bagikan ke pembaca lainnya lewat komentar.