Indonesia adalah salah satu negeri yang punya sejuta tawaran wisata menarik bagi siapa saja yang datang. Mulai dari wisata alam, budaya, religi, sampai dengan kuliner semua tersedia di sini. Bahkan bagi kamu yang senang menantang adrenalin dengan mengunjungi tempat-tempat angker, di Indonesia ada banyak tempat yang bisa memuaskan hasratmu tersebut.

Berwisata ke tempat angker memang terdengar menyeramkan tapi sekaligus bikin penasaran. Cerita-cerita yang berkembang tentang suatu tempat akan membuat orang merasa tertantang untuk untuk membuktikan kebenaran cerita yang berkembang. Nah bagi kamu yang memang menyukai wisata yang bisa menaikkan bulu kuduk, berikut ini Hipwee akan mengulas berbagai tempat wisata di Indonesia yang terkenal dengan cerita seramnya:

1. Konon, Ada Pantangan Menyebutkan Kata ‘Pedas’ dan ‘Lada’ Saat Berkunjung ke Goa Belanda

goa belanda yang menyeramkan via degradablethoughts.blogspot.com

Bagi masyarakat Bandung wisata misteri di Goa Belanda yang terletak di Taman Hutan Raya, Dago Pakar tentu bukanlah hal yang asing lagi. Alasannya adalah karena keangkeran tempat tersebut sudah begitu terkenal di daerah tersebut. Bahkan karena keterkenalannya, kini sudah ada tour khusus yang ditujukan untuk mencoba betapa mencekamnya tempat ini. Dengan didampingi oleh guide dari tempat itu wisatawan yang datang untuk mengetahui keseraman Goa Belanda, pengunjung akan diajak untuk masuk ke goa tersebut sembari diperdengarkan berbagai cerita menyeramkan yang mereka punya.

Menurut cerita yang berkembang, konon katanya di goa tersebut sering terdengar suara tentara yang sedang berbaris bahkan ada juga suara orang menjerit. Tidak hanya suara-suara aneh saja yang membuat Goa Belanda terasa begitu mencekam. Mitos yang menyebutkan bahwa di tempat ini tidak boleh menyebutkan kata pedas atau dalam bahasa Sunda Lada juga menambah kesan mistis di tempat tersebut. Bagi orang yang melanggar aturan ini dipercaya akan mengalami hal-hal mistis bahkan sampai tertimpa kesialan.

2. Buktikan Misteri Hantu Noni Belanda Bernama Nancy di SMAN 5 Bandung

Advertisement

legenda hatu nancy via www.skyscrapercity.com

Kalau kamu masih penasaran dengan tempat angker lainnya yang bisa kamu kunjungi di Bandung, datanglah ke SMA Negeri 5 yang tidak hanya terkenal sebagai sekolah unggulan tapi juga kerena keangkerannya. Bagi penghuni sekolah bahkan masyarakat sekitar cerita tentang keseraman cerita tentang hantu noni Belanda bernama Nancy yang diduga mati bunuh diri akibat kisah cintanya harus berakhir tragis ini sudah begitu akrab. Selain karena urusan cinta, Nancy juga melakukan bunuh diri diduga karena malu setelah mengalami pemerkosaan. Ada banyak versi cerita tentang penyebab kematian Nancy.

Nancy diceritakan sebagai sosok hantu berparas cantik yang suka memunculkan dirinya. Menurut beberapa cerita yang berkembang kisah Nancy menampakkan diri telah terjadi beberapa kali jika ia merasa terganggu. Maka dari itu juru kunci yang adalah penjaga sekolah di tempat ini selalu menyediakan bir sebagai sesajen untuk menenangkan arwah yang gentayangan itu.

3. Kamu Juga Bisa Berkunjung Makam Raja-Raja Imogiri yang Tak Hanya Indah Tapi Juga Menyimpan Kemagisan Tersendiri

tangga makam Raja Imogiri via adhieswand.blogspot.com

Di Yogyakarta ada juga beberapa tempat yang terkenal dengan wisata misteri yang salah satunya adalah Makam Raja-Raja Imogiri. Sesuai dengan namanya pekuburan ini adalah tempat bersamayamnya Raja yang dulu pernah memerintah di daerah Imogiri. Makam yang terletak di atas bukit ini mengharuskan pengunjung yang ingin melihat kuburan raja menaiki anak tangga yang kurang lebih berjumlah 340 buah. Konon katanya bagi siapa saja yang menaiki tangga dan menghitung jumlahnya tepat sejumlah 340 maka segala keinginan dan cita-cita bisa tercapai.

Jika kamu datang ke makam ini dan ingin melihat makam maka ada kewajiban untuk memakai busana jawa. Bagi pengunjung laki-laki menggunakan beskap dan jarik sementara perempuan harus menggunakan kemben. Hal ini menjadi peraturan yang ditetapkan oleh pengelola makam Raja Imogiri. Kemagisan lainnya juga terletak pada keberadaan air berkah yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Air suci ini disimpan di dalam gentong-gentong yang konon katanya meskipun disimpan selama apapun rasa dan warna air tidak akan berubah.

4. Masih Kurang Menantang? Datanglah ke Benteng Vredeburg Yogyakarta. Konon di Sana Ada Pasukan Tentara Tanpa Kepala

benteng vredeburg yang kaya akan sejarah dna cerita misteri via www.bpras.com

Salah satu tempat wisata yang wajib kamu kunjungi kala berlibur di Yogyakarta adalah Benteng Vredeburg. Benteng yang dulunya dijadikan tempat pertahanan tentara Belanda tersebut selain memiliki cerita bersejarah tersendiri juga menyimpan kisah misteri di dalamnya. Menurut cerita yang berkembang beberapa orang mengaku pernah melihat hantu noni Belanda berkaki kuda. Selain hantu perempuan ada juga cerita suara mirip pasukan tentara yang sedang berlatih di mana hantu tersebut muncul tanpa kepala.

Hantu pasukan tentara tanpa kepala tersebut seringkali menampakkan dirinya. Kisah misteri lainnya terjadi pada tahun 1988 saat renovasi Pasar Beringharjo ada kejadian menggemparkan yakni terdengarnya suara teriakan dari dalam benteng. Setelah diusut ternyata suara tersebut adalah suara arwah dari tawanan yang berada di benteng Vredeburg. Bagi kamu yang penasaran dengan keangkeran benteng ini bisa datang saat malam hari dan membuktikannya sendiri. Berani?

5. Masih dari Jogja. Gedung Rektorat Universitas Gadjah Mada Kabarnya Dihunu Hantu Belanda Bertubuh Tinggi

UGM Rektorat via yesiaftania.blogspot.com

Kisah menyeramkan di kampus pada dasarnya tidak hanya terjadi di Universitas Gadjah Mada saja tetapi sepertinya juga dimiliki hampir setiap universitas di Indonesia. Tapi jika kamu penasaran dengan salah satu kampus paling berhantu adalah UGM. Kampus tertua di Indonesia ini memiliki banyak spot yang dianggap angker. Mulai dari hantu Rohana di jembatan Fakultas Pertanian, hantu Mbak Yayuk, sampai dengan mitos dilarang menyanyikan lagu Gugur Bunga di Fakultas Teknik yang jika dilanggar bisa ‘memanggil’ makhluk yang ada di sana.

Tidak hanya cerita di tiga tempat di atas, saja, cerita tentang keberadaan hantu Belanda bernama Menir yang dulunya sering menampakan diri juga terkenal di kampus ini. Konon dulu katanya ada cerita di tahun 2000-an yakni tiga mahasiswa yang melihat si hantu pria bertubuh tinggi tersebut. Ketiga mahasiswa yang ternyata berasal dari Fakultas Geofisika tersebut sedang mengerjakan tugas hingga pukul 22.00. Ketika itu ada seorang bapak tua datang dan bergabung duduk bersama mereka.

Tiba-tiba pulpen salah satu dari ketiga mahasiswa jatuh dan ketika sedang mengambil mahasiswa tersebut hanya melihat dua pasang kaki padahal di situ ada tiga orang lainnya. Merasa ada yang salah dengan hal tersebut ia pun berpamitan dengan temannya dan setelah pergi mengirim pesan singkat memberitahu perihal hal yang baru saja dilihatnya. Teman yang penasaran pun mengetes dengan juga menjatuhkan pulpen. Setelah pulpen dijatuhkan, mahasiswa itu juga melihat hal yang sama. Karena sudah merasa takut mereka pun berpamitan pulang dengan si bapak tua tersebut yang lalu dijawab dengan kalimat:

“Kalian mau pulang karena sudah malam atau karena sudah tahu?”

6. Di SMA 1 Tugu Malang Kamu Bisa Menemukan Peninggalan Terowongan Maut yang Letaknya Tersembunyi

SMA 1 Malang via wikimapia.org

Meskipun SMA 1 Tugu Malang bukanlah objek wisataa angker yang bisa kamu datangi dengan seenaknya tetapi cerita seram yang berasal dari sekolah ini cukup bisa membuat bulu kuduk berdiri. Mulai dari kisah lantai dengan bercak darah, tentara tanpa kepala, sampai dengan yang paling menyeramkan adalah keberadaan terowongan maut. Pernah ada cerita tentang siswa yang sengaja ingin membuktikan keseraman dari terowongan tersebut yang berakhir pada keadaan tidak normal dari siswa yang mencobanya.

Terowongan tersebut berukuran selebar tubuh manusia yang menghubungkan antara kompleks Tugu yang dulunya pusat pemerintah dengan stasiun kota baru. Kedua siswa nekad mencoba masuk ke dalam terowongan tersebut. Siswa pertama yang mencoba baru masuk setengah dan langsung kembali dengan berteriak strategis. Sementara siswa kedua berhasil masuk dan menuntaskan perjalanan tapi baru ditemukan 2 minggu kemudian dalam keadaan tidak normal.

7. Rumah Hantu Darmo Surabaya Keangkerannya Siap Menantang Siapa Saja yang Berani Datang Ke Sana

rumah pesugihan via travel.detik.com

Rumah yang sudah lama ditinggalkan oleh penghuninya memang seing jadi sasaran empuk cerita-cerita mistis tak terkecuali rumah yang terletak di Surabaya satu ini. Rumah yang beralamatkan di Jalan Permai II no.26 ini sudah ditinggalkan oleh pemiliknya kurang lebih 10 tahun lamanya. Berdasarkan cerita yang berkembang pemiliki rumah meninggal karena dibunuh oleh makhluk halus sebagai konsekuensi dari pesugihan.

Dari bentuk bangunan yang menyeramkan tidak mengherankan bila banyak cerita mistis yang berkembang. Nah bagi kamu yang merasa punya nyali tinggi silahkan datang ke tempat ini dan bertemu dengan berbagai ‘kejutan’ yang ada di sana.

Kamu tentu memiliki kebebasan untuk percaya atau tidak pada cerita-cerita yang berkembang pada tempat di atas. Namun jika kamu memang penasaran dan merasa tertantang untuk mencoba tidak ada salah jika kamu langsung datang untuk melihat.

Featured Image by travel.detik.com