Pernahkah terlintas di pikiranmu untuk pergi berjalan-jalan dengan teman-teman ke Kabupaten Banyumas, tepatnya kota Purwokerto? Mungkin selama ini kamu lebih memilih pergi ke daerah wisata yang sudah terkenal saja, seperti Bali atau Bandung. Padahal Purwokerto tidaklah susah dijangkau, karena berada di tengah pulau Jawa. Kamu yang tinggal di Yogyakarta dan Semarang bisa sampai ke sana dalam waktu setengah hari saja. Begitupun kamu yang rumahnya di Jawa Barat, seperti Tasikmalaya dan Pangandaran.

Jangan bayangkan Purwokerto sebagai kota terpencil dengan destinasi wisata yang minim. Saat ini Purwokerto sedang berkembang pesat dengan modernisasi dan pembangunan infrastruktur yang mantap. Masyarakatnya pun ramah dan bersahaja, sehingga kamu akan merasa betah dan nyaman di sana.

Destinasi mana saja sih yang harus kamu sambangi ketika sedang berada di kota ini? Simak daftar berikut yuk!

1. Hanya 15 menit dari pusat kota, ada obyek wisata Baturraden yang menawarkan kesejukan pegunungan dan keindahan sejauh mata memandang

Di dalam lokawisata Baturraden via wisataumar.blogspot.com

Baturraden, bukan ‘Baturaden’!

Advertisement

Mungkin selama ini kamu sudah sering mendengar namanya, tapi tahukah kamu bahwa obyek wisata Baturraden terletak di Purwokerto? Obyek yang terkenal dengan udaranya yang bersih dan bebas polusi ini terasa begitu sejuk, bahkan di siang hari. Lokasinya pun dekat, hanya sekitar 15 menit perjalanan dari pusat kota Purwokerto dengan menggunakan kendaraan.

Baturraden adalah objek wisata dengan banyak sekali wahana. Kolam renang, kolam luncur, sepeda air, hingga pemandian air panas bisa kamu nikmati dengan harga Rp. 14.000 saja.

Baturraden juga terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah dan asri. Selain kebun hijau yang rimbun, kita juga dapat melihat Pulau Nusakambangan dari kejauhan. Pemandangan kota dari ketinggian pun dapat disaksikan olehmu dengan apik pada malam hari, cahayanya seperti bintang yang berkelipan. Keluargamu pasti akan puas diajak berkeliling seharian di obyek wisata ini.

2. Jangan kira Purwokerto tak punya destinasi wana wisata. Pergilah ke Baturraden Adventure Forest dan siap-siap terpesona.

Main di hutan Baturraden via isroadi.blogspot.com

Baturraden Adventure Forest. Lokasi wisata yang dimiliki oleh swasta dan pemerintah setempat ini berkembang sebagai tempat wisata alam yang menyajikan program petualangan di alam terbuka.

Setibanya di sini, kamu akan disambut oleh pemandangan hutan damar dan pinus serta bermacam vegetasi hutan yang membentang di kaki Gunung Slamet. Tak hanya itu, kamu juga akan dimanjakan dengan program petualangan yang berisi berbagai kegiatan, seperti mountain adventure, water adventure, tree adventure, dan eco adventure. Kamu bisa menikmati wisata ini baik bersama dengan teman-teman, rombongan keluarga, hingga komunitasmu saat sedang gathering.

3. Purwokerto juga punya mata air hangat yang menyehatkan, yang bisa kamu temukan di Pancuran 3 dan Pancuran 7.

Air hangat belerang di Pancuran 7 via imt0281.blogspot.com

Objek wisata yang juga berada di kawasan Baturraden ini punya lokasi yang tidak berjauhan satu sama lain. Wisata husada atau wisata pengobatan ini tak hanya bisa dinikmati dengan memanfaatkan air panas belerangnya saja; ada juga keindahan alam yang masih terjaga meskipun kamu harus “berjuang” untuk melihatnya. Misalnya, untuk ke pancuran 7 kita harus berjalan menaiki puluhan anak tangga. Tapi tenang saja, hal ini sepadan dengan suasana dan keindahan alam serta air hangat yang bisa memanjakan kaki kita yang kelelahan.

4. Jika penat dengan riuh perkotaan, kamu bisa ‘mengasingkan diri’ ke damainya Telaga Sunyi

Telaga sunyi yang damai dan senyap via travel.detik.com

Lokasi yang tak jauh dari Wana Wisata Baturraden ini memang terkenal rindang dengan pepohonannya yang padat dan menimbulkan aroma khas hutan pinus. Di antara hutan itu, terdapat sebuah telaga yang merupakan mata air utama di kawasan ini. Airnya yang tenang dan jernih menampilkan dasar telaga yang terlihat dengan jelas. Keindahan semacam ini sangat cocok untuk dijadikan lokasi untuk berburu foto-foto indah bagi kamu yang gemar fotografi. Tapi, asyik juga kok untuk sekadar duduk-duduk di tepinya dan tenggelam dalam kesunyian telaga ini.

5. Mampirlah ke Curug Cipendok tak jauh dari kota Purwokerto. Di sana, kamu bisa basah-basahan di air terjun yang tingginya hampir 100 meter

Curug Cipendok yang memesona via indonesiaexplorer.net

Curug yang terletak 25 km dari pusat kota Purwokerto ini berada di Desa Karangtengah, Cilongok, Banyumas. Lokasinya memiliki lingkungan yang masih sangat asri dan alami serta udara yang sejuk karena berada di dataran tinggi. Jalan menuju lokasi pun sudah diaspal dan punya akses yang cukup mudah. Di jalan mendekati lokasi ini, terdapat banyak warung yang menjajakan sajian khas seperti mendoan dan susu murni. Suara-suara elang dan kera yang khas akan mengisi telingamu, membuatmu serasa ada di dunia yang berbeda. Belum lagi pemandangannya yang indah di sepanjang perjalanan bisa membuat matamu menjadi segar. Semilir udara yang sejuk dijamin membuatmu tambah tak mau pulang!

6. Kamu yang ingin “mengecas kembali” kebutuhan rohani juga bisa mampir ke Gua Maria Kaliori

Gua Maria Kaliori via kresnabayutour.com

Purwokerto tak hanya terkenal dengan obyek wisata alamnya yang masih asri. Kamu juga bisa mendekatkan diri dengan-Nya atau memenuhi kebutuhan rohanimu ketika mampir ke kota ini. Sekitar 20 kilometer dari pusat kota Purwokerto, kamu bisa menemukan sebuah gua Maria yang masih termasuk dalam wilayah keuskupan Purwokerto.

Karena luasnya yang 5,6 hektar, kamu bisa menemukan berbagai fasilitas di sini. Ada pendopo untuk beristirahat, gereja, sampai kursi-kursi di bawah pepohonan yang rimbun. Kamu juga bisa berziarah di berbagai makam yang dihiasi patung-patung malaikat di sini. Patung Bunda Maria yang ada di areal gua ini pun diberkati khusus oleh Paus Paulus II. Jika mengunjungi gua ini nanti, semoga kamu bisa menemukan ketenangan rohani yang kamu cari, ya.

7. Sebelum pamit pulang, isi dulu perutmu dengan tempe mendoan paling enak di pulau Jawa dan Soto Sokaraja yang menggoda selera

Mendoan khas Purwokerto via www.triptrus.com

Kota Purwokerto pantas dijuluki pusat kuliner daerah Ngapak. Pasalnya, kota ini banyak kedatangan wisatawan dari luar kota yang hanya ingin mencicipi kelezatan makanan-makanan khasnya. Sebagai pejalan di Purwokerto, jangan lupa mampir di kawasan kuliner Jl. Prof. Dr. Suharso (atau biasa disebut kawasan GOR Satria Purwokerto). Di sini, ada banyak tempat makan yang bisa kamu kunjungi, mulai dari kaki lima sampai restoran.

Cobalah mendoan asli Purwokerto yang rasanya jelas lebih renyah dari mendoan-mendoan dari daerah lainnya di Indonesia. Tak hanya itu, kamu juga harus merasakan lezat dan kentalnya soto Sokaraja. Di dekat situ juga terdapat banyak makanan khas seperti Getuk Goreng yang rasanya nikmat dan legit. Dijamin, walaupun perutmu sudah menyerah, lidahmu akan tetap ingin mengunyah!

Nggak ada alasan lagi untuk nggak mencoba mengunjungi kota Ngapak ini. Nikmati kenyamanan dan keterbukaan yang akan diberikan kota Purwokerto kepadamu. Selain yang sudah Hipwee sebutkan di atas, sebenarnya masih ada destinasi lainnya yang bisa kamu kunjungi untuk mengisi harimu di sini. Punya pengalaman di lokasi wisata lainnya yang khas Purwokerto?