Gunung memang tempat yang ajaib, tempat kamu bisa merasa tinggi sekaligus merasa kecil. Hanya di puncak gununglah kamu bisa menikmati rasanya berpijak di atas awan sambil merenungkan bahwa kamu tak lebih dari sebuah titik kecil jika dibandingkan dengan dunia yang maha luas di hadapanmu.

Gak hanya itu, gunung juga punya sisi romantisme yang menarik untuk ditelusuri, apalagi jika kamu dan pacarmu sama-sama suka mendaki. Di sepanjang jalur trekking masing-masing gunung, banyak momen yang bisa bersama-sama kalian bagi. Nah, buat kamu yang pengen mengajak pacarmu mendaki, inilah gunung-gunung yang asik untuk kamu jelajahi bersamanya.

1. Ajak dia mendaki Tanjakan Cinta di Semeru agar cinta kalian abadi.

Mendaki tanjakan cinta di Semeru via www.backpackertroopers.com

Gunung Semeru, gunung tertinggi di Pulau Jawa ini memang menantang untuk ditaklukkan. Tapi, jalur pendakian Semeru juga memberi kamu panorama untuk menikmati romantisme pendakian bareng pasangan. Kamu pasti gak asing lagi dengan Ranu Kumbolo, danau dengan panorama luar biasa yang bikin kalian gak pengen pulang.

Nah, dari Ranu Kumbolo, kamu mesti melewati Tanjakan Cinta untuk meneruskan perjalanan. Menurut mitos, jika kamu berhasil melewati tanjakan ini tanpa berpaling ke belakang, cintamu akan abadi. Coba deh, ajak pacarmu mendakinya bersama-sama tanpa menoleh, siapa tahu mitos itu menjadi kenyataan. Begitu kalian berhasil mencapai puncaknya, panorama padang lavender Oro-oro Ombo sudah menanti kalian. Anggap aja ini hadiah karena kalian udah berhasil melewati tanjakan cinta tanpa memandang ke belakang.

2. Nikmati asyiknya berfoto ala prewedding di kawah Papandayan.

Advertisement

Foto prewed ala pendaki gunung di hutan mati Papandayan via liyaamoy.blogspot.com

Beralih ke Garut, ada Gunung Papandayan yang terkenal dengan keindahan panoramanya. Karena punya sejumlah spot dengan panorama indah dan tergolong mudah bagi pemula, gak heran kalau tempat ini sering dijadikan lokasi berfoto para calon manten alias prewedding. Nah, gak perlu bingung dong, pengen ajak pacar mendaki ke mana?

Untuk mengabadikan kenangan bersamanya, ada Tegal Alun, padang edelweis si bunga abadi. Kalau kamu pengen cinta dengannya abadi seperti edelweis, ya jangan dengan sengaja mencabuti bunga ini. Lalu, ada juga kawasan hutan mati. Meski namanya seram, pemandangannya keren banget buat berfoto, dengan latar ornamen kayu-kayu tanpa dedaunan yang romantis sekaligus magis.

3. Menyesatkan diri ke pelukan alam liar di Gunung Argopuro.

Danau Taman Hidup di Argopuro via ankaranarenva.wordpress.com

Gunung Argopuro yang terletak di Probolinggo, Jawa Timur, ini punya pesona yang jarang dimiliki gunung-gunung lainnya. Dengan trek pendakian yang panjang—terpanjang di Pulau Jawa—kamu dan pacarmu bisa menikmati petualangan panjang sambil menenggelamkan diri di alam liar Gunung Argopuro.

Argopuro punya Danau Taman Hidup yang bisa kalian temui ketika menyusuri jalur Bremi. Danau luas ini menghadirkan pemandangan yang memikat, apalagi saat diselimuti kabut tipis. Lalu, ada hutan lumut yang akan menyihirmu dengan pesonanya yang eksotis. Sementara, saat melewati jalur Baderan, padang savana yang luas bernama Padang Cikasur sudah menanti. Di sinilah, kalian bisa menemukan kehidupan yang riuh di alam liar. Pertemuan dengan satwa liar seperti merak dan rusa di jalur pendakian jelas akan memberikan pengalaman tak terlupakan.

4. Cuma warna-warni Danau Tiga Warna Gunung Kelimutu yang boleh berubah-ubah. Cintamu padanya, jangan ikutan berubah.

Danau Kelimutu via jalanpakekaki.blogspot.com

Sesuatu yang indah terkadang bisa kamu dapatkan tanpa susah payah. Semudah mendapatkan cinta dari si dia—seperti yang didendangkan Tulus lewat lagunya Jangan Cintai Aku Apa Adanya—mungkin begitulah gambaran tepat tentang Gunung Kelimutu. Kamu bisa mengajaknya menikmati keindahan danau tiga warna di Gunung Kelimutu tanpa perlu bersusah payah mendaki berhari-hari.

Danau Kelimutu yang terletak di Ende, Flores, NTT, ini memang indah luar biasa. Gak cuma itu, dia juga ajaib, karena warnanya bisa berubah-ubah seiring waktu. Tapi, jangan sampai cintamu padanya ikutan berubah-ubah seperti danau ini ya!

5. Bersamanya, temukan makna perjuangan pada penambang belerang di Kawah Ijen.

Pengen ngasih kado spesial buat si dia? Hadiah itu gak mesti berupa barang, kok. Beri dia kado terindah yang gak akan dia lupakan seumur hidupnya: menemukan keajaiban di kawah Gunung Ijen. Perlihatkan padanya panorama luar biasa dari fenomena api biru di kawah Ijen. Pasti sanggup membuatnya melupakan dinginnya malam. Keajaiban itu akan sempurna ketika pijaran api biru menghilang, berganti fajar yang mengintip dari balik gunung.

Ketika pagi mulai tinggi, ajaklah dia bercengkerama dengan penambang belerang tradisional yang berjuang bertaruh nyawa demi anak istri. Kisahnya akan menyadarkan kalian, bahwa setiap perjuangan, sekecil apapun bentuknya, itu sangat berarti. Sebagai penutup, kasih dia kejutan berupa souvenir dari belerang, ukiran sang penambang.

6. Mendayung sampan berdua di Danau Gunung Tujuh akan menjadi pengalaman tak terlupakan.

Danau Gunung Tujuh via dians999.wordpress.com

Gunung Kerinci adalah magnet utama bagi para pendaki saat mengunjungi Taman Nasional Kerinci Seblat. Banyak pendaki yang datang jauh-jauh ke Jambi untuk menaklukkan puncak tertinggi di Sumatera ini. Tapi, perjalanan menaklukkan Gunung Kerinci ini barulah lengkap ketika kalian mampir ke Gunung Tujuh yang berada di balik Gunung Kerinci ini.

Gunung Tujuh menawarkan panorama danau di atas ketinggian yang sangat sempurna untuk menghabiskan waktu berdua. Setidaknya butuh waktu tiga jam untuk mencapai tempat ini dari pintu masuk Gunung Tujuh. Tapi, peluhmu segerah terbayar. Dengan sampan yang dipinjam dari nelayan setempat, kamu bisa mengajaknya bersampan menikmati keindahan danau yang romantis.

7. Sepulang menaklukkan Gunung Rinjani, pastikan kamu mengajaknya memandang semburat jingga ketika senja tiba di Segara Anak.

Keindahan Danau Segara Anak via sanupati.wordpress.com

Rinjani, gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia ini memang pantas untuk ditaklukkan bersama orang tercinta. Bayangkan bagaimana rasa haru memenuhi dada saat kalian berdua berhasil menjejakkan kaki ke Puncak Rinjani. Meski melalui Bukit Penyesalan, gak ada penyesalan sama sekali. Yang tersisa hanyalah rasa syukur ketika melihat puncak Gunung Agung dari kejauhan.

Turun ke Danau Segara Anak, kalian bisa merasakan nikmatnya merendam tubuh yang lelah di sumber air panas. Hati-hati, kalau lengah, kera-kera gunung bisa mencuri pakaianmu kayak Jaka Tarub yang menyembunyikan selendang bidadari. Gak bisa pulang kamu nanti! Saat senja tiba, semburat jingga menerangi tebing di sekitar danau, membuat kalian enggan untuk beranjak pulang.

Pengalaman mendaki gunung adalah salah satu hadiah terbaik yang bisa kamu berikan untuknya. Gak kayak barang yang bisa rusak atay hilang, kenangan yang kamu bagi bersamanya tak akan lekang dimakan zaman. Ya udah, buruan ajak pacarmu menaklukkan gunung-gunung di atas!