Selain terkenal sama keindahan alamnya, Bandung juga jadi gudang kuliner bagi yang berkunjung ke sana. Berbagai makanan tradisional hingga kekinian hadir untuk menggoyang lidah para penggemarnya. Mulai dari batagor, siomay, martabak manis dengan toping kekinian, dan masih banyak lagi. Tapi tahukah kamu jika kota Kembang ini juga terkenal akan jajanannya?

Yaps, jajanan yang berbahan dasar tepung kanji atau yang disebut aci ini emang jadi daya tarik tersendiri. Berbagai olahan dari aci banyak ditemui di kota Bandung. Dari tepi jalan, sekolahan, hingga tempat makan, kamu bisa rasain aci-acian ini. Penasaran apa aja bentuknya?

Tepung kanji goreng yang ada isinya, kamu bisa pilih mana yang kamu suka!

Cireng Isi Enak! via www.money.id

Cireng ini adalah singkatan dari aci digoreng. Jadi jelas kalau olahan ini dibuat dengan cara digoreng. Jajanan ini biasanya berbentuk pipih. Ada dua jenis cireng ya guys, cireng isi sama cireng bumbu. Kalau cireng isi di dalamnya ada berbagai macam olahan lain seperti bakso, sosis, ayam, dan lain-lain. Sedangkan cireng bumbu nggak ada isinya tapi dimakan sama bumbu kacang. Tekstur cireng ini gurih banget loh!

Jajanan satu ini udah punya tempat tersendiri para penikmatnya, apalagi kalau bukan Cimol

Rasanya juara! via www.pariwisatabandung.info

Advertisement

Sama-sama aci favorit di Bandung, namanya Cimol. Cimol ini singkatan dari aci digemol. Jadi bentuknya bulat-bulat kecil. Cimol ini juga digoreng hingga gurih lalu dikasih bumbu. Kalau cimol ini banyak jenis bumbunya. Ada pedas, manis, asin, keju, dan lain-lain. Jadi kamu tinggal taburin bumbu yang kamu suka, dan cimolnya siap disantap.

Yang dicolok acinya ya, yang lain jangan. Dijamin bakal ketagihan!

Liatnya aja bikin ngiler via resepmakansedap.com

Beda sama cireng dan cimol, cilok ini teksturnya kenyal banget. Ukurannya mirip baso tapi beda rasa karena cilok hanya berbahan dasar tepung kanji sedangkan baso dicampur dengan bahan lain seperti daging sapi. Biasanya cara makan cilok ini dikasih kecap, saus, sama sambel. Kocok-kocok dikit, makan deh!

Nggak cuma telor yang digulung, aci juga bisa. Dan nggak kalah enaknya! Pengen coba?

Aci Digulung via media.suara.com

Cilung ini populer banget dikalangan anak sekolah. Soalnya abang-abang cilung sering nongkrong depan sekolahan. Cara memasak cilung alias aci digulung ini adalah dengan memasukkan adonan aci ke dalam cetakan, dicampur adonan telor lalu diratakan seperti membuat kerak telor lalu digulung menggunakan sebatang lidi. Cara enak menikmati cilung ini adalah dikasih kuah sambel. Endess!

Jajanan ini juga paling banyak ditemui di Bandung, enak banget kalau dimakan lagi panas-panas

Aci Telor Juga enak loh via www.umiresep.com

Cilor juga termasuk aci-acian yang disukai oleh orang Bandung. Cilor ini singkatan dari aci telor. Jadi aci yang berbentuk bulat-bulat kecil dikasih adonan telor yang sudah dikocok lalu dimasak. Ada yang dibikin pakai cetakan, ada juga yang ditusuk pakai lidi. Biasanya dikasih saus sambel atau ditaburin bubuk lada. Gurih-gurih enyoi!

Siap-siap bikin rahang pegel! Jajanan yang enyoi-enyoi ini bisa jadi favorit kamu

Pengeen! via pbs.twimg.com

Cigor bisa dibilang pendatang baru di jajanan aci-acian. Cigor adalah singkatan dari cilok goreng. Jadi cilok yang kenyal-kenyal enyoi itu digoreng sebentar tapi nggak sampai gurih. Lalu dikasih sambel merah atau sambel hijau. Mantep!

Pernah denger Cipuk? Udah pernah Cobain? Pencinta Pedas siap-siap ketagihan ya!

Aci Kerupuk Juga Oke via 2.bp.blogspot.com

Nah, jajanan satu ini namanya Cipuk alias aci kerupuk. Cipuk ini sebenarnya berasal dari Garut. Cipuk ini juga baru populer lagi setelah sekian lama. Jadi wajar jika cipuk jadi salah satu jajanan buruan masyarakat. Perpaduan antara aci dan kerupuk ini dibuat dengan cara dikukus lalu digoreng. Bagi para pencinta pedas wajib coba nih karna cipuk enak banget dimakan pakai sambel!

Jadi jenis aci mana aja nih yang belum kamu coba? Buruan ke Bandung dan sekitarnya dan nikmati sensasi kenikmatannya!