Selalu ada yang pertama kali untuk setiap hal, termasuk tentang traveling. Lalu, kapan nih pertama kali kamu naik pesawat terbang? Gimana rasanya pas pertama kali dulu? Seneng, sedih, haru, deg-degan, excited atau apa? Ya, kamu sendiri yang bisa mengenangnya. Tapi seenggaknya, coba deh inget-inget, dari enam kesalahan kelakuan ini, mana sih yang pernah kamu lakukan? Lucu aja sih kalau inget-inget masa lalu gitu…

Yang pertama kalinya naik pesawat, ternyata menggunakan maskapai A*r Asia, kamu pernah punya bagasi lebih dari 7 kg dong ya..

Jangan bawa bagasi kebanyakan ya via cdn.seatguru.com

Terkhusus untuk para backpacker atau budget traveler, pernah naik A*r Asia dong ya? Lalu karena kamu hemat, nggak mau membeli bagasi? Oke, jadi untuk maskapai satu ini, batas ransel besar yang bisa masuk ke dalam kabin adalah 7 kg, dengan ukuran 36cm x 23cm x 56cm. Kalau maskapai lain bisa mentok 10 kg, yang satu ini beda. Jadi, apa kamu pernah-pada-akhirnya-membeli-bagasi-karena-nggak-tahu-soal-aturan-ini?? Hehe.

Mungkin nggak beli bagasi di bandara yang harganya mahal itu, palingan buangin sebagian isinya biar pas 7 kg. Ya kan?

Ketika pertama kali naik pesawat dan langsung ke luar negeri, kebodohan pun kamu lakukan. Screenshot tiket lupa tak kamu siapkan. Repot nggak akhirnya?

jangan lupa screenshotnya, ya via i1.mirror.co.uk

Advertisement

“Eh screenshot tiketnya mana Mel?”
“Lupa nggak gue screenshot, buka email aja deh ya..”

Padahal, karena sudah beda negara, paket data providermu yang kamu gunakan di ponsel itu nggak bisa dipakai lagi. Bisa sih pada akhirnya memang, tapi itu makan waktu dan buang-buang tenaga. Kebayang dong bagaimana repotnya?

Lupa emang menyebalkan, tapi plis jangan kebangetan. Entah lupa jam keberangkatan sampai ditinggal pesawat, atau lupa ambil jaminan saat sewa kendaraan

ketinggalan pesawat bakal bikin kamu rugi banyak via www.roughguides.com

Saking excited-nya naik pesawat pertama kali, biasanya traveler nggak bisa tidur sampai pagi. Pas deket jam keberangkatan eh malah ketiduran, akhirnya malah jadi ketinggalan pesawat. Kan sedih banget kalau begini. Ada pula yang malah lupa mengambil jaminan saat sedang menyewa kendaraan atau pas menginap di hostel. Tahu-tahu KTPnya ketinggalan, nggak jadi terbang deh. Sedih sih kaya gini…

Kamu pernah kaget betapa sakitnya telingamu selama penerbangan? Makin kemari, kamu jadi makin tahu dong kalau pas terbang harus bawa permen karet atau minuman gitu?

mulai sekarang tau dong harus bawa apa via www.cyberdakwah.net

Ya, permen karet begitu berguna untuk kamu kunyah di dalam pesawat. Agar saat tinggal landas nanti, telingamu tak merasa sakit lagi. Tenang saja, gejala ini normal dan wajar kok. Penyebabnya ialah perbedaan tekanan udara dari atas ke bawah, sehingga menyebabkan telinga nyeri, sakit nggak ketulungan, dan seperti ditusuk-tusuk. Cara lain untuk mengantisipasinya, kamu bisa menggunakan headset berkaret. Gimana dulu pas pertama kali? Kesel kan, jadi budeg sementara. Hehe…

Ngaku deh, kamu pernah deg-degan dan kemudian berdoa dalam hati ketika turbulensi atau guncangan terjadi kan? Hehehee wajar kok~

bawaannya takut terus via bintang.com

Tentang masalah yang satu ini, sangat wajar terjadi, di semua pesawat, kemanapun tujuannya, turbulensi nggak bisa dihindari di udara. Kadang terasa pesawat berguncang dan bergetar hebat ketika beradu dengan awan pekat. Guncangan bisa disebabkan oleh awan atau faktor pesawat itu sendiri. Walau wajar, kamu masih merasa nggak nyaman dan nggak berhenti deg-degan ya sampai sekarang? Kalau gitu, bisa jadi kamu phobia ketinggian, hehehe.

Buat yang pertama ke luar negeri, apa kamu pernah lupa mengurus proses imigrasi? Fatal sih kalau ini~

bersiaplah, mereka akan menyambutmu via imigrasijogja.org

Modal tiket doang inginmu sudah bisa kemana-mana. Nggak cukup cuy, kamu masih harus mempersiapkan paspor dan visa. Lupa bawa sama lupa bikin bakal berimbas ke penyesalan juga sih ya. Dan nggak cuma itu, ada dokumen-dokumen lain juga yang biasa ditanya petugas imigrasi. Seperti tiket balik, bukti pemesanan hotel dan surat undangan bisnis atau sekolah. Kamu pernah gagal berangkat gara-gara nggak ngurus salah satu atau bahkan semuanya?

Bawa peralatan yang sebenarnya dilarang untuk dibawa ke dalam pesawat. Dan, kamu harus membuang barang-barangmu di bandara. Duh, sedihnya…

jangan dibawa via www.kabarmakkah.com

Kamu semua pasti pernah merasakannya kan? Bawa barang yang dilarang masuk pesawat. Misal benda tajam, benda cair lebih dari 100 ml, atau parfum. Kesel banget nggak sih ketika dikasih tau nggak boleh dibawa. Mau maksa bawa juga malu, kudet banget gitu aja nggak tau. Tapi kalau ditinggal sayang. Hayoo, barang apa saja yang harus kamu relakan di tempat pemeriksaan. Kasih tau Hipwee ya…

Sudah nostalgianya? Pernah melakukan poin mana aja nih? Buat yang belum atau bahkan mau naik pesawat untuk pertama kalinya, ini bisa jadi tips juga ya. Supaya kamu nggak mengulang kesalahan yang sama seperti mereka-mereka. Selamat terbang!