Sudah bukan rahasia lagi kalau Indonesia menyimpan keindahan alam yang tak bisa dikalahkan. Ini bukan hanya hanya tentang jalur-jalur hijau hutan yang membentang rindang di sekujur Sumatra dan Kalimantan, namun juga perairannya yang jernih lirih, hingga gunung-gunungnya yang bertengger anggun di atas pertiwi.

Dari sekian lokasi wisata yang kita punya di negeri ini, ada beberapa lho yang kecantikannya paling sulit dibantah. Mau difoto dengan kamera apapun, saat kapanpun, kamu akan mendapatkan potret yang cantik dan layak kamu pamerkan di Facebook atau Instagram. Penasaran tempat yang mana saja? Di artikel ini, Hipwee akan membeberkannnya!

1. Gili Laba, NTT

Gili Laba, NTT via instagram.com

Dari seluruh kawasan NTT, gak cuma Pulau Komodo yang layak kamu sambangi. Pulau-pulau kecil yang berada di kawasan Pulau Komodo pun punya daya magisnya sendiri. Pulau Gili Laba berjarak sekitar satu jam perjalanan dari Pulau Komodo. Tapi sebenarnya pulau kecil tak berpenghuni ini masuk ke dalam kawasan Pulau Sumbawa, karena memang letaknya yang lebih dekat dengan Pulau Sumbawa.

Hampir seantero pulau dihiasi hamparan bukit savana yang elok. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 30-45 menit utuk tracking sampai ke puncak bukit. Tapi kamu memang harus berhati-hati karena jalur tracking yang menanjak bisa mencapai 70 derajat. Setelah sampai di puncak bukit, kamu akan dibuat terkesima dengan hamparan laut dengan gradasi warna biru dan hijau. Kamu juga gak usah khawatir karena di pulau terpencil ini tidak ada keberadaan hewan buas seperti halnya di Pulau Komodo. Kamu pun bisa puas berjemur, snorkeling bahkan memancing di tempat ini.

2. Teluk Kiluan, Lampung

Advertisement

Teluk Kiluan, Lampung via instagram.com

Terletak di Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, Teluk Kiluan berjarak sekitar 80 km dari kota Bandar Lampung. Kamu bisa menempuh perjalanan sekitar 3-4 jam. Pantai Kiluan tersohor akan lumba-lumbanya. Kamu bisa menaiki perahu untuk menikmati atraksi mamalia yang satu ini. Biasanya, acara untuk menikmati atraksi lumba-lumba dimulai jam 6 pagi. Selain menikmati atraksi hewan cerdas ini, kamu juga bisa menikmati keindahan laguna dan tebing serta karang yang terhampar di bibir laut. Bersepeda asyik juga, lho!

3. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Wakatobi via instagram.com

Wakatobi merupakan salah satu surga bawah laut yang dimiliki Indonesia. Terletak di Sulawesi Tenggara, kamu bisa menempuh perjalanan dari Kendari ke Pulau Wangi-Wangi sekitar 13 jam. Dari pulau inilah kamu bisa melanjutkan perjalanan ke pulau-pulau kecil dengan kapal sederhana. Walaupun perjalanan terasa panjang dan melelahkan, semuanya akan terbayar lunas ketika kamu mulai melakukan aktivitas bawah laut di Wakatobi.

Wakatobi sendiri juga menjadi taman nasional yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia. Kamu dapat menjumpai 112 jenis terumbu karang dan 93 jenis ikan hias maupun ikan yang dapat dikonsumsi. Ngapain harus jauh-jauh liburan ke negeri orang kalau kamu bisa menemukan surgamu di bumi Indonesia?

4.  Derawan, Kalimantan Timur

Kepulauan Derawan, Kalimantan via instagram.com

Nirwana bawah laut ini terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Jarak tempuh pesawat dari Bandara Sepingga Balikpapan ke bandara Kalimaru Berau sekitar 45 menit. Wisatawan pun gak cuma melulu bisa snorkeling atau diving, karena di tempat ini juga para pelancong bisa melihat proses bertelurnya penyu.

Di pantai yang sama juga merupakan habitat penyu hijau dan penyu sisik yang merupakan satwa langka. Disini kamu gak cuma bisa mengeksplor keindahan bahari, tapi kamu juga diajak mencintai alam melalui melihat langsung proses pengembangbiakan penyu. Di dekat pulau Derawan, kalian bisa menemukan pulau kecil bernama pulau Kakaban. Di pulau ini terdapat danau Kakaban yang berada di tengah laut. Danau Kakaban sendiri berisi ribuan ubur-ubur yang tak beracun jadi kamu bisa bebes berenang bersama mereka. Tertarik?

5. Pantai Ora, Maluku

Pantai Ora via instagram.com

Terletak di Pulau Seram, Maluku Tengah, kamu bisa mencapai pantai ini dengan perjalanan laut 2 jam via Kapal Cepat Cantika Anugerah dari pelabuhan Tulehu, Maluku Tengah. Di pantai ini, hampir semua penginapan dan rumah penduduknya berada di atas air dan terbuat dari kayu. Tuh, gak usah jauh-jauh ke Maladewa kalo kita punya versi mininya di Indonesia.

Di Pantai Ora, pengunjung yang datang gak cuma bisa snorkeling, berenang, atau diving. Disini mereka bisa melintasi sungai Sarawai untuk kemudian melihat proses penggarapan sagu serta pemetikan buah kelapa. Selain itu, kegiatan asyik lain bagi para pelancong adalah melihat macam jenis burung yang berhabitat di muara sungai teluk Sulaiman.

6. Puncak Jaya, Papua

Idenberg Lake, Pegunungan Jayawijaya via instagram.com

Selain pulau dan pantainya, Papua juga memiliki puncak gunung tertinggi di Indonesia, Puncak Jaya. Gunung berketinggian 5.030 mdpl ini sungguh memukau dengan balutan gletser. Puncak Jaya merupakan gunung impian bagi para pendaki Indonesia. Namun, tahukah kalian kalau ternyata gletser yang masih sedikit tersisa di Puncak Jaya diperkirakan akan menghilang pada tahun 2015 akibat pemanasan global? Makanya, sebelum gletser-nya benar-benar menghilang, segera kesana yuk!

7. Danau Kelimutu, NTT

Danau Kelimutu, NTT via instagram.com

Keindahan alam Indonesia memang gak ada habisnya. Danau tiga warna yang terletak di kawah puncak Gunung Kelimutu ini benar-benar eksotis dengan perpaduan warna biru, merah, dan putih.

Seiring berjalannya waktu, warna dari air danau ini sering berubah, namun tetap terlihat unik dan cantik. Danau yang memiliki luas 1.051.000 meter persegi ini juga memiliki dinding yang sangat terjal dengan sudut kemiringan 70 derajat. Selain para wisatawan yang datang untuk menikmati keelokan danau ini, para peneliti dari penjuru dunia pun datang untuk meneliti keunikan alam dari Danau Kelimutu.

Tentu ada jauh lebih banyak – ratusan bahkan ribuan – destinasi wisata di Indonesia yang bisa mempercantik Instagrammu. Tahukah kamu mana lagi yang belum disebutkan Hipwee?